icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/7 Tips Perawatan Pasca Operasi Gigi Bungsu agar Lekas Pulih/

7 Tips Perawatan Pasca Operasi Gigi Bungsu agar Lekas Pulih

Pasca Operasi Gigi Bungsu
dok. Envato

Operasi pencabutan gigi bungsu perlu dilakukan jika mengalami impaksi atau kondisi ketika gigi bungsu tidak tumbuh dan keluar dengan sempurna. Pada umumnya, masa penyembuhan pasca operasi gigi bungsu sering menimbulkan rasa tidak nyaman selama 2-3 hari. Bahkan pada beberapa kasus, operasi gigi bungsu bisa menimbulkan memar, nyeri, dan pembengkakan pada gusi.


Lalu, berapa lama penyembuhan pasca operasi gigi bungsu secara ideal? Setidaknya membutuhkan 1-2 minggu, bergantung pada cara perawatannya. Namun, rasa tidak nyaman yang dirasakan sebenarnya bisa diminimalisir jika kamu disiplin mengikuti instruksi perawatan yang diberikan oleh dokter gigi. Lalu, apa saja perawatan yang harus dilakukan setelah operasi gigi bungsu? Simak informasinya dalam artikel ini!


Baca juga: Fakta Seputar Gigi Bungsu: Gejala, Penyebab & Pengobatannya


Tips Perawatan Pasca Operasi Gigi Bungsu

Setidaknya ada tujuh instruksi perawatan yang harus dilakukan pasca operasi gigi bungsu. Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan pasca operasi gigi bungsu:


1. Konsumsi obat-obatan yang telah diresepkan

Pastikan kamu mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter. Obat yang dimaksud misalnya obat golongan antibiotik. Obat ini harus diminum sesuai jadwal dan harus dikonsumsi sampai habis. Jika tidak, hal ini bisa menyebabkan luka bekas pencabutan semakin lama untuk sembuh.


2. Kompres dengan es atau air dingin

Untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak pasca operasi gigi bungsu, kamu bisa mengompres bagian pipi atau rahang di sisi bekas operasi dengan es atau air dingin. Lakukan cara ini setidaknya pada 48 jam pertama, dengan cara 20 menit tempel dan istirahat 10 menit, sampai terasa lebih nyaman.


3. Gunakan kasa untuk menghentikan perdarahan

Perdarahan pasca operasi gigi bungsu seharusnya tidak terlalu banyak. Namun, jika kamu mengalami perdarahan, cobalah gigit kain kasa atau kapas yang diberikan dokter di area pencabutan. Setelah itu, ganti kasa atau kapas tersebut secara berkala sampai darah benar-benar berhenti. Ingat, hindari mengelupasi gumpalan darah yang ada di bekas operasi!


4. Hindari memainkan luka bekas pencabutan

Selama masa penyembuhan pasca operasi gigi bungsu, kamu dianjurkan untuk tidak memainkan atau meraba luka bekas pencabutan menggunakan lidah atau jari. Sebab, hal ini bisa menyebabkan luka bekas pencabutan menjadi kotor dan terinfeksi dari paparan lidah atau jari.


5. Istirahat yang cukup

Setelah pencabutan gigi bungsu, beristirahatlah selama 1 sampai 2 hari. Hindari melakukan aktivitas fisik secara berlebihan setidaknya selama satu minggu pasca operasi gigi bungsu. Selain itu, minum air putih yang cukup, minimal 8-12 gelas per hari. 


6. Konsumsi makanan yang bertekstur lunak

Tips perawatan pasca operasi gigi bungsu yang satu ini juga harus kamu perhatikan. Adakah jenis makanan pasca operasi gigi bungsu khusus yang perlu dikonsumsi? Kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang bertekstur lunak, setidaknya dalam 1 x 24 jam pasca operasi gigi bungsu. Setelah itu, kamu bisa meningkatkan teksturnya secara perlahan. 


Selama masa penyembuhan, hindari mengonsumsi makanan yang terlalu keras, makanan yang harus dikunyah lama, serta makanan panas dan pedas. Selain itu, hindari juga makanan yang tidak baik untuk gigi seperti alkohol, kafein, soda hingga air dengan suhu yang terlalu panas.  Alasannya, minuman dengan suhu panas bisa meningkatkan risiko pendarahan. 


7. Hindari menyikat gigi selama 24 jam

Pasca operasi gigi bungsu, kamu akan dianjurkan untuk tidak menyikat gigi, meludah, atau menggunakan obat kumur di bagian gigi yang baru saja dioperasi selama 24 jam pertama. Setelah itu, kamu bisa mulai menyikat gigi dengan sangat lembut di area bekas operasi. Kemudian, berkumur dengan air garam setiap dua jam dan sehabis makan, setidaknya selama satu minggu pasca operasi gigi bungsu.


Baca juga: Estimasi Biaya Cabut Gigi Bungsu di Klinik dan Rumah Sakit


Itulah beberapa tips perawatan pasca operasi gigi bungsu. Jika bengkak dan rasa nyeri pada gusi tidak kunjung hilang selama beberapa hari, bisa jadi kamu mengalami infeksi. Segera lakukan pemeriksaan gigi secepatnya ke klinik. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar