icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Mengenal Jenis-jenis Sikat Gigi Beserta Fungsinya/

Mengenal Jenis-jenis Sikat Gigi Beserta Fungsinya

Mengenal Jenis-jenis Sikat Gigi Beserta Fungsinya
dok. FreePik

Sikat gigi elektrik vs manual? Apakah hanya terdapat dua jenis sikat gigi sebagai pilihan? Nyatanya, ada banyak sekali jenis sikat gigi yang bagus di pasaran. Karena itulah, penting bagi kita untuk mengetahui jenis-jenis sikat gigi beserta fungsinya. Pasalnya, jenis sikat gigi yang tepat bisa menentukan keefektifannya dalam membersihkan gigi maupun gusi. 


Berbicara soal sikat gigi bagus, apakah kamu sudah tahu apa saja jenis-jenisnya? Kalau belum, berikut ini jenis-jenis sikat gigi dan fungsinya yang wajib kamu ketahui.


Macam-macam sikat gigi

 

Sikat gigi manual

Jenis sikat gigi ini sangat familiar di kalangan masyarakat, karena paling sering digunakan dan memiliki banyak sekali pilihan. Saat memilih sikat gigi manual, kamu bisa memilih bentuk kepala sikat konvensional yang bentuknya persegi panjang dengan sudut membulat, atau kepala sikat berbentuk berlian yang memiliki ujung yang sempit. Bentuk ini memungkinkan bulu sikat gigi mencapai bagian belakang dan samping gigi geraham kamu.


Selain bentuk kepala, sikat gigi manual juga memiliki tiga jenis tekstur bulu, yakni bulu sikat halus, sedang, dan keras. Biasanya, dokter gigi menyarankan untuk memilih sikat gigi lembut dan halus, sebab bulu sikat sedang atau keras berpotensi menyebabkan sariawan serta kerusakan pada gusi, permukaan akar gigi, dan enamel gigi.


Sikat gigi interdental

Penggunaan sikat gigi interdental biasanya harus dikombinasikan dengan sikat gigi manual atau konvensional. Sikat gigi kecil ini berfungsi untuk membersihkan daerah celah gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa. Sikat gigi interdental harus selalu dibuang setelah digunakan. Rutin menggunakan sikat gigi interdental bisa mengurangi risiko terkena penyakit gusi, gigi berlubang, hingga bau mulut.


Sikat gigi elektrik

Dikenal dengan nama powered toothbrush, sikat gigi ini menawarkan tingkat kenyamanan ekstra kepada pengguna. Disebut demikian, karena sikat gigi ini menyediakan kemudahan dan membuat sesi gosok gigi menjadi menyenangkan tanpa harus membuang banyak tenaga. 



Penelitian dari jurnal Clinical, Cosmetic, and Investigational Dentistry menunjukkan bahwa sikat gigi elektrik bekerja lebih efektif untuk membasmi plak. Dibandingkan dengan sikat gigi biasa, sikat gigi canggih ini terbukti ampuh mengurangi plak 21% lebih banyak. Selain itu, pemakaian sikat gigi elektrik juga bisa menurunkan risiko gingivitis (radang gusi) hingga 11%.  


Itulah jenis-jenis sikat gigi yang bagus dan fungsinya. Berbicara soal jenis-jenis sikat gigi, sebentar lagi Rata Indonesia akan merilis produk inovasi terbaru yang ampuh menjaga kesehatan gigi dan gusi. Produk inovasi ini juga sangat modern dan high technology, lho!


Bagaimana, penasaran dengan inovasi terbaru yang akan dikenalkan Rata.id? Nantikan informasinya di Instagram @rata.id atau @shopatrata ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar