icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gigi Anak Berantakan: Ini Penyebab dan Cara Merawat Gigi Susu!/

Gigi Anak Berantakan: Ini Penyebab dan Cara Merawat Gigi Susu!

gigi anak tumbuh berantakan
dok. FreePik

Telah ditinjau secara medis oleh drg. Jessica Endriyana, M.Si.


Siapa sangka kalau tumbuhnya gigi susu yang kurang baik dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi permanen? Di kemudian hari, kondisi ini bisa memicu gigi berantakan pada anak. Kesehatan gigi susu ternyata sangat penting bagi pertumbuhan gigi permanen anak. Gigi susu sudah ada di dalam gusi bayi sejak bayi lahir dan biasanya muncul saat mereka berusia 6 bulan.


Pertumbuhan gigi anak 

Saat anak berusia 3 tahun, kemungkinan sudah memiliki gigi susu lengkap berjumlah 20 gigi. Susunannya adalah 4 gigi seri, 2 gigi taring, dan 4 gigi geraham di setiap rahang atas dan bawah. 


Nah, gigi susu sangat menentukan ruang yang tersedia untuk pertumbuhan gigi permanen. Gigi susu dapat membuat gigi permanen seseorang tumbuh berantakan atau tidak beraturan. 


Gigi susu yang tanggal lebih awal dapat membuat gigi permanen lebih bebas untuk tumbuh dan mengambil ruang gigi lain untuk tumbuh. Hal ini yang membuat gigi lainnya lebih sulit menemukan ruang untuk tumbuh dan membuat gigi berantakan


Baca juga: Ratain Gigi Berantakan Pakai Aligner™ Rata Gak Sampai Setahun? Ini Honest Review Riri! 


Gigi susu yang berlubang juga harus menjadi perhatian. Saat gigi susu bermasalah, gigi susu tidak dapat menempatkan gigi permanen di posisi yang ideal. Akibatnya, gigi permanen tumbuh bertumpuk dan tidak beraturan.


Gigi yang tumbuh berantakan kemudian sulit untuk dibersihkan dan berpotensi menyebarkan infeksi ke sekitar gigi lainnya. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan perawatan gigi dan mulut sedini mungkin, agar gigi permanen tumbuh sempurna. 


Penyebab lain gigi anak tumbuh berantakan


Mengapa gigi anak tumbuh berantakan? Beberapa faktor pemicu gigi berantakan pada anaki, antara lain:

  1. Faktor genetik dari orang tua 

  2. Durasi tanggalnya gigi susu (gigi susu lepas terlalu lama atau cepat)

  3. Kebiasaan buruk si kecil, seperti menggigit kuku, mengisap jempol, atau menggigit bibir.

Cara merawat gigi susu anak sejak bayi

Bagaimana cara agar gigi anak tumbuh rapi? Berikut beberapa tips untuk mencegah gigi anak tumbuh berantakan.


1. Perhatikan kesehatan gigi dan mulut anak


Kesehatan gigi dan mulut anak perlu diperhatikan sedini mungkin dan jangan lupa untuk memberikan perawatan gigi terbaik untuk mereka. Mulai bersihkan mulut bayi sejak beberapa hari setelah lahir dengan menyeka gusi bayi dengan kain bersih. Selanjutnya, gigi pertama bayi muncul sekitar 6 bulan, biasakan rutin membersihkan gigi setelah bayi menyusu dengan cara yang sama. 


2. Hindari kebiasaan mengedot botol

Ketika anak sudah berusia 6 bulan, juga dianjurkan untuk beralih dari botol dot ke cangkir. Si kecil bisa menggunakan sedotan untuk membantunya minum dan mencegah cairan menggenang di sekitar gigi. 


Yang perlu menjadi perhatian, jangan membiasakan memberikan susu di dalam dot untuk menidurkan bayi. Pasalnya, gula dari susu akan menempel pada bayi hingga berjam-jam dan mempengaruhi lapisan enamel yang berfungsi untuk melindungi gigi. 


3. Sikat gigi secara rutin sejak dini


Saat anak sudah beranjak besar, sekitar umur 3 tahun, mulai biasakan untuk menyikat gigi dengan sikat dan pasta gigi berfluoride dua kali sehari seukuran kacang polong. Selalu awasi pemakaian pasta gigi anak, jangan sampai berlebihan apalagi tertelan. 


Baca juga: Pengalaman Pakai Aligner™ Rata, Bryant Berbagi Solusi Gigi Berantakan Tanpa Behel


4. Konsultasi ke dokter gigi secara rutin


Untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut si kecil, silakan konsultasi kesehatan gigi dan mulut mereka setiap enam bulan sekali untuk mendeteksi dini masalah gigi dan mulut. Kamu bisa mengunjungi Klinik Rata dan mengajak si kecil untuk konsultasi dengan nyaman di sana. 


Selain konsultasi kesehatan gigi dan mulut, di Klinik Rata, kamu juga dapat konsultasi terkait penggunaan aligner untuk anak yang dapat meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, tanpa rasa sakit berlebih dan bisa dilepas pasang.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat


Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar