icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gigi Sakit setelah Makan Daging? Segera Atasi agar Tidak Ganggu Momen Lebaran/

Gigi Sakit setelah Makan Daging? Segera Atasi agar Tidak Ganggu Momen Lebaran

5 Cara Atasi Gigi Sakit Setelah Makan Daging saat Lebaran
dok. Freepik

Momen Lebaran Idul Fitri 1445 H di depan mata. Beraneka ragam hidangan disajikan dan siap disantap, dan daging menjadi salah satu menu favorit bagi banyak orang. Namun, tidak sedikit orang yang juga kerap mengeluhkan gigi sakit setelah makan daging. Apakah kamu salah satunya?


Mengapa gigi sakit setelah makan daging? Menurut situs Smile Columbia Dentistry, sakit gigi setelah makan daging biasanya disebabkan oleh serat-serat kecil (pada daging) yang tersangkut di sela-sela gigi kamu. Nah, serat ini dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan rasa sakit jika kamu memiliki gusi yang bengkak atau sensitif. Di samping itu, kondisi tertentu seperti impaksi gigi bungsu, gigi berlubang, trauma gigi, penyakit gusi, hingga Temporomandibular Junction (TMJ) juga dapat memicu kondisi sakit gigi karena makan daging.

Baca juga: Sakit Gigi Saat Puasa? Simak Apa Saja Penyebabnya!


5 cara atasi gigi sakit setelah makan daging

Mulai dari mengganti sikat gigi dengan bulu yang lebih halus hingga mengompres sisi luar gusi, 5 cara berikut dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit gigi setelah makan daging.



1. Sikat gigi dengan bulu lembut

Saat gigi kamu terasa sakit, pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut bisa mencegah gusi berdarah yang akan mengakibatkan sakit gigi bertambah parah. 


2. Lakukan flossing

Usai menyikat gigi, jangan lupa untuk melakukan flossing, ya! Flossing adalah cara membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Beberapa orang biasanya akan menggabungkan sikat gigi dengan flossing untuk membersihkan gigi dengan sempurna. Flossing juga bisa membantu membersihkan sisa serat daging yang masih menempel di sela-sela gigi dan gusi kamu.


3. Kumur dengan larutan garam

Sakit gigi saat Lebaran memang menyiksa. Selain mengganggu momen silaturahmi, kamu juga kesulitan melakukan pengobatan ke dokter gigi karena beberapa klinik gigi biasanya tutup selama libur Lebaran. Jika sudah begini, mungkin kamu bisa mengandalkan cara alternatif untuk mengatasi gigi sakit setelah makan daging. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan di rumah adalah kumur-kumur menggunakan larutan garam.


Mengutip Healthline, larutan garam adalah disinfektan alami yang dapat membantu menghilangkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. Mengobati gigi yang sakit dengan larutan garam juga bisa membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut.


Untuk melakukan cara ini, campurkanlah 1-2 sendok teh (sdt) garam ke segelas air hangat. Setelah itu, kumur-kumur larutan tersebut sampai habis. 


Baca juga: 4 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami, Praktis dan Mudah!


4. Kompres sisi luar gusi yang nyeri

Gigi masih terasa sakit, padahal sisa daging yang terselip sudah keluar? Cobalah untuk mengompres sisi luar gusi yang nyeri dengan kantong es. Cara ini bisa membuat pembuluh darah di area yang sakit menyempit dan membuat rasa sakit jadi tidak terlalu parah. Selain itu, suhu dingin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan.


Untuk meredakan sakit gigi secara alami ini, pegang kantong es yang telah dibungkus dalam handuk ke area yang sakit selama 15-20 menit. Lakukan cara ini jika gigi kamu kembali sakit.



5. Minum obat pereda nyeri

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi obat pereda nyeri. Kamu bisa membeli obat pereda nyeri ini di apotek terdekat. Pastikan untuk konsultasi dengan apoteker dan membaca terlebih dahuli petunjuk di dalam kemasan. 


Jika gigi sakit setelah makan daging masih berlanjut, cobalah untuk check-up ke dokter gigi terdekat. Kamu bisa melakukan pemeriksaan ke dokter gigi Rata, karena saat ini Klinik Rata sudah tersebar di lebih 20 kota di Indonesia.


Cek promo terkini Rata dan jangan lupa ikuti Instagram @rata.id untuk info lebih lengkap, tentang penawaran menarik untuk perawatan gigimu!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar