icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Sebelum Pasang, Kenali 5 Proses Pemasangan Behel Ini!/

Sebelum Pasang, Kenali 5 Proses Pemasangan Behel Ini!

Proses Pemasangan Behel
dok. Envato

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Rata Family, apakah kamu tertarik untuk investasi seumur hidup dengan mempercantik senyuman? Jika kamu ingin mempercantik senyuman dengan cara meratakan gigi, Clear Aligners bisa menjadi salah satu pilihan yang patut kamu coba.


Ya, metode meratakan gigi tanpa behel ini memang tengah banyak diminati, khususnya oleh kalangan muda yang sangat memperhatikan penampilan. Salah satu keunggulan Clear Aligners adalah berwarna transparan, sehingga tidak mengganggu penampilan. Clear Aligners juga lebih nyaman dipakai karena minim sakit dan bisa dilepas pasang saat makan, minum-minuman berwarna, dan sikat gigi.


Dibanding behel, proses perawatan Clear Aligners jauh lebih singkat, lho! Sebelum memutuskan untuk meratakan gigi, yuk simak perbandingan tahapan perawatan Clear Aligners dan behel berikut ini!


Baca juga: Viral TikTokers Pasang Behel Fashion Rp 60 Ribu, Ini Bahayanya!


Tahapan Perawatan Aligner Rata

Buat kamu yang memiliki rencana meratakan gigi menggunakan Clear Aligners™, berikut ini kami akan merangkum beberapa langkah perawatan dengan Aligner Rata:


1. Konsultasi ke dokter gigi

Konsultasi bertujuan untuk mengidentifikasi kasus gigi yang kamu alami, sehingga dokter gigi kami bisa memperkirakan jumlah set aligner yang dibutuhkan. Nah, konsultasi dengan dokter gigi kami bisa kamu lakukan secara offline di Klinik Rata terdekat atau secara online melalui video call


2. Cetak gigi

Tahapan selanjutnya adalah cetak gigi. Ada beberapa opsi cetak gigi yang bisa kamu pilih, yaitu menggunakan cetakan putty dan sendok cetak atau menggunakan teknologi 3D Dental Scan di Klinik Rata.


3. Menerima 3D video simulasi pergerakan gigi

3D video simulasi pergerakan gigi merupakan simulasi gigi pasien saat melakukan perawatan dengan Aligner Rata. Video ini dibuat dengan cara menganalisis cetakan gigi menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI), sehingga aligner yang dibuat akan terprogram untuk menghasilkan pergerakan gigi secara maksimal.


Video ini didapat dalam waktu 14 hari kerja setelah proses cetak gigi. Dari video tersebut, kamu akan mendapatkan informasi seputar jumlah aligner gigi yang diperlukan serta bagian gigi mana yang perlu dilakukan tindakan slicing. Video ini akan menjadi panduan hasil meratakan gigi. Jika kamu setuju dengan pergerakan video simulasi ini, kamu bisa melakukan konfirmasi ke CS Rata untuk lanjut ke proses pembuatan Aligner Rata.


4. Menerima box aligner Rata

Setelah jadi, aligner gigi akan langsung dikirim ke alamat rumahmu! Aligner Rata akan datang dalam sebuah box yang berisi set aligner, case untuk menyimpan aligner, chewies, case untuk menyimpan chewies, dan buku panduan.


Saat menerima aligner gigi, pastikan untuk tidak langsung menggunakan aligner terlebih dahulu ya! Karena kamu akan diarahkan untuk melakukan First Set Visit (FSV) atau kontrol pertama penggunaan aligner secara online atau offline


5. First set visit (FSV)

First set visit (FSV) atau kontrol aligner pertama merupakan kunjungan pertama untuk kontrol aligner, saat Aligner Rata telah selesai dibuat. Kontrol ini bisa kamu lakukan secara online melalui video call atau offline ke Klinik Rata. 


Tujuan kontrol adalah untuk memastikan bahwa kamu menggunakan aligner gigi dengan baik dan benar selama masa perawatan. Saat kontrol pertama, kamu juga akan:

  • Mendapatkan penjelasan mengenai cara pemakaian, pembersihan, dan penggantian aligner
  • Menerima tindakan slicing jika diperlukan (secara offline di klinik)
  • Melakukan pemasangan attachment jika diperlukan (secara offline di klinik)

Jika sudah melewati step-step di atas, maka kamu bisa langsung menggunakan Aligner Rata. Pastikan aligner gigi dipakai selama 20-22 jam/hari selama 10-14 hari ya! 


Baca juga: Jangan Sembarangan! Ini 5 Risiko Memakai Behel Palsu


Tahapan Proses Pemasangan Behel

Lalu, bagaimana dengan proses pemasangan behel? Berikut ini beberapa tahapan yang harus kamu lalui dalam proses pemasangan behel!


1. Konsultasi ke dokter gigi

Sebelum pasang behel, kamu harus melakukan konsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu. Pada kunjungan pertama, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik pada gigi. Dokter juga biasanya melakukan cetak gigi, rontgen gigi atau dental X-ray untuk melihat kondisi gigi kamu.


Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, dokter akan menilai manakah perawatan gigi yang tepat dan berapa lama prosedur akan dilakukan untuk kasus gigi kamu. Setelah itu, kamu bisa membuat janji temu berikutnya untuk proses pemasangan behel.


2. Pemasangan behel

Selanjutnya adalah proses pemasangan behel. Sebelum behel dipasang, dokter gigi akan membersihkan permukaan gigi kamu. Hal ini bertujuan agar behel bisa melekat dengan baik.


Setelah itu, bahan perekat berupa resin komposit yang sewarna dengan gigi akan diletakkan pada permukaan gigi. Dokter kemudian akan meletakkan bracket pada gigi yang telah ditentukan sebelumnya. Bracket tersebut bertujuan sebagai “jangkar” bagi kawat gigi. 


Jika bracket sudah terpasang, gigi dan bracket akan disinari dengan cahaya berkekuatan tinggi agar keduanya melekat dan tidak mudah lepas. Proses ini umumnya membutuhkan waktu sekitar 20-30 menit tergantung dari tingkat keparahan kondisi gigi.


3. Perawatan setelah pasang behel

Setelah pemasangan behel, kamu mungkin akan merasa sedikit nyeri dan tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh behel yang menarik gigi dan menimbulkan rasa nyeri, terutama 4-6 jam setelah prosedur selesai.


Rasa nyeri tersebut biasanya akan bertahan hingga 3-5 hari dan mulai berkurang beberapa hari setelahnya. Pada kondisi tertentu dokter akan meresepkan obat pereda nyeri untuk mengatasi kondisi ini. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lunak agar tidak merasakan nyeri yang berlebihan.


4. Kontrol rutin

Selama perawatan behel, kamu perlu kontrol rutin ke dokter gigi setiap satu bulan sekali. Kontrol rutin bertujuan untuk melihat perkembangan gigi, mengencangkan kawat gigi, dan membersihkan bagian gigi yang sulit dijangkau oleh sikat gigi. 


5. Pelepasan behel dan perawatan setelahnya

Setelah dokter gigi memastikan bahwa perawatan telah selesai, behel akan dilepas. Bahan perekat yang telah mengeras secara perlahan akan dipecahkan dengan hati-hati. Begitu pun dengan sisa resin komposit yang masih melekat pada permukaan gigi juga akan dibersihkan.


Setelah perawatan behel selesai, dokter gigi akan menyarankan kamu untuk memakai retainer. Alat ini berfungsi untuk mencegah pergerakan gigi lebih lanjut yang bisa memperparah kondisinya. 


Kasus Lepas Pasang Behel

Kasus lepas pasang behel mungkin saja terjadi, terlebih bagi pasien yang tidak menggunakan retainer. Apalagi bagi remaja, di mana gigi mereka bisa saja bergerak kembali setelah menggunakan behel. 


Misalnya, pada usia 12 tahun ia menggunakan behel dan melepasnya pada usia 15 tahun. Bisa saja pada saat berusia 18 tahun, giginya akan kembali bergerak. Karenanya, sangat disarankan menggunakan retainer agar gigi tidak berpindah selamanya. 


Itulah proses pemasangan behel yang perlu kamu ketahui. Tahapan proses pemasangan behel memang lebih kompleks daripada tahapan perawatan Clear Aligners™. Apalagi selama perawatan awal, kamu mungkin akan mengeluhkan rasa nyeri dan tidak nyaman setelah pemasangan behel.


Lain halnya jika kamu melakukan perawatan dengan Clear Aligners™. Kamu masih tetap bisa beraktivitas dan makan dengan normal setelah pemakaian aligner gigi pertama kali, karena bahannya nyaman digunakan di mulut. 


Jadi tertarik untuk menggunakan Alignersuntuk meratakan gigi? Salah satu pilihan Clear Aligners™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligners Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Clear Aligners Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi kami ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian aligner dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 


Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi kami! Jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk cari tahu cara konsultasi.


Dapatkan PROMO KEJUTAN PAYDAY untuk promo spesial ratain gigi. Ada DISKON s.d. 60%* yang bisa kamu dapatkan untuk pembelian aligner Rata. Segera berakhir, klaim sekarang juga!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar