icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gigi Gingsul: Pengertian, Penyebab, Bahaya & Cara Merapikannya/

Gigi Gingsul: Pengertian, Penyebab, Bahaya & Cara Merapikannya

Cara Merapikan Gigi Gingsul
dok. Rata Indonesia

Gigi gingsul memang memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa orang menganggap kalau gigi gingsul bisa membuat senyum pemiliknya bertambah manis. Namun, ada juga yang beranggapan kalau gigi gingsul bisa mengganggu penampilan karena membuat gigi jadi terlihat tidak rata. 


Lalu, apa itu gigi gingsul? Berikut penjelasan lengkap mengenai gigi gingsul, mulai dari pengertian, penyebab, bahaya hingga cara merapikannya!


Apa Itu Gigi Gingsul?

Pengertian gigi gingsul adalah kondisi yang termasuk ke dalam salah satu jenis maloklusi gigi. Mengutip Healthline, maloklusi merupakan istilah medis untuk menggambarkan posisi atau susunan gigi dan rahang yang tidak sejajar.


Pada kasus gigi gingsul, gigi taring telat tumbuh. Ketika gigi taring telat tumbuh karena fase pergantiannya yang lama, maka jatah tempat untuk gigi taring baru kemudian terambil oleh gigi-gigi lain di sekitarnya.


Ketika gigi taring itu muncul ke permukaan, ruang untuk tumbuh sudah habis. Namun, karena gigi taring harus tetap tumbuh dan keluar permukaan, maka posisinya pun jadi tidak sejajar dengan gigi lain dan menjadi gingsul.


Penyebab Gigi Gingsul

Gigi gingsul disebabkan karena apa? Ada banyak sekali penyebab gigi gingsul, salah satunya adalah faktor genetik. Menurut sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, adanya gen bernama Pax9 yang menjadi alasan utama seseorang tidak memiliki gigi rata sejak lahir.

 

Para ahli medis di bidang ortodonti menjelaskan bahwa ketika sang ibu memiliki gigi rata dengan rahang yang kecil namun sang ayah mempunyai gigi yang besar, maka sang anak akan mewariskan rahang kecil dari ibunya dengan gigi besar dari ayahnya. Karena itu, kemungkinan besar sang anak akan memiliki gigi berantakan yang disebabkan oleh ukuran rahang yang tidak cukup untuk menampung gigi yang berukuran besar. 

 

Selain faktor genetik, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan gigi gingsul seperti:

  • Kebiasaan buruk di masa kecil seperti memakai dot bayi terlalu lama atau mengisap jempol
  • Tumor yang tumbuh di rahang atau mulut
  • Infeksi pada gusi
  • Cedera pada rahang sehingga menyebabkan susunan rahang tidak rata
  • Bibir sumbing
  • Perawatan gigi yang tidak dilakukan oleh tenaga medis sehingga menyebabkan malapraktik


Bahaya Gigi Gingsul

Gigi gingsul ternyata bisa membawa beberapa perubahan pada mulut. Apakah gigi gingsul itu bagus? Dalam beberapa kasus, kelainan susunan gigi ini bisa memicu timbulnya masalah pada gigi dan mulut. Misalnya, aktivitas makan jadi terganggu dan muncul rasa tidak nyaman saat mengunyah atau menggigit makanan. 


Selain itu, ada beberapa bahaya gigi gingsul lain. Mengutip WebMD, berikut di antaranya:


  • Pertumbuhan gigi jadi terhambat atau bahkan gigi tidak tumbuh sama sekali (impaksi)
  • Gigi menjadi sulit dibersihkan, sehingga meningkatkan risiko kerusakan gigi, gigi berlubang, dan penyakit gusi (gingivitis)
  • Ketegangan pada gigi, rahang, dan otot mulut yang otomatis meningkatkan risiko mengalami gigi tanggal


Cara Merapikan Gigi Gingsul

Bagaimana cara mengatasi gigi gingsul? Ada banyak sekali cara merapikan gigi gingsul, salah satunya dengan menggunakan Clear Aligner. Clear Aligner adalah teknologi terbaru yang bisa merapikan gigi tanpa mengganggu estetika. Dalam jurnal Clinical Limitation of Invisalign, Dr. Ling, seorang profesor di University of Western Ontario, Kanada, menyebutkan bahwa aligner terbuat dari bahan plastik bening dengan tekstur yang sangat tipis (kurang dari 1 mm).

 

Clear Aligner dipasang dengan memasukkan cetakan bening yang menyerupai bentuk jajaran gigi pasien di rahang atas dan bawah. Aligner gigi bekerja dengan cara melapisi gigi sekaligus memberikan tekanan secara perlahan pada setiap gigi pasien, hingga nantinya posisi gigi akan berubah perlahan menjadi rata. 


Gimana, tertarik merapikan gigi gingsul tanpa behel menggunakan Clear Aligner? Salah satu pilihan Clear Aligner yang terjamin adalah Rata. Clear Aligner dari Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Before-After Gigi Gingsul


Aligner Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). Namun, sebelum memulai perawatan aligner Rata, ada baiknya mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata ya. Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligner dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 

 

Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar