icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa, Simpel dan Gak Ribet!/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

5 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa, Simpel dan Gak Ribet!

5 Cara Menghilangkan Bau Mulut saat Puasa, Simpel dan Gak Ribet!
dok. FreePik

Selama bulan Ramadhan, cara menghilangkan bau mulut saat puasa menjadi salah satu hal yang paling banyak dicari. Bagaimana tidak, masalah ini kerap dihadapi oleh orang-orang yang berpuasa dan membuat mereka jadi merasa tak nyaman.


Mengutip Harvard Health Publishing, bau mulut bisa berasal dari dalam maupun luar mulut. Penyebab paling umum bau mulut adalah karena adanya bakteri di area gigi dan lidah. Lantas, apa saja tips menghilangkan bau mulut saat puasa? Berikut di antaranya.


1. Sikat gigi dan bersihkan lidah


Hal penting yang harus dilakukan untuk mencegah bau mulut saat puasa adalah menjaga kebersihan mulut. Caranya dengan menyikat gigi 2 kali sehari secara teratur, setelah sahur dan berbuka. Pastikan kamu menjangkau seluruh bagian mulut, termasuk di sela-sela gigi. Setelah itu, jangan lupa untuk bersihkan lidah menggunakan alat khusus pembersih lidah.


2. Berkumur dengan mouthwash

Sikat gigi tidak cukup untuk mengatasi bau mulut saat puasa. Mouthwash atau obat kumur dikenal efektif untuk melawan bakteri yang mungkin masih terselip di area-area yang sulit dijangkau sikat gigi. Pastikan kamu memilih mouthwash yang tak mengandung alkohol dan

bisa membunuh bakteri di mulut!


3. Minum air putih yang cukup

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa selanjutnya adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih.


Alasannya, karena air putih bisa meningkatkan produksi saliva atau air liur yang bisa menjaga mulut tetap sehat dan napas segar. Untuk mencukupi asupan cairan di bulan puasa, kamu bisa mengonsumsi 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air di malam hari sebelum tidur. 


4. Hindari makanan tinggi gula

Cara agar tidak bau mulut saat puasa lain adalah dengan menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, baik saat sahur maupun buka. Alasannya, karena makanan-makanan itu bisa membuat bakteri penyebab bau mulut berkembang biak lebih pesat.


5. Perbanyak konsumsi buah dan sayur


Siapa sangka ternyata dengan mengonsumsi buah dan sayur yang cukup dapat menghindari bau mulut saat puasa? Buah dan sayur banyak mengandung antioksidan, vitamin, mineral, serta air yang bisa meningkatkan produksi air liur. Karena bisa meningkatkan produksi air liur, buah dan sayuran baik dikonsumsi untuk mencegah pertumbuhan kuman yang bisa menyebabkan bau mulut. 


Pastikan sayuran-sayuran seperti bayam, brokoli, wortel, dan seledri masuk dalam menu sahur serta buka puasa kamu. Selain itu, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan; seperti apel, jeruk, melon, semangka, dan nanas. 


Itulah lima cara menghilangkan bau mulut saat puasa. Selain cara di atas, kamu juga bisa mengunjungi Klinik Rata terdekat untuk mengatasi masalah gigi lain yang sedang dialami atau ingin meratakan gigi menggunakan clear aligner Rata. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi dan mengunjungi Klinik Rata terdekat, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar