icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Aligner Bisa Bikin Mulut Kering? Begini Cara Mengatasinya!/
Aligner Gigi 101

Aligner Bisa Bikin Mulut Kering? Begini Cara Mengatasinya!

Aligner Bisa Bikin Mulut Kering? Begini Cara Mengatasinya!
dok. Rata Indonesia

Aligner memang ampuh bagi kamu yang ingin meratakan gigi. Tapi, apakah benar aligner bisa membuat mulut kering? Simak beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya! 


Hayooo, siapa yang sekarang lebih pilih aligner Rata untuk meratakan gigi? Memang, saat ini penggunaan aligner tengah diminati masyarakat karena warnanya yang transparan dan tidak mengganggu penampilan. Selain itu, aligner juga dapat menjamin perawatan jauh lebih cepat dibandingkan behel, yakni 3 sampai 6 bulan* sesuai dengan kasus gigi pasien. 


Tidak hanya itu, penggunaan aligner dapat dibilang lebih menjaga kesehatan dan kebersihan gigi karena dapat dilepas pasang saat menggosok gigi. Selain itu, kamu juga dapat melepas aligner Rata saat makan dan minum, jadi jauh lebih nyaman! 


Tapi, tahukah kamu kalau penggunaan aligner itu ternyata dapat menyebabkan mulut kering? Tak dapat dipungkiri, memang salah satu efek yang dirasakan saat penggunaan aligner bisa menyebabkan mulut kering. 


Karena, dengan kita memasukkan benda asing ke dalam mulut, dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan gusi. Alhasil, mulut dan kelenjar ludah kita akan menghasilkan lebih sedikit air liur saat perawatan dan menyebabkan mulut jadi lebih kering. 


Lalu, apa saja sih yang menyebabkan produksi air liur berkurang? 


Terdapat beberapa penyebab yaitu sedang mengonsumsi obat-obatan, merokok, kebiasaan tidur dengan mulut terbuka, atau sedang perawatan aligner. 



Tips mengatasi mulut kering karena aligner gigi

Lalu, bagaimana caranya mencegah mulut kering saat menggunakan aligner?


Minum lebih banyak air 

Minum lebih banyak air dapat menjaga mulut kamu tetap segar dan terhidrasi dengan baik. Minum lebih banyak air juga mampu membujuk kelenjar ludah untuk mengeluarkan lebih banyak air liur. 


Selalu jaga kesehatan mulut 

Kamu dapat menerapkan oral hygiene yang baik, seperti gosok gigi dan flossing setelah makan dan minum. Bersihkan juga lidah kamu, sebagai tempat tumbuhnya bakteri berbahaya untuk berkembang biak. 


Jangan lupa melepas aligner saat makan dan minum 

Makan dan minum sambil menggunakan aligner dapat meningkatkan penumpukan bakteri. Apalagi mengkonsumsi minuman berwarna yang dapat mengubah warna aligner dan membuat bakteri menempel di aligner. Oleh karena itu, jangan makan dan minum selain air putih saat menggunakan aligner, yah! 


Hindari merokok dan batasi asupan kafein

Merokok dan kafein adalah penyebab utama mulut kering. Jadi, kamu disarankan mengurangi atau membatasi merokok dan jangan terlalu banyak mengonsumsi kopi dan teh saat perawatan aligner.



Tapi, jangan khawatir! Selama kamu mengikuti anjuran pakai aligner Rata dengan baik, akan mengurangi risiko dari iritasi dan pembengkakan gusi, yang dapat menyebabkan mulut kering. Jangan lupa juga untuk selalu menerapkan oral hygiene yang baik untuk menghilangkan komplikasi lain, seperti gigi berlubang, bau mulut, atau infeksi jamur. 


Jika terdapat masalah saat penggunaan aligner Rata, kamu dapat konsultasi bersama dokter gigi Rata secara GRATIS dengan menghubungi tim Rata. Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk Rata silakan kunjungi website www.rata.id atau follow Instagram @rata.id dan @shopatrata.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar