icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/6 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Setelah Ditambal Sementara/

6 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Setelah Ditambal Sementara

Cara Menghilangkan Rasa Ngilu Setelah Tambal Gigi
dok. Freepik

Gigi terasa sakit atau ngilu setelah prosedur tambal gigi sementara? 


Beberapa orang kerap merasakan gigi sakit setelah ditambal sementara. Jangan khawatir, hal ini normal terjadi kok. Namun, bagaimana cara mengatasinya? Simak artikel ini untuk tahu jawabannya ya!


Apa itu tambalan sementara?


Mengutip Healthline, tambalan gigi sementara merupakan perawatan sementara untuk memulihkan gigi yang rusak. Sesuai namanya, tambalan ini hanya bersifat sementara dan merupakan solusi perawatan semi permanen.


Tambalan gigi sementara biasanya dipilih dokter gigi pada kasus-kasus tertentu. Sebagai contoh, jika kamu memiliki gigi berlubang yang menyebabkan rasa sakit yang parah dan dokter gigi tidak sempat memasang tambalan permanen, maka dokter gigi akan memberikan tambalan sementara sebagai pertolongan darurat.


Baca juga: Tambalan Gigi Lepas? Jangan Panik & Simak Tips Mengatasinya!


Prosedur ini dipilih karena proses pengerjaannya yang relatif cepat. Menurut Healthline, tambalan sementara juga bisa digunakan pada kondisi-kondisi berikut ini:


1. Pemasangan mahkota gigi

Tambalan gigi sementara biasanya diberikan jika gigi berlubang membutuhkan mahkota gigi (sarung gigi yang dipasang di atas gigi). Tambalan gigi sementara berfungsi untuk melindungi gigi sampai mahkota siap dipasang.


2. Saat perawatan saluran akar gigi

Gigi yang sudah membusuk parah biasanya memerlukan perawatan saluran akar untuk menghilangkan bakteri dari dalam gigi. Nah, tambalan sementara biasanya diberikan saat sedang melakukan perawatan saluran akar gigi. Fungsi tambalan gigi sementara yaitu mencegah makanan dan bakteri masuk ke dalam lubang dan menyebabkan masalah gigi lebih lanjut.


Setelah saluran akar sembuh, dokter gigi akan mengganti tambalan sementara dengan tambalan permanen.


3. Menenangkan gigi sensitif

Jika gigimu sensitif, dokter akan memasang tambalan gigi sementara. Cara ini dilakukan untuk menenangkan saraf yang sensitif dan memungkinkan gigi sembuh sebelum tambalan permanen dipasang.


Prosedur tambal gigi sementara

Prosedur tambal gigi sementara biasanya lebih cepat dibanding tambalan permanen, terkadang membutuhkan waktu kurang dari 30 menit. Berikut ini beberapa langkah dalam prosedur tambal gigi sementara:


  • Pertama, dokter akan membuat gigi, gusi, dan area sekitarnya mati rasa dengan obat anestesi.
  • Selanjutnya, dokter akan menghilangkan semua kerusakan gigi menggunakan bor. Jika perlu, dokter juga akan melakukan perawatan saluran akar atau prosedur gigi lainnya.
  • Setelah itu, dokter gigi akan mencampur bahan tambalan dan menekan bahan tersebut ke dalam lubang dan menyebarkannya ke seluruh sudut gigi. Dokter juga akan menambah bahan tambalan hingga lubang penuh.
  • Langkah terakhir, dokter gigi akan menghaluskan bahan berlebih dan membentuk gigi.


Baca juga: Baru Selesai Tambal Gigi? Ini Perawatan yang Harus Dilakukan!


6 cara menghilangkan rasa ngilu setelah tambal gigi sementara

Salah satu efek samping tambal gigi sementara adalah gigi terasa sakit dan ngilu. Jangan khawatir, keluhan gigi yang ditambal terasa ngilu sebenarnya wajar saja. Umumnya, rasa sakit hanya berlangsung sementara dan akan hilang setelah satu atau dua hari.


Namun, mengapa setelah tambal gigi terasa ngilu? Gigi ngilu atau sakit setelah ditambal dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti reaksi alergi pada bahan tambalan, lubang gigi yang tidak dibersihkan secara menyeluruh, maupun lubang pada gigi yang sudah terlalu dalam.


Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sakit gigi setelah ditambal gigi sementara. Mengutip Medical News Today, berikut di antaranya:


  • Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas, seperti acetaminophen atau ibuprofen.
  • Gunakan salep topikal yang bisa membuat sakit gigi hilang untuk sementara.
  • Gunakan sikat gigi yang lembut untuk membersihkan gigi.
  • Hindari menggunakan pasta gigi yang mengandung bahan pemutih, sebab pasta gigi ini bisa memperburuk sensitivitas.
  • Jangan mengonsumsi makanan yang terlalu keras atau sulit dikunyah sementara waktu.
  • Hindari mengunyah di tempat gigi yang sedang ditambal.


Cara menghilangkan sakit gigi setelah ditambal sementara yang telah disebutkan di atas dapat dilakukan sebagai pertolongan pertama. Jika rasa sakit tak kunjung membaik setelah tiga hari atau bahkan rasa sakitnya bertambah parah dan menyebabkan kesulitan ketika mengunyah makanan, segera temui dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata. Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Temukan klinik Rata terdekat di sekitarmu!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk berkonsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Klik icon WhatsApp GRATIS Konsultasi di bawah layar untuk membuat jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata. Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar