icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Prosedur Potong Gusi (Gingivektomi), Apa Itu?/

Prosedur Potong Gusi (Gingivektomi), Apa Itu?

Gingivektomi Potong Gusi
dok. Envato

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar

 

Semua orang pasti menginginkan senyuman yang indah dan menawan. Senyuman yang indah tidak sekedar tentang gigi yang rapi, bersih, sehat dan putih bersinar, melainkan juga tentang proporsi penampakan gusi saat tersenyum.


Gusi merupakan salah satu jaringan pendukung gigi yang penting. Sedikit saja terdapat masalah pada gusi, maka hal itu bisa memengaruhi kesehatan mulut secara keseluruhan. Permasalahan paling umum yang dialami oleh orang-orang adalah radang gusi atau gingivitis yang ditandai dengan gusi berwarna kemerahan atau gusi berdarah. 


Jika tidak segera ditangani, masalah ini akan berkembang menjadi penyakit periodontal atau periodontitis yang ditandai dengan peradangan gusi yang parah, perdarahan spontan pada gusi, rasa sakit di area sekitar gusi, gigi goyah, hingga gigi tanggal.

 

Biasanya, salah satu prosedur perawatan yang dilakukan untuk mengatasi penyakit periodontal adalah gingivektomi. Beberapa orang awam menyebut prosedur ini sebagai operasi gusi atau perawatan potong gusi. Lantas, bagaimana prosedur ini dilakukan? Simak selengkapnya mengenai gingivektomi dalam ulasan berikut ini!


Apa Itu Gingivektomi?

Mengutip Healthline, gingivektomi adalah prosedur bedah untuk mengangkat gingiva atau jaringan gusi. Prosedur ini bertujuan untuk mengobati penyakit gusi dan menghilangkan kantung gusi yang terbentuk ketika gusi terlepas dari gigi.

 

Gingivektomi biasanya dilakukan untuk mengatasi kondisi seperti gingival enlargement. Selain itu, gingivektomi juga dapat dilakukan untuk menghilangkan jaringan gusi berlebih untuk alasan kosmetik (gummy smile), dan mempercantik tampilan senyuman.

 

Baca juga: Gummy Smile: Pengertian, Penyebab & Cara Mengatasinya


Siapa Saja yang Membutuhkan Prosedur Potong Gusi?

Dokter gigi biasanya akan menyarankan pasien untuk melakukan prosedur gingivektomi, jika pasien memiliki penyakit gusi, seperti gingival enlargement (pembesaran jaringan gusi), infeksi bakteri, atau cedera gusi. 


Prosedur Gingivektomi

Prosedur gingivektomi biasanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit, tergantung seberapa banyak jaringan gusi yang akan diangkat oleh dokter gigi. 


Prosedur minor yang melibatkan hanya satu gigi atau beberapa gigi hanya membutuhkan sekali prosedur. Berikut prosedur gingivektomi seperti dikutip dari Healthline:

  • Dokter gigi akan menyuntikkan anestesi lokal ke area sekitar gusi untuk membuat area tersebut baal.
  • Dokter gigi akan menggunakan pisau bedah atau alat cauter untuk memotong bagian jaringan gusi.
  • Setelah jaringan gusi dipotong dan terlepas, dokter gigi akan membentuk kontur jaringan yang tersisa dan membentuk garis gusi. 
  • Tahap akhir, dokter gigi akan memberikan larutan antiseptik dan mengoleskan bagian gusi dengan periodontal gel untuk membantu penyembuhan / healing gusi. 


Pemulihan & Perawatan Pasca Gingivektomi

Berapa lama penyembuhan gingivektomi? Pemulihan dari prosedur gingivektomi terbilang cepat. Pasien diperbolehkan langsung pulang setelah menjalani tindakan, karena dokter hanya menggunakan anestesi lokal. Setelah prosedur selesai, pasien akan mulai merasakan nyeri apabila efek anestesi sudah mulai perlahan menghilang. Jika rasa sakitnya tidak tertahankan, kamu bisa mengonsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen untuk membantu meredakan rasa sakit.


Selama proses pemulihan, kamu juga harus menghindari minuman hangat atau panas setelah tindakan dan hanya boleh mengonsumsi makanan bertekstur lembut sekitar satu minggu pasca tindakan. Untuk prosedur menyikat gigi juga dianjurkan menggunakan teknik khusus agar tidak melukai jaringan gusi pasca gingivektomi. 


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Itulah penjelasan mengenai gingivektomi atau prosedur potong gusi. Jika kamu ingin melakukan prosedur ini untuk mengatasi gummy smile atau gingivitis, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar