icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Susunan Gigi Anak Berantakan? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Berikut!/

Susunan Gigi Anak Berantakan? Hindari 5 Kebiasaan Buruk Berikut!

kebiasaan penyebab susunan gigi anak berantakan
dok. Rata Indonesia

Saat anak masih memiliki gigi susu, mungkin saja tidak terlalu bermasalah jika susunan giginya cenderung berantakan. Namun, seiring berjalannya usia anak, bentuk mulut dan rahang akan berubah, begitu pun dengan susunan gigi mereka. 


Pada sebagian kasus, gigi anak akan tumbuh dengan optimal. Namun, beberapa ada kasus yang mana gigi anak bisa tumbuh berjejal. Perubahan ini biasa terjadi pada usia 3 hingga 6 tahun pertama.


Baca juga: Gigi Anak Berantakan: Ini Penyebab dan Pencegahannya!


Penyebab gigi anak berjejal 

Terdapat beberapa penyebab anak memiliki gigi susu yang tumbuh berjejal. Berikut faktor-faktor yang dapat mempengaruhi gigi mereka. 


1. Faktor genetik 

Faktor genetik merupakan alasan yang paling umum terjadi. Jika orang tua memiliki gigi berjejal, bisa saja mengakibatkan si kecil memiliki gigi susu yang tumbuh tidak sejajar. 


2. Mendorong lidah 

Kebiasaan mendorong lidah saat menelan makanan juga bisa menjadi faktor penyebab gigi anak tumbuh berjejal. Hal ini dapat mempengaruhi cara anak menggigit makanan dan mendorong gigi ke depan. Akibatnya, gigi susu menjadi tidak sejajar.


3. Memiliki gigi tambahan

Gigi tambahan atau biasa disebut gigi mesiodens mungkin saja muncul di antara dua gigi depan atas. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah perkembangan pada gigi lainnya, sehingga gigi tersebut sebaiknya dicabut.


Baca juga: Gigi Anak Tumbuh Berantakan? Ini Pentingnya Meratakan Gigi Sedini Mungkin! 


Kebiasaan buruk yang menyebabkan susunan gigi anak berantakan

Selain faktor di atas, terdapat beberapa kebiasaan buruk anak yang dapat menyebabkan susunan gigi berantakan pada anak sebagai berikut.


1. Mengemut jari 

Anak yang hobi mengemut jari sebenarnya tidak boleh dianggap sepele. Jika dibiarkan terus menerus, kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi struktur gigi anak hingga dewasa


Secara tidak sadar, gigi bagian atas akan terdorong ke depan. Sebaliknya, gigi bawah terdorong ke belakang. Dalam jangka panjang kondisi ini dapat menyebabkan gigi tonggos.


2. Menggigit bibir bawah 

Kebiasaan menggigit bibir bawah ternyata juga bisa menyebabkan gigi berantakan pada anak. Kebiasaan buruk ini juga menjadi salah satu penyebab gigi tonggos. 


3. Ngedot/ngempeng terlalu lama 

Terlalu lama menggunakan botol susu atau empeng dapat menimbulkan masalah gigi pada anak. Tidak hanya membuat gigi berantakan, gigi anak pun menjadi lebih rentan mengalami kerusakan. 


Penggunaan dot terlalu lama mampu mengubah bentuk rahang. Anak dalam masa pertumbuhan gigi, jika menggunakan empeng atau dot terus menerus dapat menyebabkan gigi maju dan merusak jaringan gigi.


Baca juga: Kelebihan Clear Aligners™ vs Kawat Gigi untuk Anak 


4. Menggunakan gigi mengigit benda keras 

Anak sering menggigit benda keras dengan gigi? Kebiasaan merobek kantong makanan, membuka tutup botol, atau benda keras lainnya bisa berdampak buruk pada pertumbuhan gigi. Kebiasaan ini bisa menimbulkan trauma gigi, yang pada akhirnya menyebabkan tepi gigi menjadi lemah bahkan mudah patah. 


5. Menggeratakkan gigi (bruxism)

Menggeretakkan gigi (bruxism) menjadi salah satu kebiasaan buruk yang membuat gigi anak mudah rusak. Kebiasaan ini biasa muncul saat anak mengalami stres atau cemas. Kasus ini juga bisa terjadi bagi anak yang memiliki gigitan tidak normal atau pun gigi tonggos

Selain mengetahui penyebab terjadinya gigi berantakan pada anak, Parents dapat mencegah tumbuhnya gigi berantakan dengan menggunakan aligner khusus anak. Kini, ada teknologi baru meratakan gigi tanpa behel dengan aligner yang terbuat dari plastik BPA Free. 


Clear Aligners Rata dapat digunakan mulai usia 8-13 tahun agar gigi anak dapat tumbuh lebih optimal pada tempatnya dan terhindar dari gigi berantakan. Aligner Rata memiliki kelebihan seperti durasi lebih cepat, yakni 4-9 bulan*, transparan, dan bisa dilepas pasang, sehingga kebersihan dan kesehatan gigi anak tetap dapat terjaga secara optimal. 


Untuk informasi lebih lanjut terkaitaligner gigi anak, silakan kunjungi Instagram @rata.id atau website rata.id.


Dapatkan PROMO RAMADAN BERKAH untuk ratain gigi sekarang! Ada DISKON s.d. 60%* dan 100% GRATIS konsultasi, yang bisa kamu dapatkan setiap pembelian Aligner™ Rata.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya! 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar