icon
Rata
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Perbedaan Cara Kerja Kawat Gigi & Clear Aligners yang Wajib Diketahui!/

Perbedaan Cara Kerja Kawat Gigi & Clear Aligners yang Wajib Diketahui!

cara kerja kawat gigi
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana


Ingin memakai clear aligners™ tapi masih bingung dengan cara kerjanya? Saat ini, meratakan gigi dengan clear aligners™ memang lebih banyak dipilih masyarakat. Prosesnya yang lebih cepat ketimbang behel serta pemakaiannya yang lebih efisien jadi alasannya.


Dari segi harga pun, pemasangan aligner™ jauh lebih murah dibandingkan kawat gigi. Tak heran kalau saat ini ada begitu banyak klinik gigi yang menyediakan treatment meratakan gigi dengan clear aligners.


Namun, sebelum membahas cara meratakan gigi dengan aligner™, apakah kamu sudah familiar dengan apa itu clear aligners™? Aligner gigi adalah cara meratakan gigi tanpa behel atau kawat. Bentuknya transparan terbuat dari plastik BPA-free. Meski terbuat dari plastik, aligner™ terbilang kokoh dan fleksibel dalam meratakan gigi yang berantakan.


Baca juga: Bukan Sembarang Plastik, Ketahui Bahan Dasar Utama Aligner


Nah, cara kerja aligner™ sebenarnya sangat berbeda dengan cara kerja behel. Jika behel gigi menggunakan kawat yang dipasang pada bracket untuk kemudian dikencangkan secara bertahap agar gigi bergerak ke posisi yang tepat, aligner gigi justru lebih sederhana.


Yuk, ketahui bagaimana cara kerja alat untuk meratakan gigi yang satu ini!


Proses Pencetakan Clear Aligners™ 


Baik behel maupun aligner™ memiliki fungsi yang sama, yakni sama-sama meratakan gigi yang berantakan. Perbedaan keduanya hanya pada bentuk dan cara kerjanya saja.


Aligner™ terbuat dari bahan plastik medical grade yang berbentuk seperti cetakan gigi. Warnanya pun transparan, sehingga hampir tidak terlihat secara kasat mata. Clear aligners™ juga dapat dilepas pasang sesuai kebutuhan, misalnya saat makan maupun menggosok gigi.


Baca juga: 4 Tips Pakai Clear Aligners™ agar Lebih Nyaman


Sebelum aligner™ dipasangkan ke gigi pasien, dokter akan melakukan pemindaian digital untuk mengetahui kondisi gigi pasien. Kemudian, foto gigi pasien dimasukkan ke dalam software sehingga bisa terlihat simulasi perubahan posisi gigi setelah kurun waktu tertentu.


Dari hasil pemindaian ini, proses pencetakan aligner™ bisa langsung dilakukan dengan bantuan teknologi 3D scan. Selain itu, pasien juga bisa mengetahui berapa lama harus menggunakan aligner™ dan berapa banyak jumlah aligner yang harus digunakan.


Biasanya periode meratakan gigi dengan aligner™ hanya berlangsung sekitar 3-6 bulan*, tapi bisa lebih lama tergantung dari konsistensi dan kedisiplinan pasien saat menggunakan aligner™. Jika pasien disiplin dalam menggunakan aligner, proses meratakan gigi akan berjalan lebih cepat.


Cara Kerja Aligner Gigi, Alternatif Selain Behel dan Kawat

Clear aligners™ didesain menyesuaikan susunan gigi pasien sehingga ketika dipasangkan ke gigi pasien, aligner™ akan langsung terpasang mengikuti susunan gigi si pemakai. Cara kerja aligner gigi cukup sederhana, yaitu dengan memberikan tekanan lembut pada setiap gigi.


Dalam satu set aligner™ mampu menggerakkan gigi sebanyak 0,25 mm. Pergerakan ini akan mendorong gigi kamu ke posisi ideal yang sudah diprediksi oleh software. Sebagai informasi, setiap set aligner gigi telah memiliki nomor masing-masing yang berfungsi sebagai nomor urutan pemakaian. 


Setiap set aligner™ telah diprogram untuk menggerakkan gigi secara bertahap dan selama perawatannya, aligner™ akan diganti beberapa kali sesuai dengan perubahan dan pergerakan gigi. Berapa lama pemakaian aligner gigi? Biasanya, satu set aligner gigi dipakai selama 22 jam/hari selama 10-14 hari. Setelah itu, kamu dapat melanjutkan ke set berikutnya yang akan menggerakkan gigi secara perlahan, namun pasti.


Perbedaan Cara Kerja Kawat Gigi & Clear Aligners™  

Menurut drg. Jessica Endriyana, terdapat beberapa perbedaan cara kerja antara kawat gigi dan aligner™, salah satunya adalah secara durasi perawatan. Pemakai behel harus mengganti kawat setiap beberapa bulan sekali dan di tahap akhir memerlukan fiksasi kawat gigi karena gigi pasien belum stabil, sedangkan aligner™ dari awal perawatan sudah diatur tekanannya menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI). 


Jadi, pasien yang menggunakan aligner gigi sudah mengetahui dari awal durasi perawatan dan tekanan yang dibutuhkan. Selain itu, aligner gigi juga mematok biaya lebih terjangkau karena tidak memerlukan biaya kontrol setiap bulan dan ganti kawat seperti pengguna behel. 


Bagaimana, semakin tertarik menggunakan aligner™, alat perapi gigi selain behel? Yuk, konsultasikan masalah gigi kamu dengan dokter gigi kami. Konsultasi bisa dilakukan secara online tanpa perlu datang ke klinik. Dokter gigi kami akan mengecek kondisi gigi kamu dan memutuskan perawatan terbaik untuk kondisi gigi kamu saat ini.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai kesehatan gigi dan mulut atau perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Temukan klinik Rata terdekat di sekitarmu!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk berkonsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Tunggu apalagi, yuk segera jadwalkan konsultasi online dengan dokter gigi dan mulai journey meratakan gigi tanpa behel versi kamu!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar