icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Mulut Pahit saat Sakit? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya/

Mulut Pahit saat Sakit? Ternyata Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Mulut Pahit saat Sakit
dok. Freepik

Saat sedang sakit, beberapa dari kamu mungkin tak nafsu makan karena mulut terasa pahit bukan? Ya, mulut pahit saat sakit memang kerap membuat makanan dan minuman jadi terasa tidak enak. 


Lantas, mengapa mulut terasa pahit saat sakit? Dan bagaimana cara mengatasi mulut terasa pahit? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!


Penyebab Mulut Pahit saat Sakit

Saat sedang sakit, indra pengecap seperti lidah akan lebih peka terhadap rasa sakit. Hal ini terjadi karena saat infeksi, tubuh secara alami melepaskan protein bernama TNF-α (Tumor Necrosis Factor-α) untuk melawan kuman penyebab penyakit.


Lalu, mengapa mulut terasa pahit saat sakit? Seperti dikutip dari jurnal Science Daily, meningkatnya protein ini bisa memengaruhi indra pengecap. Akibatnya, makanan atau minuman akan terasa lebih pahit dari biasanya. Kondisi mulut terasa pahit atau terganggunya indra pengecap kerap disebut dysgeusia


Selain itu, mulut pahit saat sakit juga bisa disebabkan oleh obat atau suplemen yang kamu konsumsi. Setelah tubuh menyerap obat tertentu, sisa-sisa obat bisa diekskresikan ke air liur. Terlebih jika obat atau suplemen tersebut memiliki unsur pahit atau logam, hal ini bisa meninggalkan rasa pahit atau terasa logam di mulut.


Berikut ini ada beberapa jenis obat yang bisa meninggalkan rasa pahit di mulut, seperti dikutip dari Cleveland Clinic:


  • Antibiotik klaritromisin, metronidazole, dan tetrasiklin
  • Lithium yang digunakan untuk mengobati kondisi kejiwaan tertentu 
  • Methazolamide yang digunakan untuk mengobati glaukoma
  • Beberapa obat asam urat, seperti allopurinol
  • Beberapa obat hipertensi, seperti captopril
  • Beberapa obat diabetes, seperti metformin
  • Beberapa obat yang menyebabkan mulut kering, seperti antidepresan 
  • Vitamin dan suplemen yang mengandung seng, kromium, atau tembaga


Cara Mengatasi Mulut Pahit saat Sakit

Kondisi lidah atau mulut pahit saat sakit memang bisa membuat seseorang jadi tidak nafsu makan. Meski begitu, kamu tetap membutuhkan berbagai asupan zat gizi agar proses pemulihan lebih cepat. 


Agar selera makan bertambah, berikut ini ada beberapa cara mengatasi mulut pahit saat sakit yang bisa kamu lakukan:


1. Minum air lebih banyak

Cara ini bisa membantu kamu tetap terhidrasi, membantu meningkatkan rasa saat makan, dan menghindari mulut kering


2. Makan dalam porsi kecil dan sering

Selain bisa membantu menghindari kemungkinan perubahan rasa yang terjadi saat makan dalam porsi normal, cara ini juga bisa membantu tubuh tetap ternutrisi dengan baik.


3. Konsumsi makanan asam

Perbanyak mengonsumsi makanan asam, seperti buah jeruk, lemon, hingga yogurt. Makanan-makanan ini dipercaya bisa merangsang selera makan dan meningkatkan air liur sehingga baik dikonsumsi saat mulut terasa pahit. Tapi, jangan berlebihan ya! Sebab, makanan-makanan itu bisa memicu kenaikan asam lambung yang memperburuk kondisi mulut pahit. 


4. Jaga kesehatan mulut dan gigi

Rutin menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, mulai dari menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan flossing, hingga menyikat lidah. Cara ini dianggap bisa mencegah mulut terasa pahit saat sakit semakin buruk.


Itulah penjelasan mengenai penyebab mulut pahit saat sakit dan cara mengatasinya. Jika cara-cara ini sudah dilakukan, namun mulut tetap terasa pahit dalam waktu yang lama, sebaiknya konsultasikan dengan dokter ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, scaling gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi dan mulut kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar