icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gummy Smile: Pengertian, Penyebab & Cara Mengatasinya/

Gummy Smile: Pengertian, Penyebab & Cara Mengatasinya

Gummy Smile
dok. Rata Indonesia

Hampir semua orang pasti mendambakan senyuman yang indah menawan. Sayangnya, senyuman indah tersebut rasanya sulit didapat oleh mereka yang memiliki kondisi gummy smile

 

Namun, apa itu gummy smile? Kenapa gummy smile bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini untuk tahu penjelasan lebih lengkapnya!


Apa Itu Gummy Smile?

Gummy smile atau excessive gingival adalah kondisi di mana terlihatnya gusi yang berlebihan ketika seseorang tersenyum. Gummy smile merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Beberapa ahli memperkirakan ada sebanyak 10 persen orang dewasa berusia 20-30 tahun yang mengalami kondisi ini. Dibanding pria, perempuan lebih sering mengalami gummy smile

 

Mengutip Healthline, tampilan gigi bisa dianggap sebagai gummy smile jika garis gusi terbuka sebesar 3-4 millimeter saat tersenyum. Dalam beberapa kasus yang parah, tampilan gingiva yang berlebihan ini bahkan bisa terlihat ketika bibir tidak sedang tersenyum. 


Penyebab Gummy Smile

Apa penyebab gummy smile? Menurut beberapa penelitian, gummy smile bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini, beberapa faktor risiko yang bisa menyebabkan gummy smile:

 

  • Gigi yang terlalu kecil, karena faktor genetik atau keturunan.
  • Gusi yang tumbuh terlalu jauh di atas gigi akibat pernapasan mulut, mengonsumsi obat-obatan, atau kebersihan gigi yang tidak memadai.
  • Rahang atas lebih panjang dari yang seharusnya.


Cara Mengatasi Gummy Smile

Gummy smile merupakan masalah estetik yang tidak akan menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut yang serius. Namun, banyak orang yang merasa risih atau terganggu dengan tampilan gusi berlebihan yang mereka miliki.

 

Untungnya, ada beberapa pilihan perawatan yang bisa diandalkan untuk memperbaiki kondisi gummy smile. Apa saja? Selain operasi gummy smile, berikut beberapa cara mengatasi gummy smile seperti dikutip dari berbagai sumber.


1. Gingivectomy

Cara mengatasi gummy smile yang pertama adalah dengan gingivectomy. Gingivectomy adalah prosedur operasi yang bisa membentuk kembali gusi berlebih untuk memperlihatkan bentuk alami gigi kamu. Tujuan dari prosedur ini adalah membuat gusi dan gigi menjadi seimbang.


2. Lip repositioning

Selanjutnya adalah lip repositioning. Prosedur ini mengatasi gummy smile yang disebabkan oleh bibir atas yang pendek atau hypermobile yang membuat kamu memperlihatkan terlalu banyak gusi saat tersenyum. Lip repositioning adalah prosedur sederhana dan aman yang membatasi tarikan otot-otot di bibir atas.


3. Crown lengthening

Dalam prosedur ini, kelebihan jaringan gusi dan tulang di bawahnya dipotong dan dibentuk kembali untuk memperlihatkan keseluruhan panjang gigi kamu.


4. Orthognathic surgery

Ini adalah prosedur yang lebih intensif untuk menangani gummy smile yang disebabkan oleh rahang atas yang terlalu panjang. Selama prosedur ini, rahang atas dibentuk kembali ke bentuk yang tepat dan kemudian ditempatkan ke posisi yang baru.


5. Botox

Prosedur ini paling sering digunakan untuk mengatasi gummy smile yang disebabkan oleh gerakan bibir yang terlalu jauh di atas gusi saat tersenyum. Botox bekerja dengan cara melumpuhkan beberapa otot untuk sementara, sehingga kamu tidak menaikkan bibir atas secara drastis.


Itulah penjelasan mengenai gummy smile. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan gummy smile dan ingin mengatasi kondisi ini, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar