icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Ketahui Manfaat Menyikat Lidah & Cara Membersihkannya/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Ketahui Manfaat Menyikat Lidah & Cara Membersihkannya

Manfaat Menyikat Lidah
dok. Freepik

Menyikat gigi bukanalah satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ada salah satu aktivitas yang kerap diabaikan, padahal aktivitas ini cukup penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Aktivitas yang dimaksud adalah menyikat lidah.

 

Ya, kebersihan lidah adalah hal yang tak kalah penting dari kebersihan gigi. Dr. Euan Swan dari Canadian Dental Association di Ottawa mengatakan kepada Canadian Living, permukaan lidah bisa menampung banyak bakteri. Kuman yang menumpuk di dalam lidah itu bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

 

Bahkan, bakteri yang terkurung dalam lidah bisa melakukan perjalanan ke bagian lain dalam mulut. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi serta penyakit gusi dan mulut. 

 

Karena alasan inilah, penting sekali bagi kita untuk membersihkan lidah secara rutin. Namun, apa saja manfaat menyikat lidah? Simak informasinya berikut ini.

 

Manfaat menyikat lidah

Selain dapat membersihkan kuman dan bakteri yang menumpuk di area lidah, ternyata menyikat lidah juga memiliki banyak manfaat. Setidaknya ada tiga manfaat menyikat lidah seperti dikutip dari Cleveland Clinic.

 

1. Meningkatkan indra perasa

Manfaat menyikat lidah yang pertama adalah meningkatkan indra perasa. Saat membersihkan lidah, kamu akan merasa lidah benar-benar terasa segar. Secara tidak langsung, hal ini akan membantu meningkatkan indra perasa ketika mengunyah makanan karena lidah tak bercampur dengan kotoran-kotoran yang menumpuk.

 

2. Napas jadi lebih segar

Seperti yang dibahas sebelumnya, lidah bisa menampung banyak bakteri. Kuman yang menumpuk di dalam lidah itu bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

 

Karena alasan ini, kita perlu menyikat lidah secara teratur. Studi klinis menunjukkan bahwa menyikat lidah dapat secara signifikan mengurangi jumlah bakteri jahat dan membuat napas menjadi lebih segar. 

 

3. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Menjaga kebersihan mulut sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Disebut demikian, karena menyikat lidah bisa menghilangkan bakteri berbahaya serta mencegah gigi berlubang. Nah, ketika aktivitas itu diabaikan, bakteri tersebut bisa menyebabkan masalah lain seperti penyakit jantung, kanker, dan lainnya

 

Cara membersihkan lidah dengan tongue cleaner