icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Takut Scaling Gigi karena Sakit? Berikut Pencegahannya!/

Takut Scaling Gigi karena Sakit? Berikut Pencegahannya!

apakah scaling gigi sakit
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh drg. Jessica Endriyana, M.Si


Karang gigi merupakan plak yang mengalami kristalisasi dan  menumpuk di sela-sela gigi akibat adanya sisa makanan di gigi seseorang. Tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi, pembersihan karang gigi harus melewati prosedur scaling untuk membersihkan karang gigi di antara gigi dan gusi. 


Terkadang, prosedur scaling gigi membuat gigi terasa ngilu. Oleh karena itu, beberapa dokter gigi melakukan anestesi lokal bagi pasien yang merasa khawatir akan rasa sakit selama tindakan perawatan karang gigi ini. 


Apa yang menyebabkan rasa ngilu saat scaling gigi? 

Untuk membersihkan karang gigi, dokter menggunakan sebuah alat yang disebut scaler. Scaler bekerja dengan getaran ultrasonik yang berfungsi untuk merontokkan karang-karang gigi. 


Saat melakukan scaling gigi, dokter gigi akan membersihkan seluruh permukaan gigi dan gusi. Pada tahap inilah yang biasanya membuat gigi terasa ngilu. 


Baca juga: Pentingnya Scaling Sebelum Cetak Gigi untuk Pemakaian Aligner 


Menurut drg. Jessica Endriyana, MSi, getaran ultrasonik pada scaling gigi yang dapat menyebabkan rasa ngilu pada pasien. Selain itu, sebagian besar karang gigi terdapat di lapisan dentin pada area akar gigi yang dekat dengan posisi syaraf. Karenanya, gigi akan menjadi lebih sensitif pada beberapa pasien.


Gigi yang ngilu saat scaling gigi, juga bisa terjadi pada pasien yang mengalami penurunan gusi. Kondisi ini menyebabkan sebagian akar gigi terbuka dimana pada area tersebut minim sekali lapisan email. 


Pada kondisi tersebut, akar gigi biasanya akan tersambung ke saraf gigi, sehingga saat gigi dibersihkan akan terasa ngilu karena bagian ini lebih sensitif. Karang gigi yang sudah terlalu tebal juga bisa menyebabkan gigi terasa nyeri saat dibersihkan. 


Tips Merawat Gigi Setelah Scaling

Terdapat beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa ngilu setelah melakukan scaling gigi, berikut informasi selengkapnya!


1. Hindari makanan dan minuman terlalu panas atau dingin

Untuk menghindari kondisi gigi ngilu setelah scaling, sebaiknya kamu menghindari makanan dan minuman yang terlalu panas atau dingin. Pasalnya, gigi akan menjadi lebih sensitif dibandingkan kondisi sebelumnya. Disarankan untuk menghindari juga makanan dan minuman yang terlalu manis sebelum kembali ke kondisi normal.


Baca juga: Punya Masalah Gigi Sensitif, Apakah Bisa Pakai Aligner™?


2. Gunakan pasta gigi khusus

Untuk terhindar dari rasa nyeri, kamu bisa menyikat gigi dengan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif. Sebaiknya, kamu menggunakan 2-3 minggu sebelum dan sesudah scaling gigi. Jangan lupa untuk lebih berhati-hati saat menggosok gigi dan gunakanlah sikat gigi berbulu lembut. 


3. Kumur dengan air garam

Kumur air garam diketahui mampu meredakan gusi bengkak, sakit gigi, atau pun scaling gigi. Kumur dengan air garam juga berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi.


Jika rasa nyeri atau ngilu berlangsung dalam waktu yang berlanjut, silakan hubungi dokter gigi atau mengunjungi klinik kami. Untuk informasi lebih lanjut terkait perawatan scaling gigi, kamu bisa follow Instagram @rata.id.


Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi berlubang yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar