icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Cara Perawatan Retainer agar Gigi Tidak Bergerak Setelah Penggunaan Aligner™/

Cara Perawatan Retainer agar Gigi Tidak Bergerak Setelah Penggunaan Aligner™

perawatan retainer gigi setelah penggunaan clear aligners
dok. Rata Indonesia

Setelah menggunakan aligner™ apakah gigi bisa bergerak lagi? Jawabannya, iya! Aligner™ berfungsi untuk meratakan gigi ke posisi yang diinginkan. Namun, jika penggunaan aligner™ sudah selesai, akan sangat mungkin untuk bergeser dari posisinya.


Secara kasat mata, mungkin jumlah pergeserannya sangat kecil terlihat. Ada beberapa keadaan, di mana hanya bisa dilihat oleh dokter gigi. Karenanya, sangat disarankan untuk kontrol gigi setelah penggunaan aligner™. 


Lalu bagaimana cara mengatasi gigi bergerak lagi setelah penggunaan clear aligner™? 



Selalu gunakan retainer gigi sesuai anjuran dokter

Penggunaan retainer gigi hukumnya wajib setelah perawatan aligner™. Menggunakan retainer sesuai anjuran dokter merupakan cara termudah untuk menjaga posisi gigi tidak bergerak setelah melepas aligner™. 



Tidak melepas retainer gigi sampai batas waktu yang ditentukan 

Jika kamu menggunakan retainer yang bisa dilepas, gunakan retainer sesuai anjuran dokter. Di awal pemakaian, gunakan retainer sama dengan aligner™. Selalu dipakai kecuali saat makan dan sikat gigi. Jika dokter sudah menyarankan untuk mengurangi pemakaian retainer, gunakan retainer hanya di malam hari hingga waktu yang ditentukan. 



Jaga kesehatan mulut dengan baik 

Menjaga rutinitas kebersihan mulut yang baik, sangat membantu meningkatkan kesehatan mulut dan mencegah kerusakan gigi. Karena ketika kamu tidak menjaga kesehatan mulut dengan baik, maka bakteri akan menggerogoti gigi kamu dan merusak bentuknya. 


Selama 6 bulan pertama setelah melepas aligner™, kami merekomendasikan untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur dan memastikan gigi kamu berada di tempat ideal, sekaligus memeriksa retainer kamu apakah sudah tepat atau belum penggunaannya. 


Pastikan juga kamu menggunakan retainer sesuai anjuran dokter dan menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan baik agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika ada pertanyaan terkait penggunaan clear aligner™ dan retainer, silakan hubungi Customer Service Rata atau follow Instagram @rata.id dan website www.rata.id.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar