icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Estimasi Biaya Pasang Gigi Palsu Terkini, Cek Perkiraannya!/

Estimasi Biaya Pasang Gigi Palsu Terkini, Cek Perkiraannya!

Biaya Pasang Gigi Palsu
Dok. Envato

Mau pasang gigi palsu? Sebelum pasang gigi palsu, sebaiknya kamu mengetahui estimasi biaya gigi palsu untuk mempersiapkan pengeluarannya.


Gigi palsu sendiri merupakan salah satu solusi untuk mengatasi gigi ompong atau tanggal. Tak hanya untuk memperbaiki estetika penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri, penggunaan gigi palsu juga berfungsi untuk menjaga fungsi mulut secara keseluruhan. 


Sebelum memasang gigi palsu, ada baiknya mengetahui lebih dulu informasi seputar gigi palsu hingga biaya pasang gigi palsu dalam artikel ini!


Baca juga: Masih Muda Pakai Gigi Palsu, Haruskah?


Apa itu gigi palsu?


Gigi palsu atau dentures adalah alat bantu untuk menggantikan gigi asli yang hilang. Prosedur ini cukup populer untuk mengatasi gigi ompong. Selain harganya yang relatif terjangkau, gigi palsu juga mudah dipakai dan dibersihkan karena mudah dilepas pasang.


Mengutip Healthline, gigi palsu biasanya terbuat dari bahan plastik, akrilik, nilon, atau logam. Bentuknya pun dapat disesuaikan dengan lengkungan rahang dan lekukan gusi pasien agar pas di mulut. 


Jenis-jenis gigi palsu

Ternyata ada tiga jenis gigi palsu yang bisa kamu pilih. Simak informasinya seperti dikutip dari Mouth Healthy berikut ini:


1. Gigi palsu lengkap segera (immediate denture)

Gigi palsu lengkap merupakan gigi tiruan untuk menggantikan semua gigi yang hilang, entah itu bagian gigi atas, gigi bagian bawah, maupun keduanya. 


Gigi palsu ini bisa dipasang segera setelah gigi asli dicabut. Meski lebih cepat, gigi palsu ini memerlukan penyesuaian yang lebih lama di mulut. Selain itu, gigi palsu ini biasanya hanya dijadikan solusi sementara untuk mengatasi gigi ompong.


2. Gigi palsu lengkap konvensional (conventional denture)

Berbeda dengan jenis gigi palsu sebelumnya, gigi palsu yang ini pemasangannya harus menunggu 2-3 bulan setelah gigi dicabut atau jaringan gusi sembuh. Gigi palsu ini dipasang untuk menggantikan pemakaian gigi palsu lengkap yang digunakan sementara.


3. Gigi palsu sebagian (overdenture)

Gigi palsu sebagian merupakan gigi tiruan untuk menggantikan dan mengisi celah pada satu atau lebih gigi yang hilang.


Jenis gigi palsu ini biasanya terdiri dari gigi pengganti yang melekat pada dasar plastik berwarna merah muda (menyerupai gusi). Gigi ini kemudian akan dihubungkan dengan kerangka logam. Kerangka tersebut berfungsi sebagai pengait agar gigi palsu pada mulut tidak lepas. Gigi palsu ini bisa kamu lepas-pasang dengan mudah, lho!


Baca juga: Biaya Periksa Gigi Terbaru di Puskesmas, Klinik, dan Rumah Sakit


Berapa biaya pasang gigi palsu?


Biaya pasang gigi palsu pastinya berbeda di tiap klinik atau rumah sakit. Semuanya tergantung dari jenis gigi palsu yang digunakan. Namun, biaya paling murah untuk pasang gigi palsu lepasan adalah berbahan akrilik.


Biaya pasang gigi palsu lepasan bahan porselen akrilik berkisar antara Rp1.200.000,- hingga Rp1.350.000,- per gigi. Sedangkan biaya pasang gigi palsu jenis valplast atau Fleksi denture/thermosen berkisar antara Rp2.300.000,- hingga Rp2.500.000,- per 1 plat. Lalu, untuk biaya kerangka logam sekitar Rp2.200.000,- hingga Rp2.800.000,- untuk 1 rahang. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat


Sedang mencari klinik gigi terdekat untuk pasang gigi palsu untuk mengatasi gigi ompong atau berkonsultasi mengenai perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi, seperti pembersihan karang gigi, memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar