icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Apakah Kondisi Gigi Bruxism Bisa Pakai Clear Aligner?/
Aligner Gigi 101

Apakah Kondisi Gigi Bruxism Bisa Pakai Clear Aligner?

Apakah Kondisi Gigi Bruxism Bisa Pakai Clear Aligner?
dok. FreePik

Pemakaian clear aligner untuk merapikan gigi memang menjadi pilihan sebagian besar masyarakat saat ini. Aligner memiliki banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh kawat gigi atau behel. Hal inilah yang menjadi daya tarik aligner.


Namun, bagaimana jika pasien memiliki kondisi gigi bruxism? Bisakah menggunakan aligner? Yuk, cari tahu jawabannya berikut ini!


Apa itu bruxism?

Bruxism adalah kondisi di mana seseorang sering melakukan kebiasaan menggertakkan atau menggeruskan giginya. Biasanya bruksisme terjadi tanpa sadar dan terjadi karena dipicu oleh stres atau rasa cemas berlebih.


Kondisi ini bisa dibilang cukup mengkhawatirkan karena bisa semakin parah dan menyebabkan gigi rusak. Jika tak segera ditangani bruxism dapat menimbulkan dampak berupa sakit kepala saat bangun tidur atau rahang yang sakit. Belum lagi kondisi gigi yang bisa bergeser dari susunannya akibat terlalu sering digertakkan.



Bolehkah calon pasien dengan riwayat bruxism menggunakan clear aligner?


Pemasangan aligner merupakan prosedur orthodonti yang dilakukan untuk merapikan struktur dan susunan gigi yang berantakan. Aligner dan bruksisme sebenarnya memiliki keterkaitan karena secara tidak langsung pemakaian clear aligner bisa dijadikan solusi untuk mengatasi kondisi bruxism yang mengakibatkan pergeseran susunan gigi.


Bentuk aligner yang seperti cetakan gigi akan menyelimuti gigi secara menyeluruh. Itu artinya, pasien yang memiliki kebiasaan

menggertakan gigi akan terhindar dari kerusakan gigi karena gigi dilindungi oleh clear aligner.


Namun, calon pasien tetap harus melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi. Sebab mungkin saja dokter gigi kamu mempunyai pertimbangan lain untuk masalah satu ini.


Hal yang harus diperhatikan pasien dengan bruxism saat menggunakan aligner

Bagaimanapun kebiasaan menggertakan gigi harus segera dihentikan karena dapat membahayakan kesehatan gigi. Agar kebiasaan buruk ini tidak kambuh saat kamu menggunakan clear aligner, terdapat beberapa hal yang perlu kamu lakukan, di antaranya:


-        Menghindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dan tinggi gula

-        Berhenti mengonsumsi alkohol

-        Menghindari mengunyah permen karet

-        Merilekskan rahang dengan kompres hangat

-        Jika perlu, kamu bisa melakukan konsultasi dengan tenaga profesional guna mengurangi kebiasaan bruksisme tersebut



Itu dia informasi mengenai pemakaian aligner gigi pada pasien dengan kondisi bruxism. Jika kamu masih memiliki pertanyaan mengenai pemasangan clear aligner, segera jadwalkan konsultasi kamu dengan dokter gigi Rata.


Menariknya konsultasi ini bisa dilakukan secara online, loh! Kamu jadi tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk konsultasi.


Bagaimana, semakin tertarik menggunakan aligner Rata? Tunggu apalagi, yuk jadwalkan konsultasi online kamu dan cetak aligner sendiri dari rumah sambil dipandu oleh dokter gigi Rata!


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar