icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gigi Sakit Setelah Makan Daging saat Lebaran? Atasi dengan 5 Cara Ini/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Gigi Sakit Setelah Makan Daging saat Lebaran? Atasi dengan 5 Cara Ini

Gigi Sakit Setelah Makan Daging saat Lebaran? Atasi dengan 5 Cara Ini
dok. Freepik

Setelah momen Lebaran, beberapa orang biasanya akan mengeluhkan kondisi kesehatannya karena efek yang ditimbulkan akibat pola makan yang kurang dijaga. Salah satu kondisi kesehatan yang kerap dikeluhkan adalah gigi sakit karena banyak makan, termasuk juga makan daging sebagai salah satu hidangan utama saat Lebaran.


Mengapa gigi sakit setelah makan daging? Menurut situs Smile Columbia Dentistry, sakit gigi setelah makan daging biasanya disebabkan oleh serat-serat kecil (pada daging) yang tersangkut di sela-sela gigi kamu. Nah, serat ini dapat mengiritasi gusi dan menyebabkan rasa sakit jika kamu memiliki gusi yang bengkak atau sensitif.


Kondisi ini sedang kamu alami? Jangan khawatir, ada banyak sekali cara untuk mengatasi gigi sakit setelah makan daging. Simak terus informasinya di bawah ini ya!


5 cara atasi gigi sakit setelah makan daging



1. Sikat gigi dengan bulu lembut

Saat gigi kamu terasa sakit, pilihlah sikat gigi yang memiliki bulu lembut. Menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut bisa mencegah gusi berdarah yang akan mengakibatkan sakit gigi bertambah parah. 


2. Lakukan flossing

Usai menyikat gigi, jangan lupa untuk melakukan flossing ya! Flossing adalah cara membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi. Beberapa orang biasanya akan menggabungkan sikat gigi dengan flossing untuk membersihkan gigi dengan sempurna. Flossing juga bisa membantu membersihkan sisa serat daging yang masih menempel di sela-sela gigi dan gusi kamu.


3. Kumur dengan larutan garam

Sakit gigi saat Lebaran memang menyiksa. Selain mengganggu momen silaturahmi, kamu juga kesulitan melakukan pengobatan ke dokter gigi karena beberapa klinik gigi biasanya tutup selama libur Lebaran. Jika sudah begini, mungkin kamu bisa mengandalkan cara alternatif untuk mengatasi gigi sakit setelah makan daging. Salah satu cara alternatif sementara yang bisa kamu lakukan di rumah adalah kumur-kumur menggunakan larutan garam.


Mengutip Healthline, larutan garam adalah disinfektan alami yang bisa membantu menghilangkan partikel makanan dan kotoran yang mungkin tersangkut di sela-sela gigi. Mengobati gigi yang sakit dengan larutan garam juga bisa membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Untuk melakukan cara ini, campurkanlah 1-2 sendok teh (sdt) garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, kumur-kumur larutan tersebut sampai habis ya!


4. Kompres sisi luar gusi yang nyeri

Gigi masih terasa sakit padahal sisa daging yang terselip sudah keluar? Cobalah untuk mengompres sisi luar gusi yang nyeri dengan kantong es. Mengutip Healthline, cara ini bisa membuat pembuluh darah di area yang sakit menyempit dan membuat rasa sakit jadi tidak terlalu parah. Selain itu, suhu dingin juga bisa mengurangi pembengkakan dan peradangan.


Untuk melakukan cara meredakan sakit gigi secara alami ini, pegang kantong es yang telah dibungkus dalam handuk ke area yang sakit selama 15-20 menit. Lakukan cara ini jika gigi kamu kembali sakit.