icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Petunjuk Pemakaian Aligner/Perlukah Rutin Kontrol ke Dokter Gigi Saat Perawatan Aligner?/
Petunjuk Pemakaian Aligner

Perlukah Rutin Kontrol ke Dokter Gigi Saat Perawatan Aligner?

Perlukah Rutin Kontrol ke Dokter Gigi Saat Perawatan Aligner?
dok. Rata Indonesia

Seiring dengan kemajuan teknologi, kini ada cara baru untuk meratakan gigi. Tak lagi dengan behel atau kawat gigi, kamu bisa mendapatkan gigi yang rata dengan bantuan aligner. 


Aligner adalah sebuah perata gigi berwarna bening dengan bahan terbuat dari plastik. Perata gigi satu ini juga dapat dipasang sendiri oleh penggunanya sehingga sangat praktis dan efisien.



Dirancang dengan bantuan teknologi artificial intelligence (AI) serta dikembangkan oleh dokter gigi berpengalaman, aligner tidak menimbulkan rasa nyeri layaknya memakai behel. Keunggulan lainnya dalam memakai aligner adalah hemat waktu karena kamu tak perlu bolak-balik kontrol ke dokter gigi setiap bulannya.


Meski demikian, ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian saat ingin kontrol ke dokter gigi. Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini. 


Benarkah pakai aligner tidak perlu kontrol ke dokter gigi?


Jika pemakaian behel mengharuskan penggunanya untuk melakukan kontrol secara rutin, aligner justru sebaliknya. Salah satu kelebihan menggunakan aligner adalah pasien tidak perlu sering-sering kontrol ke dokter gigi.


Ya, konsultasi hanya cukup dilakukan satu kali saja, yakni saat first set visit (FSV) atau saat pertemuan pertama kali. Ketika FSV pun, pasien sebenarnya sudah menerima aligner mereka. Jadi, saat pertemuan FSV tersebut, pasien hanya akan diinfokan mengenai cara memakai, pergantian, cara membersihkan aligner serta dilakukan tindakan slicing apabila diperlukan.



Penting untuk diketahui bahwa sebelum FSV, pasien akan mendapatkan beberapa pasang aligner untuk dipakai selama periode perawatan. Semua setnya akan diterima dalam dua tahap pengiriman. Di tahap pertama, kamu akan mendapatkan aligner tiga sampai empat set aligner.


Setelah 21 hari kerja atau usai melakukan FSV, kamu akan mendapatkan sisa aligner hingga set nomor terakhir. Nah, dikarenakan pasien sudah mengantongi set aligner, lengkap dengan video mengenai proses pergerakan gigi dari awal hingga akhir, kamu tidak perlu keluar rumah lagi untuk konsultasi dan ganti set aligner. Yang perlu kamu lakukan adalah memberikan update mengenai kondisi gigi terkini dan mengirimkan fotonya secara online.


Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa kontrol saat sedang melakukan perawatan aligner. Kamu tetap bisa, menghubungi dokter gigi saat mengalami masalah pada aligner kamu.


Kondisi yang mengharuskan pasien untuk kontrol ke dokter gigi


Walaupun jarang terjadi, permasalahan bisa saja timbul saat periode pemakaian aligner. Aligner yang digunakan di mulut dan bersentuhan langsung dengan gigi memang dapat menimbulkan sejumlah masalah.


Berikut beberapa kondisi yang mengharuskan kamu untuk segera berkonsultasi dengan dokter gigi saat menggunakan aligner.

  • Alergi terhadap material aligner
  • Nyeri di gusi, pipi, lidah, dan bibir
  • Memerlukan aligner tambahan. Hal ini dapat disebabkan karena pasien tidak disiplin saat memakainya sehingga menambah durasi pemakaian aligner
  • Dibutuhkan penambahan ruang dalam lengkung rahang dengan tindakan slicing untuk memberikan ruang pada gigi agar bisa leluasa bergerak
  • Peningkatan volume air liur yang berlebihan atau kekeringan pada rongga mulut
  • Adanya perbaikan (refinement) terhadap aligner yang digunakan
  • Aligner rusak, patah, atau hilang
  • Aligner sakit dipakai, terlalu longgar atau tidak pas saat dikenakan


Itu dia penjelasan mengenai waktu yang tepat untuk menemui dokter gigi saat menggunakan aligner. Bagi Rata Family yang hendak menggunakan aligner, Rata menyediakan layanan konsultasi online melalui aplikasi pesan instan.


Sebelum konsultasi, kamu diharuskan membuat jadwal terlebih dahulu dengan customer service Rata. Setelah mendapatkan jadwal konsultasi, dokter gigi Rata akan mengecek kondisi gigi kamu dan membantu serta melakukan supervisi proses pembuatan aligner.


Kamu juga bisa melakukan cetak gigi di rumah yang akan dipandu oleh dokter gigi lewat video call, atau bisa langsung datang ke klinik Rata untuk melakukan scanning gigi. Selanjutnya, aligner akan langsung dibuatkan sesuai dengan hasil evaluasi dari dokter gigi Rata. Dalam kurun waktu dua minggu, kamu akan mendapatkan set aligner yang terdiri dari beberapa nomor. 


Semua proses ini dapat dilakukan dari rumah sehingga meminimalkan jumlah visit ke klinik. Bagaimana praktis dan efisien, bukan? Tunggu apalagi, yuk jadwalkan konsultasi untuk pembuatan aligner Rata sekarang!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar