icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Penting! 5 Cara Menghentikan Pendarahan Setelah Pencabutan Gigi/

Penting! 5 Cara Menghentikan Pendarahan Setelah Pencabutan Gigi

cara menghentikan darah setelah cabut gigi
Envato Elements

Telah ditinjau secara medis oleh drg. Jessica Endriyana, M.Si. 


Pencabutan gigi merupakan tindakan bedah untuk mengeluarkan gigi dari soketnya. Biasanya, pencabutan gigi dilakukan karena kecelakaan, impaksi gigi, kerusakan gigi yang parah, atau penyakit gusi guna menghindari infeksi.


Pendarahan setelah pencabutan gigi adalah hal yang wajar. Menurut drg. Jessica Endriyana, umumnya pendarahan terjadi selama kurang lebih 30- 60 menit. Namun, jika hal ini berlangsung dalam kurun waktu yang lama, sepertinya kamu harus menghentikan keluarnya darah. 


Baca juga: Jangan Diabaikan! Ini Ciri-ciri Infeksi Setelah Pencabutan Gigi


5 Cara Menghentikan Darah Setelah Pencabutan Gigi

Setidaknya ada lima cara mudah yang dapat dilakukan untuk menghentikan darah setelah pencabutan gigi. Berikut informasinya lengkapnya! 


1. Gigit kapas

Kamu bisa menempelkan kapas di area gigi yang baru saja dicabut. Lalu, gigit kapas dengan lembut agar tidak bergeser.


Menggigit kapas dapat membantu menghentikan pendarahan sekaligus mencegah air liur tertelan bersama darah. Namun, berapa lama menggigit kapas setelah pencabutan gigi, sih? Setidaknya, kamu perlu mendiamkan kapas selama 30 menit hingga satu jam. Jika pendarahan masih terjadi, ganti dengan kapas baru sampai berhenti.


2. Kumur air garam 

Cara menghentikan pendarahan setelah pencabutan gigi lainnya bisa dilakukan dengan kumur air garam. Kumur dengan air garam diketahui dapat menyembuhkan soket setelah pencabutan gigi. Namun, kamu bisa melakukan cara ini setelah 24 jam gigi dicabut.


Caranya, larutkan setengah sendok garam ke segelas air hangat. Setelah itu, kumur selama 30 menit dan ulangi sebanyak 3–4 kali sehari dengan larutan air garam yang berbeda. 


Saat melakukan kumur air garam, hindari berkumur dengan keras, yah! Tidak hanya menghentikan darah, kumur air garam juga mampu mengurangi infeksi usai pencabutan gigi.


Baca juga: 7 Makanan yang Harus Dihindari Setelah Pencabutan Gigi 


3. Kompres air dingin

Sensasi dari air dingin dapat menyempitkan pembuluh darah yang terbuka setelah pencabutan gigi. Kamu bisa menggunakan air dingin untuk mengompres gigi dari bagian luar atau pipi.


Caranya, basahi kain dengan air dingin, lalu tempelkan pada kulit wajah yang berbatasan langsung dengan gigi. Diamkan selama 10–20 menit dan ulangi sampai merasa lebih nyaman.


4. Tidur dengan bantal yang lebih tinggi

Menjaga posisi kepala lebih tinggi dari jantung saat tidur juga bisa membantu menghentikan darah setelah pencabutan gigi. Kamu bisa menyusun bantal yang lebih tinggi saat beranjak tidur. Cara ini juga dapat mencegah darah tertelan bersama air liur.


5. Hindari penggunaan sedotan

Penggunaan sedotan setelah pencabutan gigi dikhawatirkan dapat melukai soket gigi yang masih terbuka. Selain itu, proses menyedot minuman dari sedotan juga dapat menghambat proses pembekuan darah.


Selain beberapa cara di atas, sebaiknya juga menghindari makanan atau minuman panas selama 24 jam setelah gigi dicabut. Hawa panas dari makanan atau minuman dapat menghambat pembekuan darah.


Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan tidak memainkan soket gigi yang sudah dicabut dengan lidah, terlebih mengorek-ngorek bekas pencabutan. Jika pendarahan setelah pencabutan gigi tidak berkurang selama lebih dari 24 jam segera kembali ke dokter gigi untuk mengetahui solusi yang paling tepat. 


Jika dalam waktu dekat ingin melakukan pencabutan gigi atau perawatan gigi dan mulut lainnya, kamu dapat mengunjungi klinik kami.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar