icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Karies Gigi? Cegah dengan Perawatan Fissure Sealant/

Karies Gigi? Cegah dengan Perawatan Fissure Sealant

Fissure Sealant
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana M Si


Karies gigi adalah salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang paling umum terjadi dan bisa dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Karies gigi sebetulnya istilah medis dari kerusakan gigi atau gigi berlubang.


Karies terjadi karena adanya bakteri Streptococcus mutans. Mikroorganisme ini menghasilkan asam sehingga menyebabkan gigi mengalami demineralisasi alias kehilangan mineral secara terus-menerus. Kondisi inilah yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada struktur permukaan jaringan keras gigi, yang ditandai dengan kemunculan bercak putih atau cokelat pada permukaan email gigi.


Sebetulnya karies gigi bisa dicegah dengan berbagai cara. Salah satunya dengan tindakan medis bernama Fissure Sealant. Untuk mengenal perawatan Fissure Sealant secara mendalam, yuk simak artikel ini sampai habis!


Apa Itu Fissure Sealant?

Sebelum membahas tindakan Fissure Sealant, apakah Rata Family pernah mendengar istilah pit dan fissure?


Pit merupakan Bahasa Inggris yang berarti lubang, sedangkan fissure berarti celah. Oleh karena itu, pit and fissure memiliki arti celah/ceruk yang sempit dan cukup dalam. Pit and fissure terletak di gigi geraham, baik itu gigi geraham kecil (premolar) dan geraham besar (molar).


Pit and fissure merupakan anatomi gigi yang paling rentang terhadap karies gigi atau gigi berlubang, karena menjadi tempat penumpukan sisa-sisa makanan, plak gigi, serta menjadi tempat berkembangbiak bakteri penyebab gigi berlubang. Pit and fissure yang dalam juga memungkinkan sikat gigi tidak dapat menjangkau dasar ceruk yang dalam sehingga pembersihan kurang efektif. 


Untuk mencegah terjadinya gigi berlubang dari ceruk gigi tersebut, perlu dilakukan upaya pencegahan dengan tindakan medis Fissure Sealant. Fissure Sealant merupakan tindakan medis untuk menutup ceruk yang dalam pada gigi dengan satu bahan untuk mencegah masuknya sisa-sisa makanan dan pembentukan plak pada ceruk gigi.


Biasanya bahan yang digunakan untuk tindakan Fissure Sealant adalah resin komposit atau semen ionomer kaca (glass ionomer) yang sekaligus dapat melepas flour.  


Baca juga: 4 Bahaya Karang Gigi Jika Tidak Dibersihkan


Manfaat Fissure Sealant

Selain bisa menutup ceruk gigi, perawatan Fissure Sealant bermanfaat untuk mencegah dan menghentikan perkembangan penyakit karies gigi. Pasalnya, prosedur ini membuat permukaan gigi geraham menjadi lebih rata dan datar tanpa celah. 


Selain itu, Fissure Sealant juga memungkinkan adanya penghalang antara gigi dengan sisa makanan ataupun bakteri. Bakteri ini pun tidak bisa masuk dan berkembang di dalam celah tersebut. Dengan pemeliharaan gigi dan mulut yang baik serta prosedur aplikasi yang sesuai standar operasional, bahan sealant dapat bertahan hingga bertahun-tahun.


Manfaat Fissure Sealant lainnya adalah memperkecil biaya yang mungkin dikeluarkan untuk penambalan gigi atau perawatan gigi lain di kemudian hari. 


Siapa yang Bisa Menjalani Fissure Sealant?

Fissure Sealant bisa dilakukan oleh usia muda hingga dewasa. Namun, prosedur perawatan ini lebih dianjurkan pada anak-anak saat masa pertumbuhan gigi geraham. Selain itu, Fissure Sealant juga sangat dianjurkan pada anak-anak dengan risiko karies tinggi, misalnya:


  • Penyandang kebutuhan khusus yang tidak mampu menyikat gigi dengan baik
  • Punya disabilitas motorik
  • Terbiasa ngemil makanan manis di sela waktu makan
  • Jarang ke dokter gigi
  • Memakai kawat gigi
  • Mengidap penyakit yang memengaruhi kelenjar ludah sehingga mulut kering


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Waktu yang Tepat untuk Fissure Sealant

Pada anak-anak, waktu yang paling tepat untuk melakukan Fissure Sealant adalah ketika gigi molar (geraham) pertama tumbuh, yaitu saat anak berusia kurang lebih 6 tahun. Prosedur ini juga perlu dilakukan ketika gigi molar kedua tumbuh, yaitu saat anak berusia 12 tahun.


Saat gigi geraham tubuh, pit and fissure sangat dalam dan anak-anak cenderung belum bisa menyikat gigi dengan baik. Oleh karena itu, pada periode tersebut gigi anak rentan mengalami karies. 


Untuk mencegah karies gigi sejak dini, perlu dilakukan pemeriksaan gigi secara rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Tujuannya adalah agar gigi geraham dengan pit and fissure yang dalam bisa diberi tindakan Fissure Sealant sebelum mengalami karies gigi. 


Itulah informasi mengenai Fissure Sealant. Jika kamu ingin melakukan prosedur perawatan Fissure Sealant, kamu bisa berkunjung ke Klinik Rata. Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Alignersâ„¢ Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu.


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Alignersâ„¢ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar