icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Atasi Gigi Renggang Tanpa Behel dengan Aligner Rata, Emang Bisa?/

Atasi Gigi Renggang Tanpa Behel dengan Aligner Rata, Emang Bisa?

cara mengatasi gigi renggang tanpa behel dan kawat gigi dengan clear aligner Rata
dok. Envato

Telah ditinjau secara medis oleh drg. Jessica Endriyana, M.Si. 


Punya celah gigi yang membuat kamu merasa kurang percaya diri? Tenang, kamu tidak sendirian dan ada solusi untuk meratakan gigi tanpa behel, yakni aligner™ Rata! 


Gigi renggang merupakan suatu kondisi pada gigi seseorang yang terdapat celah di antara dua gigi atau lebih. Meskipun gigi renggang tidak memiliki bahaya tertentu, namun memiliki dampak negatif bagi kesehatan gigi dan mulut, maupun rasa percaya diri. 


Penyebab gigi renggang 

Terdapat beberapa penyebab gigi renggang mulai dari faktor genetik, masalah gigi yang terlalu padat atau tidak sejajar, kebiasaan waktu kecil yang sering mengisap jempol atau menggunakan dot juga bisa menyebabkan celah antar gigi. Penyakit periodontal seperti radang dan kerusakan gusi pun dapat menyebabkan perpindahan gigi yang membuat gigi renggang. 


Baca juga: Aligner™ Rata Mampu Atasi Gigi Renggang “Central Diastema” Irma


Bagaimana aligner Rata bisa mengatasi gigi renggang?



Menurut drg. Jessica Endriyana, aligner™ dibantu oleh teknologi Artificial Intelligence (AI), untuk mencetak gigi dan membuat 3D video simulasi pergerakan gigi. Dari hasil cetak gigi tersebut akan dibuat model gigi melalui teknologi AI yang akan didesain sesuai kebutuhan gigi pasien. Bagi kasus gigi renggang, pasien biasanya memiliki kelebihan ruang, sehingga nantinya akan dirapatkan dengan cara pemunduran gigi berdasarkan lengkung rahang pasien. 


Sebagai solusi ortodontik modern, aligner terbuat dari plastik BPA Free yang transparan dan dibuat khusus oleh dokter untuk menggeser gigi secara bertahap ke posisi yang diinginkan. Dengan bantuan teknologi AI, tentu dokter akan lebih mudah membuat rancangan simulasi perawatan, sehingga hasilnya lebih akurat. Nantinya, aligner™ akan memberikan tekanan yang lembut dan konsisten hingga menutup celah antara gigi secara efektif. 


5 manfaat clear aligners untuk mengatasi gigi renggang

Penggunaan aligner™ berfungsi untuk menyelaraskan lengkungan dan memperbaiki celah antara gigi ke arah yang ideal. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh pasien jika memilih aligner™ dibandingkan cara tradisional lainnya.

1. Lebih nyaman & estetik

Aligner gigi yang terbuat dari plastik transparan, membuat masa perawatan hampir tidak terlihat. Dengan bahan yang halus, tentu juga lebih nyaman dipakai dibandingkan kawat gigi yang bisa menimbulkan iritasi pada pipi atau gusi. 


Baca juga: Pakai Rata, Sherima Merdeka dari Gigi Renggang, Jadi Lebih Berani! 


2. Bisa dilepas pasang 

Berbeda dengan behel gigi, pasien bisa lebih mudah melepas aligner™ saat makan, minum, atau sikat gigi. Kesehatan gigi kamu juga lebih terjaga selama proses perawatan. 


3. Disesuaikan kebutuhan pasien 

Setiap set aligner™ dirancang khusus sesuai bentuk gigi pasien. Hal ini memastikan pas di mulut dan hasil yang optimal. 


4. Durasi lebih cepat 

Tidak seperti kawat gigi tradisional, penggunaan aligner™ terbilang lebih cepat. Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 3-6 bulan*, sesuai kasus gigi. 


5. Tidak perlu bolak-balik klinik 

Selain konsultasi dokter gigi yang bisa dilakukan secara online, perawatan aligner™ tidak seperti behel yang mengharuskan pasien untuk ke klinik setiap bulan. Kamu hanya perlu kontrol gigi saat awal dan akhir perawatan, untuk mengevaluasi progress dari pemakaian aligner™. 


Bagaimana? Semakin tertarik menggunakan aligner Rata? Tidak hanya mengatasi gigi renggang, clear aligners juga diperuntukkan masalah gigi lainnya, seperti gigi tonggos, berantakan, crossbite, maju mundur, dan masih banyak lagi.


Ingin konsultasi lebih lanjut tentang perawatan merapatkan gigi renggang tanpa behel atau kawat gigi? Datang ke Klinik Rata atau konsultasi secara online lebih dulu, yuk!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar