icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Sakit Gigi saat Mudik Lebaran? Simak Tips Meredakannya!/

Sakit Gigi saat Mudik Lebaran? Simak Tips Meredakannya!

Tips Meredakan Sakit Gigi saat Mudik Lebaran
dok. Envato


Mudik Lebaran merupakan momen yang paling dinanti-nanti umat muslim untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, perjalanan mudik yang panjang dan melelahkan bisa meningkatkan berbagai gangguan kesehatan, seperti kelelahan, gangguan pencernaan, bahkan gangguan kesehatan gigi dan mulut seperti keluhan sakit gigi.


Keluhan gigi cenat-cenut sering dialami saat mudik Lebaran, karena asupan makanan dan kebersihan gigi yang tidak terjaga. Jika sudah begini, momen mudik Lebaran pun jadi menyiksa dan tidak menyenangkan. 


Jangan khawatir, jika Rata Family mengalami sakit gigi darurat saat mudik Lebaran, ada beberapa pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan untuk meredakan rasa sakitnya. Yuk, simak artikel ini untuk baca lebih lengkap mengenai tips meredakan sakit gigi saat mudik Lebaran!


Baca juga: 5 Cara Atasi Gigi Sakit Setelah Makan Daging saat Lebaran

Tips Meredakan Sakit Gigi saat Mudik Lebaran

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meredakan sakit gigi kondisi darurat, seperti mudik Lebaran. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Berkumur dengan larutan air garam

Pertolongan pertama yang bisa kamu coba adalah mencampurkan 200 ml air hangat dengan setengah sendok makan garam, aduk-aduk, lalu kumurkan pada gigi yang bermasalah. Tips ini dipercaya bisa membantu mengurangi rasa sakit, karena larutan garam bisa membantu menekan bakteri mulut yang aktif.

2. Berkumur dengan obat kumur antiseptik

Tips meredakan sakit gigi selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan obat kumur antiseptik. Obat kumur berfungsi menetralkan kondisi bakteri di dalam mulut. Saat melakukan cara ini, pastikan untuk mengikuti petunjuk yang ada di dalam kemasan ya!

3. Kompres dengan es batu

Jika sakit gigi menimbulkan perdarahan, cobalah lakukan tips ini untuk meredakan perdarahan. Caranya dengan memasukkan es batu atau air dingin ke dalam plastik, lalu bungkus dengan kain kasa atau kain tipis. Setelah itu, tempatkan kompresan es batu atau air dingin pada area pipi yang bengkak.

4. Minum obat pereda nyeri

Jika rasa sakit masih tidak berkurang, cobalah minum obat pereda nyeri seperti paracetamol, asam mefenamat atau mefinal. Pastikan minum sesuai dosis yang dibutuhkan atau derajat kesakitan, maksimal 3 kali sehari. Saat nyeri hilang, hentikan konsumsi obat.


Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata


Itulah informasi mengenai tips meredakan sakit gigi saat mudik Lebaran. Apabila menemukan klinik gigi yang buka selama libur Lebaran, segeralah pergi ke klinik untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Sebab, mengobati gigi yang sakit memerlukan perawatan khusus dari dokter gigi yang berpengalaman, jadi jangan ragu untuk mencari pertolongan segera.


Jika kamu ingin melakukan konsultasi atau perawatan terkait masalah gigi dan mulut, kamu bisa berkunjung ke Klinik Rata. Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Alignersâ„¢ Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu!


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Alignersâ„¢ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar