icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Ketahui Cara Kerja Clear Aligner untuk Meratakan Gigi/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Ketahui Cara Kerja Clear Aligner untuk Meratakan Gigi

Ketahui Cara Kerja Clear Aligner untuk Meratakan Gigi
dok. Rata Indonesia

Ingin memakai clear aligner tapi masih bingung dengan cara kerjanya? Saat ini, merapikan gigi dengan clear aligner memang lebih banyak dipilih masyarakat. Prosesnya yang lebih cepat ketimbang behel serta pemakaiannya yang lebih efisien jadi alasannya.


Dari segi harga pun, pemasangan aligner jauh lebih murah dibandingkan kawat gigi. Tak heran kalau saat ini ada begitu banyak klinik gigi yang menyediakan treatment merapikan gigi dengan aligner.


Nah, cara kerja aligner sendiri sebenarnya sangat berbeda dengan cara kerja behel. Jika behel gigi menggunakan kawat yang dipasang pada bracket untuk nantinya dikencangkan secara bertahap agar gigi bergerak ke posisi yang tepat, aligner justru lebih simpel.


Yuk, ketahui bagaimana cara kerja aligner merapikan gigi melalui ulasan berikut ini!


Proses Pencetakan Clear Aligner


Baik behel maupun aligner memiliki fungsi yang sama, yakni sama-sama merapikan gigi yang berantakan. Perbedaan keduanya hanya pada bentuk dan cara kerjanya saja.


Aligner terbuat dari bahan plastik medical grade yang berbentuk seperti cetakan gigi. Warnanya pun transparan sehingga hampir tidak terlihat oleh kasat mata. Aligner dapat dilepas pasang sesuai kebutuhan, misalnya saat makan maupun saat menggosok gigi.


Sebelum aligner dipasangkan ke gigi pasien, dokter akan melakukan pemindaian digital untuk mengetahui kondisi gigi pasien. Kemudian, foto gigi pasien dimasukkan ke dalam software sehingga bisa terlihat simulasi perubahan posisi gigi setelah kurun waktu tertentu.


Dari hasil pemindaian ini, proses pencetakan aligner gigi bisa langsung dilakukan dengan bantuan teknologi 3D scan. Selain itu, pasien juga bisa mengetahui berapa lama harus menggunakan aligner dan berapa banyak jumlah aligner yang harus digunakan.


Biasanya periode merapikan gigi dengan aligner hanya berlangsung sekitar 6 bulan, tapi bisa lebih lama tergantung dari konsistensi dan kedisiplinan pasien saat menggunakan aligner. Jika pasien disiplin dalam menggunakan aligner, proses meratakan gigi akan berjalan lebih cepat.


Cara Kerja Clear Aligner dalam Meratakan Gigi

Aligner didesain menyesuaikan susunan gigi pasien sehingga ketika dipasangkan ke gigi pasien, aligner akan langsung terpasang mengikuti susunan gigi si pemakai. Cara kerja aligner sendiri cukup simpel, yakni dengan memberikan tekanan lembut pada setiap gigi.


Dalam satu set aligner mampu menggerakkan gigi sebanyak 0,25 mm. Pergerakan ini akan mendorong gigi kamu ke posisi ideal yang sudah diprediksi oleh software. Sebagai informasi, setiap set aligner gigi telah memiliki nomor masing-masing yang berfungsi sebagai nomor urutan pemakaian. 


Setiap set aligner telah diprogram untuk menggerakkan gigi secara bertahap dan selama perawatannya, aligner akan diganti beberapa kali sesuai dengan perubahan dan pergerakan gigi. Biasanya, satu set aligner gigi dipakai selama 22 jam/hari selama 7 hari. Setelah 7 hari, kamu dapat menggantinya ke set berikutnya yang akan menggerakkan gigi secara perlahan namun pasti.


Bagaimana, semakin tertarik menggunakan aligner, alat perapi gigi selain behel? Yuk, konsultasikan masalah gigi kamu dengan dokter gigi Rata. Konsultasi bisa dilakukan secara online tanpa perlu datang ke klinik. Dokter gigi Rata akan mengecek kondisi gigi kamu dan memutuskan perawatan terbaik untuk kondisi gigi kamu saat ini.


Tunggu apalagi, yuk segera jadwalkan konsultasi online dengan dokter gigi dan cetak clear aligner kamu dengan dipandu oleh dokter gigi Rata! 


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar