icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Asal-usul Penyebab Gigi Gingsul & Cara Mengatasinya/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Asal-usul Penyebab Gigi Gingsul & Cara Mengatasinya

Faktor genetik merupakan salah satu penyebab gigi gingsul
dok. Rata Indonesia

Rata Family, pernah dengar istilah gigi gingsul? Atau bahkan kamu termasuk salah satu orang yang memiliki gigi gingsul? Pernahkah bertanya apa kira-kira penyebab gigi gingsul? 


Gigi gingsul adalah kondisi yang termasuk ke dalam salah satu jenis maloklusi gigi. Artinya, gigi tidak berada di tempat yang benar dan sejajar karena berbagai kondisi. Misalnya, kondisi rahang yang kecil atau ukuran gigi terlalu besar. Yuk, kenali lebih dalam tentang penyebab gigi gingsul dan cara mengatasinya. 


Gigi Gingsul Faktor Genetik

Gigi berantakan disebabkan oleh faktor genetik sudah dapat dibuktikan secara medis. Sebuah penelitian dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia mengungkapkan adanya gen bernama Pax9 yang menjadi alasan utama seseorang tidak memiliki gigi rata sejak lahir.

Para ahli medis di bidang ortodonti menjelaskan bahwa ketika sang ibu memiliki gigi rata dengan rahang yang kecil namun sang ayah mempunyai gigi yang besar, maka sang anak akan mewariskan rahang kecil dari ibunya dengan gigi besar dari ayahnya.


Karena itu, kemungkinan besar sang anak akan memiliki gigi berantakan yang disebabkan oleh ukuran rahang yang tidak cukup untuk menampung gigi yang berukuran besar. Faktor ukuran rahang terhadap kondisi gigi berantakan juga didukung oleh penelitian yang dilakukan pada 2004 dan dipublikasikan di dalam Journal of Human Evolution


Mengapa Bisa Gigi Gingsul?

Meskipun faktor genetik berpeluang besar menjadi salah satu penyebab gigi gingsul atau gigi tidak rata, masih ada beberapa faktor lain yang menyebabkan gigi berantakan, di antaranya:

- Kebiasaan buruk di masa kecil seperti memakai dot bayi terlalu lama atau mengisap jempol

- Tumor yang tumbuh di rahang atau mulut

- Infeksi pada gusi

- Cedera pada rahang sehingga menyebabkan susunan rahang tidak rata

- Bibir sumbing

- Perawatan gigi yang tidak dilakukan oleh tenaga medis sehingga menyebabkan malaprakti


Untuk mencegah tumbuhnya formasi gigi berantakan, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan sejak dini. Tetapi, upaya ini terbatas hanya untuk anak-anak yang pertumbuhan giginya masih berlanjut.


Salah satu cara untuk memastikan si kecil memiliki gigi rata adalah dengan mengurangi kebiasaan seperti terlalu sering memakai dot bayi atau mengisap jempol. Hentikan juga kebiasaan menggigit kuku pada anak-anak agar pertumbuhan giginya tidak bermasalah.


Cara Merapikan Gigi Gingsul atau Gigi Tidak Rata

Bagi orang dewasa yang giginya sudah tumbuh dengan penuh, tidak perlu minder karena gigi berantakan. Kamu bisa mencoba cara lain untuk memiliki gigi rata. Berikut tiga pilihan utama untuk mewujudkan impian memiliki gigi rata:


1. Kawat atau Behel Gigi

Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan kawat gigi. Pada umumnya, kawat gigi adalah pilihan pertama para dokter gigi untuk membentuk gigi rata pada pasien. Behel terbuat dari bracket metal kecil yang dihubungkan oleh kawat khusus. Fungsi dari kawat gigi adalah untuk memastikan formasi gigi rata setelah jangka waktu pemasangan tertentu. 


2. Prosedur Operasi

Pilihan terakhir untuk memiliki gigi rata idaman kamu adalah dengan prosedur operasi. Pilihan ini akan memberikan hasil gigi rata yang instan. Dokter gigi akan mengubah struktur gigi secara terkalkulasi dengan tujuan untuk memperbaiki gigi berantakan agar jadi lebih sejajar. Apabila susunan gigi terlihat penuh, maka akan ada gigi yang dicabut untuk membentuk barisan gigi rata. 


Clear Aligner

Pilihan bantuan gigi rata berikutnya adalah clear aligner atau aligner bening. Alternatif cara merapikan gigi gingsul ini menjadi semakin populer akhir-akhir ini. Clear aligner terbuat dari plastik bening dan tipis yang bertujuan untuk membuat gigi rata. Berbeda dengan kawat gigi, clear aligner tidak boleh dipakai saat makan ataupun saat sikat gigi. Pemakaiannya pun dibatasi setiap harinya.


Salah satu pilihan clear aligner yang terjamin adalah Rata. Clear aligner buatan Rata dibuat dengan bantuan Artificial Intelligence untuk menghasilkan produk yang pas dengan bentuk gigi setiap pasien.


Keunggulan lainnya adalah material yang digunakan pada aligner Rata terbuat dari medical-grade plastic dan BPA-free yang aman digunakan. Kamu pun bisa mendapatkannya mulai dari Rp 400 ribu per bulan. 


Beragam penyebab gigi gingsul, bermacam-macam pula cara untuk merapikan gigi. Yuk, wujudkan impianmu memiliki gigi rata dalam hitungan bulan dengan clear aligner dari Rata. 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar