icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Aligner untuk Anak, Solusi Meratakan Gigi Si Kecil yang Berantakan/

Aligner untuk Anak, Solusi Meratakan Gigi Si Kecil yang Berantakan

Aligner Gigi untuk Anak
dok. Rata Indonesia

Ditinjau secara medis oleh: drg. Jessica Endriyana, M.Si


Meratakan gigi dapat dilakukan sedini mungkin, bahkan saat masih usia anak-anak. Dengan perawatan yang lebih cepat, pertumbuhan gigi di masa mendatang akan berjalan lebih baik. Selain itu, si kecil juga akan merasa lebih percaya diri dengan penampilannya.


Hal inilah yang seharusnya menjadi perhatian para orang tua untuk secepatnya mengatasi masalah gigi si kecil. Salah satu solusi yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan pemakaian aligner gigi untuk anak agar pertumbuhan giginya menjadi lebih teratur. Namun perlu diingat, syarat pemakaian aligner gigi pada anak-anak adalah ketika gigi permanennya sudah tumbuh semua, ya!


Baca juga: Punya Gigi Crossbite, Ini Perubahan Gigi Sabhrina dalam 2 Bulan* Pakai Rata!


Menurut drg. Jessica Endriyana, M.Si, si kecil sudah bisa menggunakan Clear Aligners™ jika gigi permanen sudah erupsi semua. Namun, untuk beberapa kasus akan disesuaikan dengan analisa dokter, seperti jika masih ada gigi susu, tetap diperbolehkan untuk mulai menggunakan aligner gigi. Dokter akan melihat usia dentalis dari gigi pasien.


Aligner adalah alat untuk meratakan gigi dalam susunannya, yang dibuat dari bahan plastik medical grade. Alat perapi gigi ini cukup tipis sehingga sangat nyaman dan cocok digunakan oleh anak-anak.


Masih belum familiar tentang aligner gigi? Simak ulasan di bawah ini untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai aligner untuk anak!


Pemasangan Aligner Gigi untuk Anak


Aligner sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah gigi yang tidak rata. Perata gigi ini juga bisa digunakan oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Oleh karenanya, orang tua bisa mempertimbangkan penggunaan aligner untuk si kecil yang memiliki masalah gigi berantakan. Supaya kamu lebih mengenal fungsi aligner dan cara kerjanya dalam merapikan gigi tanpa behel, berikut keuntungan menggunakan aligner untuk anak.


1. Tidak menghambat aktivitas anak sehari-hari

Tidak seperti behel atau kawat gigi, pemakaian aligner jauh lebih praktis dan efisien. Aligner gigi yang bisa dilepas pasang tidak akan mengganggu aktivitas harian anak. Si kecil juga masih bisa mengonsumsi makanan kesukaannya.


Aligner dibuat berdasarkan kondisi gigi pasien sehingga dipastikan ukuran dan bentuknya mengikuti struktur gigi anak. Tak perlu khawatir bila aligner akan menghambat pertumbuhan gigi, karena aligner dirancang khusus sehingga mampu memberikan ruang untuk mengakomodasi gigi yang akan tumbuh nantinya.


2. Dibuat sesuai kebutuhan pasien

Aligner dapat memperbaiki beberapa masalah gigi, seperti masalah susunan gigi berjejalan, susunan gigi renggang, dan lengkung gigi yang sempit. Sebelum dipasangkan aligner, dokter akan terlebih dahulu mengecek kondisi gigi pasien dan baru setelahnya dokter akan menjadwalkan pencetakan gigi untuk kemudian dijadikan acuan dalam pembuatan aligner. 


Bisa dipastikan ukuran dan bentuk aligner akan mengikuti struktur gigi anak. Dengan begitu, si kecil akan merasa lebih nyaman saat menggunakan aligner.


3. Tidak akan mempengaruhi rutinitas menggosok gigi

Kamu mungkin mengira kalau aligner akan mengubah kebiasaan menggosok gigi si kecil. Padahal, si kecil yang menggunakan aligner dapat tetap menyikat gigi tanpa hambatan, sehingga kebiasaan menggosok gigi tetap bisa berjalan sesuai dengan semestinya.


Saat menggosok gigi, si kecil hanya perlu melepas aligner dan memasangnya kembali setelah kegiatan menggosok gigi selesai. Pada proses ini, aligner bisa ikut dibersihkan supaya tetap bersih dan higienis.


4. Dirancang untuk kenyamanan

Aligner sebagai alternatif meratakan gigi tanpa behel minim menimbulkan rasa sakit maupun tidak nyaman pada mulut. Tidak seperti kawat gigi yang menyebabkan sensasi tidak nyaman akibat gesekan kawat gigi. Bentuknya yang menyerupai gigi akan membuat pemakainya merasa seperti tidak sedang memakai alat perapi gigi.


5. Hemat waktu perawatan

Durasi pemakaian aligner gigi terbilang singkat karena tidak memakan waktu sampai bertahun-tahun. Umumnya, rata-rata pasien yang menggunakan alat perapi gigi ini hanya membutuhkan durasi pemakaian 3-6 bulan* saja. Tentunya ini sangat memudahkan anak-anak yang biasanya enggan menerima perawatan dalam jangka waktu lama.


Gigi anak-anak yang masih merupakan gigi susu cenderung lebih mudah untuk diatur dan diubah posisinya sehingga durasi perawatan mungkin akan berjalan lebih cepat. Bahkan prosesnya bisa lebih cepat jika si kecil bisa kooperatif saat menggunakannya.


Baca juga: Sering Lupa! Ini Cara Konsisten Pakai Aligner 20-22 Jam Sehari


Transparan dan hampir tidak terlihat memang menjadi alasan bagi anak untuk lebih memilih aligner. Terlebih, aligner bisa dilepas sehingga lebih mudah saat makan dan sikat gigi. 


Namun, karena aligner bisa dilepas, anak perlu disiplin yang tinggi dalam menggunakan aligner selama 20-22 jam/hari. Karena, jika tidak digunakan dengan benar, maka progress perawatan bisa terganggu. 


Aligner juga perlu dibersihkan secara teratur dan disimpan dengan benar saat tidak berada di dalam mulut. Hal yang sering terjadi pada pasien anak-anak adalah aligner rusak atau hilang. Jadi, Parents harus terus memantau pemakaian aligner si kecil yah!  


Bagaimana, tertarik memilih aligner untuk perawatan gigi anak? Kamu bisa menjelaskan tujuan utama si kecil menggunakan aligner! Edukasi sejak dini terkait sebab akibat tidak merawat gigi, akan membuat anak lebih rajin menggunakan aligner untuk merawat kesehatan giginya. 


Parents bisa melakukan konsultasi langsung dengan dokter gigi kami. Konsultasi dapat dilakukan secara online sehingga menguntungkan si kecil yang susah diajak ke dokter gigi. 


Kami juga menyarankan, jika si kecil menggunakan aligner dihimbau untuk kontrol setiap 2 bulan sekali tergantung kasus gigi dan instruksi dokter. Jadi, tunggu apalagi, yuk segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi si kecil dengan dokter gigi kami!


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat

Ingin berkonsultasi mengenai perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata untuk anak? Kunjungi Klinik Rata di sekitarmu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter gigi Rata!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


PURE Dental Aesthetic x Rata.id Menteng | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di Menteng? PURE Dental Aesthetic x Rata.id Menteng hadir sekitarmu!


Alamat: Jl. K.H. Wahid Hasyim No.47, RT.1/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10350


Lebih lengkap mengenai lokasi Klinik Rata di sekitarmu atau mau book jadwal konsultasi dengan dokter gigi Rata, silakan hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar