icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Cara Mengatasi Gigi Sakit Setelah Makan Daging saat Idul Adha/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

5 Cara Mengatasi Gigi Sakit Setelah Makan Daging saat Idul Adha

kenapa gigi sakit setelah makan daging
dok. Rata Indonesia

Hari Raya Idul Adha tinggal menghitung hari. Saat perayaan tersebut, beberapa orang biasanya akan menyantap aneka sajian daging, mulai dari sate hingga gulai.


Mengonsumsi aneka daging di momen Idul Adha memang bisa menjadi kenikmatan tersendiri. Akan tetapi bagaimana jadinya jika berbagai keluhan gigi dan mulut muncul setelah kamu mengonsumsi daging. Berbagai keluhan itu seperti bau mulut hingga sakit gigi? 


Penyebab bau mulut setelah makan daging


Saat Idul Adha, beberapa orang biasanya akan mengeluhkan kondisi kesehatan gigi dan mulut karena efek yang ditimbulkan akibat pola makan yang kurang dijaga. Salah satu kondisi yang kerap dikeluhkan adalah bau mulut setelah makan daging. Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi?


Menurut Lisa Harper Mallonee, seorang profesor di Texas A&M University, Baylor College of Dentistry dalam Men’s Health, aneka daging merah (seperti sapi, kambing, dan domba) rentan memicu bau mulut karena kandungan proteinnya yang tinggi. Ketika kita mengonsumsi protein dalam jumlah banyak, tubuh pun akan memproduksi amonia untuk memecah protein ketika mencernanya. Amonia itu akan keluar lewat mulut dan menimbulkan bau.  


Selain bau akibat proses pencernaan yang melibatkan produksi amonia, serta-serat daging yang terselip di gigi dan tidak langsung dibersihkan juga bisa menimbulkan senyawa sulfur yang memicu bau mulut. 


Gigi sakit setelah makan daging dan cara mengatasinya

Selain bau mulut, sakit gigi juga menjadi salah satu keluhan yang kerap dialami setelah makan daging saat Idul Adha. Kenapa gigi sakit setelah makan daging? Menurut situs Smile Columbia Dentistry, sakit gigi setelah makan daging biasanya disebabkan oleh serat-serat kecil (pada daging) yang tersangkut di sela-sela gigi kamu. Nah, serat ini dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan rasa sakit jika kamu memiliki gusi yang bengkak atau sensitif.


Jika kondisi ini menimpa kamu, jangan khawatir karena ada banyak sekali cara untuk mengatasi gigi sakit setelah makan daging. Simak cara-caranya berikut ini!


1. Sikat gigi dengan bulu lembut


Saat gigi kamu terasa sakit, pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut bisa mencegah gusi berdarah yang akan mengakibatkan sakit gigi bertambah parah. 


2. Lakukan flossing

Usai menyikat gigi, jangan lupa untuk melakukan flossing ya! Flossing adalah cara membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Beberapa orang biasanya akan menggabungkan sikat gigi dengan flossing untuk membersihkan gigi dengan sempurna. Flossing juga bisa membantu membersihkan sisa serat daging yang masih menempel di sela-sela gigi dan gusi kamu.


3. Kumur dengan larutan garam

Sakit gigi saat Idul Adha memang menyiksa. Selain membuat kamu jadi tak leluasa mengonsumsi aneka hidangan, kamu juga kesulitan melakukan pengobatan ke dokter gigi karena beberapa klinik gigi biasanya tutup. Jika sudah begini, mungkin kamu bisa mengandalkan cara alternatif untuk mengatasi gigi sakit setelah makan daging. Salah satu cara alternatif sementara yang bisa kamu lakukan di rumah adalah kumur-kumur menggunakan larutan garam.


Mengutip Healthline, larutan garam adalah disinfektan alami yang bisa membantu menghilangkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. Mengobati gigi yang sakit dengan larutan garam juga bisa membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Untuk melakukan cara ini, campurkanlah 1-2 sendok teh (sdt) garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, kumur-kumur larutan tersebut sampai habis ya!


4. Kompres sisi luar gusi yang nyeri



Gigi masih terasa sakit padahal sisa daging yang terselip sudah keluar? Cobalah untuk mengompres sisi luar gusi yang nyeri dengan kantong es. Mengutip Healthline, cara ini bisa membuat pembuluh darah di area yang sakit menyempit dan membuat rasa sakit jadi tidak terlalu parah. Selain itu, suhu dingin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan.


Untuk melakukan cara meredakan sakit gigi secara alami ini, pegang kantong es yang telah dibungkus dalam handuk ke area yang sakit selama 15-20 menit. Lakukan cara ini jika gigi kamu kembali sakit.


5. Minum obat pereda nyeri

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi obat pereda nyeri. Kamu bisa membeli obat pereda nyeri ini di apotek terdekat. Namun sebelum mengonsumsi obat pereda nyeri, pastikan untuk konsultasi dengan apoteker dan membaca dulu petunjuk dalam kemasan, ya! 



Itulah permasalahan bau mulut dan alasan kenapa gigi sakit setelah makan daging lengkap dengan beberapa cara mengatasi kondisi masalah gigi ini. Jika sakit gigi masih berkelanjutan, cobalah untuk melakukan check-up ke dokter gigi terdekat. Kamu bisa melakukan pemeriksaan ke dokter gigi Rata, karena saat ini Klinik Rata sudah tersebar di lebih 20 kota di Indonesia. Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar