icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Cetak Gigi Sebelum Pasang Clear Aligner, Apa Fungsinya?/

Cetak Gigi Sebelum Pasang Clear Aligner, Apa Fungsinya?

Cetak Gigi Clear Aligner
dok. Rata Indonesia

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum menggunakan Clear Aligner. Mulai dari konsultasi dengan dokter gigi, pengecekan kondisi gigi, hingga cetak gigi.


Cetak gigi merupakan salah satu persiapan penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum melakukan perawatan gigi dengan aligner. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu fungsi dari cetak gigi sebelum pemasangan clear aligner. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!


Apa Itu Cetak Gigi?

Sebelum membahas fungsi dari cetak gigi ketika akan melakukan pemasangan aligner, ada baiknya kita mengetahui tentang prosedur cetak gigi terlebih dahulu. Cetak gigi adalah salah satu prosedur awal yang paling umum dilakukan dalam berbagai perencanaan perawatan gigi, seperti pembuatan mahkota gigi, implan, gigi palsu, hingga Clear Aligner.


Prosedur ini nantinya akan menghasilkan dental impression atau cetakan gigi. Mengutip Cleveland Clinic, cetakan gigi adalah jejak gigi, gusi, atau struktur lain yang ada di dalam mulut. Dental impression diambil lewat proses cetak gigi konvensional maupun cetak gigi digital. 


Apa Fungsi Cetak Gigi Sebelum Pasang Aligner?

Cetak gigi berfungsi untuk membuat replika atau tiruan yang akurat dari situasi rongga mulut seseorang yang mencakup jaringan keras dan jaringan lunak di dalam rongga mulut. Menurut Straight Teeth Direct, replika atau tiruan gigi ini nantinya bisa membantu dokter dalam menganalisis struktur gigi dan rahang, serta membantu dokter dalam membuat rencana perawatan (treatment plan) aligner.


Selain itu, cetak gigi juga berfungsi untuk menghitung ruang pada mulut dan gigi. Jika gigi pasien bertumpuk atau rahang terlalu sesak dengan susunan gigi, dokter mungkin akan melakukan prosedur cabut gigi atau slicing untuk memberikan ruang bagi gigi lain. 


Opsi Cetak Gigi di Rata

Ada banyak sekali cara untuk melakukan cetak gigi, baik itu dilakukan secara konvensional maupun modern dengan teknologi digital. Di Rata, ada tiga opsi yang bisa dipilih pasien untuk melakukan cetak gigi:


1. Menggunakan 3D Scan di Klinik Rata

Cetak gigi ini menggunakan teknologi 3D Scan. 3D Scan adalah teknologi canggih yang bisa memindai bentuk gigi dan mulut dengan akurasi tinggi. Cetak gigi menggunakan 3D Scan hanya tersedia di Klinik Rata Senayan, Klinik Rata Menteng, dan Klinik Rata Gading Serpong.


2. Menggunakan putty dan sendok cetak di semua Klinik Rata

Sedangkan ini adalah cetak gigi konvensional yang menggunakan putty dan sendok cetak. Bahan cetakan gigi ini terbuat dari heavy body teeth impression putty material yang terdiri dari base dan catalyst


3. Menggunakan putty dan sendok cetak dari rumah secara mandiri

Proses cetak gigi sendiri di rumah nantinya akan dipandu oleh dokter gigi Rata secara virtual. Kamu tinggal mengikuti panduan dan langsung mempraktekkan cara mencetak gigi.


Proses pencetakan gigi ini terbilang cukup simpel. Namun, kamu harus memastikan bahwa cetakan gigi sudah sesuai dengan kondisi gigi. Sebab, cetakan gigi ini akan berpengaruh kepada aligner yang akan dipakai. Jika cetakan gigi tidak sesuai, maka pasien mungkin akan mengalami rasa tidak nyaman saat menggunakan aligner. 


Itulah informasi seputar fungsi dari cetak gigi sebelum pemasangan Clear Aligner. Bagaimana, semakin tertarik untuk menggunakan Aligner Rata? 


Yuk, segera konsultasikan kasus gigimu dengan dengan dokter gigi Rata! Menariknya konsultasi dengan dokter gigi Rata bisa dilakukan secara online, jadi kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk konsultasi. 


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar