icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/5 Perawatan Gigi Anak di Rumah Cegah Karies Gigi/

5 Perawatan Gigi Anak di Rumah Cegah Karies Gigi

perawatan gigi anak di rumah
dok. Rata Indonesia


Orang tua berkewajiban untuk memantau tumbuh kembang anak, termasuk pertumbuhan dan kesehatan gigi mereka. Dalam mendapatkan gigi sehat dan bentuk yang sempurna, orang tua wajib mengajarkan cara merawat gigi anak. 

Sebelum menginjak usia tujuh tahun, kebersihan gigi anak memang masih menjadi tanggung jawab orang tua. Pada masa inilah, baiknya orang tua mengajarkan cara-cara menyikat gigi yang benar.

Baca juga: Parents Harus Tahu! Ini Daftar Perawatan Gigi untuk Anak di Klinik

5 Perawatan Gigi Anak di Rumah

Perawatan gigi dan mulut anak sebaiknya dimulai baru lahir. Terlebih saat gigi anak muncul hingga berusia 7 tahun. Berikut beberapa perawatan gigi anak yang wajib diperhatikan oleh para orang tua.

1. Membatasi minum menggunakan botol dot 

Penggunaan botol minum susu atau dot terlalu lama, bukan pilihan yang baik bagi si kecil. Hal ini dikarenakan gigi akan terendam cairan manis terlalu lama. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan dot dalam jangka waktu panjang buat si kecil.

2. Cara menyikat gigi anak 

Orang tua bertanggung jawab penuh untuk membersihkan gigi anak hingga berusia 7 tahun. Di awal tumbuh kembang anak, orang tua perlu mengajarkan cara memegang sikat gigi dan menyikat gigi yang benar. Ajarkan si kecil untuk menggosok secara bergantian selama 2 menit dan jangan lupa menyikat gigi bagian belakang dan gusi. 

3. Memilih sikat gigi

Saat gigi pertama muncul, orang tua bisa menggunakan sikat gigi khusus untuk bayi. Orang tua juga bisa memberikan pasta gigi berfluoride sesuai porsinya untuk membersihkan gigi anak. Saat semua gigi sudah tumbuh, orang tua bisa mengganti sikat gigi berkepala kecil dan berbulu lembut.

Baca juga:  Susunan Gigi Anak Berantakan? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Berikut!

4. Bentuk kebiasaan menjaga kebersihan gigi

Penting bagi orang tua untuk ajarkan anak kebiasaan menyikat gigi secara rutin, di pagi hari setelah sarapan dan sebelum tidur. Awasi mereka untuk memastikan anak sudah menyikat gigi dengan benar. Karena pada usia 7 tahun ke atas, anak harus sudah terbiasa menyikat gigi sendiri. 

5. Kontrol makanan anak 

Penyebab utama kerusakan gigi anak adalah makanan dan minuman dengan kandungan tinggi gula dan asam yang berisiko menyebabkan karies. Karenanya, orang tua perlu mengontrol makanan dan minuman yang dikonsumsi. Ajarkan anak lebih banyak mengonsumsi keju, sayuran, atau buah daripada makanan dan minuman tinggi gula. 

Jika Parents ingin melakukan konsultasi gigi anak silakan kunjungi klinik terdekat kami. Sebaiknya dilakukan secara rutin selama enam bulan sekali. Untuk menjaga bentuk gigi anak tumbuh sempurna, Parents juga bisa membeli aligner khusus anak menggunakan Rata Junior.


Baca juga: Aligner untuk Anak, Solusi Meratakan Gigi Si Kecil yang Berantakan


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810

Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281 


Segera jadwalkan konsultasi di Klinik Rata! Cekwebsite Rata dan Instagram@rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!




komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar