icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Penyebab Gigi Berlubang yang Tak Boleh Dianggap Sepele/

5 Penyebab Gigi Berlubang yang Tak Boleh Dianggap Sepele

5 Penyebab Gigi Berlubang yang Tak Boleh Dianggap Sepele
dok. Rata Indonesia

Rata Family apakah kamu pernah atau sedang mengalami gigi berlubang? Ya, gigi berlubang atau yang juga biasa disebut gigi bolong, merupakan salah satu masalah kesehatan gigi yang umum terjadi, baik pada orang dewasa, anak-anak, hingga lansia. Lantas, apa penyebab gigi berlubang yang kerap disepelekan?


Mengutip Mayo Clinic, penyebab gigi berlubang yang paling umum adalah plak. Ini merupakan lapisan tipis dan lengket yang terbentuk dari sisa-sisa makanan, air liur, serta jutaan bakteri. Nah, ketika kamu makan dan minum tapi jarang membersihkan mulut, maka plak tersebut akan terbentuk di permukaan gigi dan menghasilkan asam.


Asam inilah yang akan terus mengikis lapisan terluar gigi (enamel) hingga akhirnya membentuk lubang. Pada awalnya, lubang tersebut akan berukuran kecil. Namun jika tidak dirawat dengan baik, lubang atau rongga itu akan menjadi semakin besar dan meningkatkan beragam risiko masalah gigi lain, seperti infeksi hingga gigi tanggal.


Kemunculan plak penyebab gigi berlubang ini ternyata dapat dipicu oleh berbagai faktor risiko. Salah satunya dari kebiasaan sehari-hari. Apa sajakah itu? Yuk, simak lima penyebab gigi berlubang seperti dikutip dari Mayo Clinic berikut ini. 


Apa penyebab gigi berlubang?


1. Makanan dan minuman manis

Siapa yang suka mengonumsi makanan dan minuman manis? Rasanya hampir semua orang menyukai jenis makanan ini. Meski menggiurkan, makanan ini ternyata penyebab gigi berlubang, lho!


Itu karena makanan dan minuman manis adalah santapan lezat bagi para bakteri di dalam mulut. Nah, bakteri-bakteri itu akan menggerogoti sisa-sisa gula yang menempel di permukaan gigi dan menghasilkan asam. Asam ini lah yang akan bercampur dengan air liur yang kemudian membentuk plak di permukaan gigi. Plak yang dibiarkan menumpuk itu akan mengikis lapisan enamel gigi hingga menyebabkan lubang.


Sebetulnya, kamu tidak perlu berhenti mengonsumsi makanan dan minuman manis, karena tubuh tetap membutuhkan gula sebagai energi. Kamu hanya perlu membatasi porsi dan frekuensi asupan makanan manis setiap harinya. Selain itu, pastikan juga kamu rajin membersihkan gigi dan mulut sehabis makan atau minum yang manis-manis ya!


2. Jarang menyikat gigi

Mulut dan gigi yang kotor merupakan penyebab utama kemunculan plak. Setiap hari plak akan terus terbentuk jika kamu tak rajin menggosok gigi. Jika dibiarkan terus menumpuk, plak tersebut pada akhirnya akan membusuk dan membuat gigi lebih berisiko berlubang. 


Tak ingin kan hal buruk itu terjadi? Karena itu rawatlah kebersihan gigi dan mulut secara rutin setiap hari. Caranya dengan menyikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Pastikan juga kamu menyikatnya dengan teknik yang benar ya! 


3. Tidak membersihkan gigi dengan benang

Beberapa dari kamu mungkin kerap menyepelekan teknik pembersihan dengan menggunakan benang gigi (flossing). Padahal flossing sangat penting untuk membersihkan plak yang menumpuk di sela-sela gigi.


Ya, plak penyebab gigi berlubang paling banyak menumpuk di sela-sela gigi. Oleh karena itu, benang gigi bisa membantu membersihkan sela-sela gigi yang sulit dijangkau dengan bulu sikat gigi.


Pastikan kamu melakukan flossing dengan cara yang tepat. Dimulai dari memasukkan benang ke sela gigi dan gesekkan secara perlahan hingga sisa makanan terangkat. Jangan melakukannya terlalu keras karena dapat melukai gusi.


4. Mulut kering

Rata Family, apakah kamu tahu kalau mulut kering bisa menjadi penyebab gigi berlubang? Mulut kering biasanya disebabkan oleh produksi air liur yang sedikit. Air liur sendiri memang penting untuk menjaga kelembapan mulut sekaligus membersihkan sisa-sisa makanan dan plak dari gigi.


Selain itu, senyawa di dalam air liur juga membantu melawan asam yang diproduksi oleh bakteri. Itulah sebabnya kenapa mulut kering dapat meningkatkan risiko masalah mulut, seperti gigi sensitif, hingga gigi berlubang.


Untuk mengatasi hal ini, kamu disarankan untuk banyak mengonsumsi air putih. Institute of Medicine of the National Academies menyebutkan bahwa asupan minum air putih untuk perempuan adalah 2,7 liter dan 3,7 liter untuk pria setiap harinya. 


5. Tidur dengan botol susu

Balita atau anak kecil biasanya memiliki kebiasaan tidur sambil minum susu dari botol. Sayangnya, kebiasaan ini dapat merusak gigi si kecil dan menjadi penyebab gigi berlubang. Alasannya karena gula dalam susu dapat menempel di gigi si kecil dalam waktu yang lama. 


Nah, gula ini kemudian akan diubah menjadi asam oleh bakteri yang ada di dalam mulut. Permukaan gigi yang terus-terusan terpapar asam ini akan terkikis dan berlubang. Agar anak terbebas dari risiko ini, rajinlah untuk menyeka gusi dan gigi setelah mereka meminum susu. Pastikan juga untuk membersihkan gigi dan gusi si kecil sebelum tidur.


Itulah lima penyebab gigi berlubang yang tidak boleh dianggap sepele. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan gigi berlubang, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 



Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar