icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Ketahui Manfaat Menyikat Lidah & Cara Membersihkannya/

Ketahui Manfaat Menyikat Lidah & Cara Membersihkannya

Manfaat Menyikat Lidah
dok. Freepik

Menyikat gigi bukanalah satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ada salah satu aktivitas yang kerap diabaikan, padahal aktivitas ini cukup penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Aktivitas yang dimaksud adalah menyikat lidah.

 

Ya, kebersihan lidah adalah hal yang tak kalah penting dari kebersihan gigi. Dr. Euan Swan dari Canadian Dental Association di Ottawa mengatakan kepada Canadian Living, permukaan lidah bisa menampung banyak bakteri. Kuman yang menumpuk di dalam lidah itu bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

 

Bahkan, bakteri yang terkurung dalam lidah bisa melakukan perjalanan ke bagian lain dalam mulut. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi serta penyakit gusi dan mulut. 

 

Karena alasan inilah, penting sekali bagi kita untuk membersihkan lidah secara rutin. Namun, apa saja manfaat menyikat lidah? Simak informasinya berikut ini.

 

Manfaat menyikat lidah

Selain dapat membersihkan kuman dan bakteri yang menumpuk di area lidah, ternyata menyikat lidah juga memiliki banyak manfaat. Setidaknya ada tiga manfaat menyikat lidah seperti dikutip dari Cleveland Clinic.

 

1. Meningkatkan indra perasa

Manfaat menyikat lidah yang pertama adalah meningkatkan indra perasa. Saat membersihkan lidah, kamu akan merasa lidah benar-benar terasa segar. Secara tidak langsung, hal ini akan membantu meningkatkan indra perasa ketika mengunyah makanan karena lidah tak bercampur dengan kotoran-kotoran yang menumpuk.

 

2. Napas jadi lebih segar

Seperti yang dibahas sebelumnya, lidah bisa menampung banyak bakteri. Kuman yang menumpuk di dalam lidah itu bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

 

Karena alasan ini, kita perlu menyikat lidah secara teratur. Studi klinis menunjukkan bahwa menyikat lidah dapat secara signifikan mengurangi jumlah bakteri jahat dan membuat napas menjadi lebih segar. 

 

3. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Disebut demikian, karena menyikat lidah bisa menghilangkan bakteri berbahaya serta mencegah gigi berlubang. Nah, ketika aktivitas itu diabaikan, bakteri tersebut bisa menyebabkan masalah lain seperti penyakit jantung, kanker, dan lainnya

 

Cara membersihkan lidah dengan tongue cleaner

Sebetulnya ada banyak sekali cara membersihkan lidah. Kamu bisa membersihkan lidah dengan sikat lidah khusus (tongue cleaner) atau menggunakan sikat gigi. 

 

Berikut ini cara membersihkan lidah dengan menggunakan tongue cleaner:

 

  • Pilih tongue cleaner yang terbuat dari plastik, tembaga, atau stainless steel
  • Sambil berkaca, julurkan lidah keluar. Lalu, tempelkan tongue cleaner di area lidah bagian dalam
  • Tekan alat dan gerakkan ke arah depan secara perlahan dengan tekanan yang tidak terlalu keras. Pastikan sudah menjangkau semua permukaan lidah
  • Jika dirasa sudah cukup bersih, berkumurlah dengan air hangat untuk membuang kotoran dan bakteri. Lakukan cara ini beberapa kali agar hasilnya lebih maksimal
  • Setelahnya, cuci sikat lidah tongue cleaner dengan air supaya tetap bersih dan simpan di tempat yang kering

 

Kamu bisa melakukan rutinitas menyikat lidah ini paling tidak satu kali dalam sehari. Gunakan sikat lidah setelah menyikat gigi, baik pada pagi atau malam hari. Setelah menggunakan sikat lidah, kamu disarankan untuk menggunakan obat kumur non-alkohol atau berkumur dengan air hangat.

 

Itulah informasi mengenai manfaat menyikat lidah. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan gigi dan gusi, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar