icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Aligner untuk Anak, Solusi Merapikan Gigi Si Kecil yang Berantakan/
Aligner Gigi 101

Aligner untuk Anak, Solusi Merapikan Gigi Si Kecil yang Berantakan

Aligner untuk Anak, Solusi Merapikan Gigi Si Kecil yang Berantakan
dok. Rata Indonesia

Meratakan gigi dapat dilakukan sedini mungkin, bahkan saat masih usia anak-anak. Dengan perawatan yang lebih cepat, pertumbuhan gigi di masa mendatang akan berjalan lebih baik. Selain itu, si kecil juga akan merasa lebih percaya diri dengan penampilannya.


Hal inilah yang seharusnya menjadi perhatian para orang tua untuk secepatnya mengatasi masalah gigi si kecil. Salah satu solusi yang bisa dilakukan orang tua adalah dengan pemakaian aligner gigi untuk anak agar pertumbuhan giginya menjadi lebih teratur. Namun perlu diingat, syarat pemakaian aligner gigi pada anak-anak adalah ketika gigi permanennya sudah tumbuh semua, ya!


Aligner bening atau yang biasa disebut clear aligner adalah alat untuk meratakan gigi dalam susunannya, yang dibuat dari bahan plastik medical grade. Alat perapi gigi ini cukup tipis sehingga sangat nyaman dan cocok digunakan oleh anak-anak.


Masih belum familiar tentang aligner gigi? Simak ulasan di bawah ini untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai aligner untuk anak!


Pemasangan Aligner Gigi untuk Anak


Aligner sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah gigi yang tidak rata. Perata gigi ini juga bisa digunakan oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Oleh karenanya, orang tua bisa mempertimbangkan penggunaan aligner untuk si kecil yang memiliki masalah gigi berantakan.


Supaya kamu lebih mengenal fungsi aligner dan cara kerjanya dalam merapikan gigi tanpa behel, berikut keuntungan menggunakan aligner untuk anak. 


1. Tidak menghambat aktivitas anak sehari-hari

Tidak seperti behel atau kawat gigi, pemakaian aligner jauh lebih praktis dan efisien. Aligner gigi yang bisa dilepas pasang tidak akan mengganggu aktivitas harian anak. Si kecil juga masih bisa mengonsumsi makanan kesukaannya.


Aligner dibuat berdasarkan kondisi gigi pasien sehingga dipastikan ukuran dan bentuknya mengikuti struktur gigi anak. Tak perlu khawatir bila aligner akan menghambat pertumbuhan gigi karena aligner dirancang khusus sehingga mampu memberikan ruang untuk mengakomodasi gigi yang akan tumbuh nantinya.


2. Dibuat sesuai dengan kebutuhan pasien

Aligner dapat memperbaiki beberapa masalah gigi, seperti masalah susunan gigi berjejalan, susunan gigi renggang, dan lengkung gigi yang sempit. Sebelum dipasangkan aligner, dokter akan terlebih dahulu mengecek kondisi gigi pasien dan baru setelahnya dokter akan menjadwalkan pencetakan gigi untuk kemudian dijadikan acuan dalam pembuatan aligner.


Bisa dipastikan ukuran dan bentuk aligner akan mengikuti struktur gigi anak. Dengan begitu si kecil akan merasa lebih nyaman saat menggunakan aligner.


3. Tidak akan mempengaruhi rutinitas menggosok gigi

Kamu mungkin mengira kalau clear aligner akan mengubah kebiasaan menggosok gigi si kecil. Padahal, si kecil yang menggunakan aligner dapat tetap menyikat gigi tanpa hambatan sehingga kebiasaan menggosok gigi tetap bisa berjalan sesuai dengan semestinya.


Saat menggosok gigi, si kecil hanya perlu melepas aligner dan memasangnya kembali setelah kegiatan menggosok gigi selesai. Pada proses ini, aligner bisa ikut dibersihkan supaya tetap bersih dan higienis.


4. Dirancang untuk kenyamanan

Aligner sebagai alternatif merapikan gigi tanpa behel minim menimbulkan rasa sakit maupun tidak nyaman pada mulut. Tidak seperti kawat gigi yang menyebabkan sensasi tidak nyaman akibat gesekan kawat gigi. Bentuknya yang menyerupai gigi akan membuat pemakainya merasa seperti tidak sedang memakai alat perapi gigi.


5. Hemat waktu perawatan

Durasi pemakaian aligner terbilang singkat karena tidak memakan waktu sampai bertahun-tahun. Umumnya, rata-rata pasien yang menggunakan alat perapi gigi ini hanya membutuhkan durasi pemakaian 3 hingga 6 bulan saja. Tentunya ini sangat memudahkan anak-anak yang biasanya enggan menerima perawatan dalam jangka waktu lama.


Gigi anak-anak yang masih merupakan gigi susu cenderung lebih mudah untuk diatur dan diubah posisinya sehingga durasi perawatan mungkin akan berjalan lebih cepat. Bahkan prosesnya bisa lebih cepat jika si kecil bisa kooperatif saat menggunakannya.


Bagaimana, tertarik menggunakan aligner untuk anak? Kamu bisa melakukan konsultasi langsung dengan dokter gigi dari Rata. Konsultasi ini juga bisa dilakukan secara online sehingga menguntungkan si kecil yang biasanya susah diajak ke dokter gigi.


Tunggu apalagi, yuk segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu dengan dipandu oleh dokter gigi Rata! 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar