icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Mengenal Jenis-jenis Sikat Gigi Beserta Fungsinya/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Mengenal Jenis-jenis Sikat Gigi Beserta Fungsinya

Mengenal Jenis-jenis Sikat Gigi Beserta Fungsinya
dok. FreePik

Sikat gigi elektrik vs manual? Apakah hanya terdapat dua jenis sikat gigi sebagai pilihan? Nyatanya, ada banyak sekali jenis sikat gigi yang bagus di pasaran. Karena itulah, penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis sikat gigi beserta fungsinya. Pasalnya, jenis sikat gigi yang tepat bisa menentukan keefektifannya dalam membersihkan gigi maupun gusi. 


Berbicara soal sikat gigi bagus, apakah kamu sudah tahu apa saja jenis-jenisnya? Kalau belum, berikut ini jenis-jenis sikat gigi dan fungsinya yang wajib kamu ketahui.


Macam-macam sikat gigi

 

Sikat gigi manual

Jenis sikat gigi ini sangat familiar di kalangan masyarakat, karena paling sering digunakan dan memiliki banyak sekali pilihan. Saat memilih sikat gigi manual, kamu bisa memilih bentuk kepala sikat konvensional yang bentuknya persegi panjang dengan sudut membulat, atau kepala sikat berbentuk berlian yang memiliki ujung yang sempit. Bentuk ini memungkinkan bulu sikat gigi mencapai bagian belakang dan samping gigi geraham kamu.


Selain bentuk kepala, sikat gigi manual juga memiliki tiga jenis tekstur bulu, yakni bulu sikat halus, sedang, dan keras. Biasanya, dokter gigi menyarankan untuk memilih sikat gigi lembut dan halus, sebab bulu sikat sedang atau keras berpotensi menyebabkan sariawan serta kerusakan pada gusi, permukaan akar gigi, dan enamel gigi.


Sikat gigi interdental

Penggunaan sikat gigi interdental biasanya harus dikombinasikan dengan sikat gigi manual atau konvensional. Sikat gigi kecil ini berfungsi untuk membersihkan daerah celah gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa. Sikat gigi interdental harus selalu dibuang setelah digunakan. Rutin menggunakan sikat gigi interdental bisa mengurangi risiko terkena penyakit gusi, gigi berlubang, hingga bau mulut.


Sikat gigi elektrik

Dikenal dengan nama powered toothbrush, sikat gigi ini menawarkan tingkat kenyamanan ekstra kepada pengguna. Disebut demikian, karena sikat gigi ini menyediakan kemudahan dan membuat sesi gosok gigi menjadi menyenangkan tanpa harus membuang banyak tenaga.