icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/7 Makanan yang Harus Dihindari Setelah Cabut Gigi/

7 Makanan yang Harus Dihindari Setelah Cabut Gigi

pantangan setelah cabut gigi
dok. Rata Indonesia

Apa yang baik dilakukan setelah cabut gigi? Menjaga kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Terdapat beberapa pantangan makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari terlebih dulu usai cabut gigi. Hal ini ditujukan untuk mempercepat pemulihan gusi dan bagian sekitarnya. 


7 pantangan makanan dan minuman setelah cabut gigi

Makanan dan minuman apa saja yang harus dihindari setelah cabut gigi? Simak daftar lengkapnya di bawah ini!


1. Makanan pedas 

Pantangan usai cabut gigi adalah mengonsumsi makanan pedas. Makanan pedas diketahui mampu memicu sensasi perih hingga iritasi di sekitar area cabut gigi. 


2. Makanan yang keras 

Jenis makanan yang keras dan renyah, seperti kerupuk, keripik kentang, dan makanan ringan lainnya akan lebih mudah tersangkut di area bekas operasi gigi. Kamu juga harus mengunyah lebih keras, padahal gusi sedang dalam masa pemulihan.


3. Makanan yang lengket

Jenis makanan yang lengket, seperti lemper, ketan, dan permen karet, lebih berisiko menempel pada area bekas cabut gigi dan membuatnya iritasi. Jadi, utamakan mengonsumsi makanan yang mudah ditelan terlebih dahulu.


4. Makanan dan minuman asam

Pantangan setelah cabut gigi selanjutnya, yaitu makanan dan minuman asam. Mengapa? Makanan dan minuman asam dapat membuat area bekas operasi gigi terasa perih. Sebagai alternatif, kamu bisa memilih jenis makanan yang rasanya tidak terlalu kuat atau menyengat.


5. Makanan atau minuman terlalu dingin atau panas 

Suhu ekstrem baik terlalu panas atau dingin dapat membuat nyeri pada gusi. Hal ini terjadi karena gigi menjadi lebih sensitif usai cabut gigi. 


Jadi, pastikan makanan atau minuman yang kamu konsumsi dalam kondisi suhu yang aman. Sebaiknya hindari sementara minum air es dan diganti dengan air putih biasa. 


6. Minuman bersoda

Minuman bersoda diketahui dapat memecah gumpalan darah yang mengisi bagian gusi usai cabut gigi. Faktanya, gumpalan darah ini berguna untuk menyembuhkan luka dan mencegah infeksi usai cabut gigi. 


Baca juga: Jangan Diabaikan! Ini Ciri-ciri Infeksi Setelah Cabut Gigi


7. Minuman beralkohol dan berkafein

Jika kamu pengonsumsi alkohol dan kafein sebaiknya hindari terlebih dahulu sampai kondisi gigi kamu membaik. Hal ini dikarenakan kandungan alkohol dan kafein dapat menghambat proses pemulihan. 


Alkohol dan kafein juga bisa membuat kamu kehilangan banyak cairan tubuh, karena mendorong produksi urin dan membuat lebih sering kencing. Padahal untuk saat ini, tubuh membutuhkan cairan yang cukup, agar lebih cepat pulih.


Baca juga: Berapa Biaya Cabut Gigi? Ini Kisarannya!


5 rekomendasi makanan dan minuman setelah cabut gigi

Untuk mengganti beberapa pantangan makanan setelah cabut gigi di atas, sebaiknya mengonsumsi makanan atau minuman sebagai berikut selama masa perawatan setelah cabut gigi.


1. Sup

Sup dengan bahan-bahan yang cenderung lebih empuk akan memudahkan kamu menelan makanan tanpa harus mengunyah lebih lama. Kandungan vitamin, mineral, dan air yang cukup tinggi juga membantu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh untuk pemulihan. 


2. Bubur

Malas makan usai cabut gigi merupakan hal yang wajar. Namun, kamu tetap membutuhkan sumber energi, seperti bubur. Kamu bisa menghaluskan semua bahan makanan menjadi bubur untuk dikonsumsi selama masa pemulihan. 


3. Kentang tumbuk

Selain bubur, kentang tumbuk juga bisa jadi alternatif makanan kamu. Kentang dilengkapi beragam nutrisi yang baik untuk proses pemulihan.  


4. Yoghurt

Tekstur lembut dari yoghurt menjadikan makanan ini aman untuk dikonsumsi. Yoghurt dilengkapi dengan banyak protein, vitamin, dan mineral yang ampuh dalam proses pemulihan gigi dan penyembuhan luka.


5. Telur orak-arik

Telur dikenal memiliki protein yang tinggi. Telur juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh, sehingga cocok sebagai makanan yang dapat membantu proses penyembuhan luka. Telur orak-arik merupakan pilihan olahan telur yang mudah dikunyah dan ditelan. 


Baca juga: Indra Meratakan Gigi dengan Aligner™ Rata, Tanpa Cabut Gigi 


Kapan boleh kembali makan usai cabut gigi? 

Setelah cabut gigi, mulut dan rahang mungkin terasa kebas karena pengaruh obat bius. Namun, biasanya akan hilang sendiri dalam beberapa jam, sehingga kamu tetap bisa makan usai cabut gigi. 


Akan tetapi, jika tidak ada komplikasi yang serius saat cabut gigi, kemungkinan sudah boleh makanan bertekstur lebih padat dalam 24 jam setelah cabut gigi. Ada baiknya, tanyakan langsung bagaimana perawatan terbaik setelah cabut gigi kepada dokter kamu. 


Perawatan yang tepat setelah cabut gigi 

  • Tetap sikat gigi dan flossing seperti biasa, namun tetap lebih berhati-hati 
  • Gunakan obat kumur antiseptik 2-3 kali sehari 
  • Minum obat anti nyeri atau antibiotik yang diresepkan oleh dokter 
  • Hindari aktivitas berat selama dua hari, hingga masa pemulihan berakhir 


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai perawatan cabut gigi? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan untuk indikasi sakit gigi yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


PURE Dental Aesthetic x Rata.id Menteng | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di Menteng? PURE Dental Aesthetic x Rata.id Menteng hadir sekitarmu!


Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.47, RT.1/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu atau mau book jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!  

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar