icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Catat! Ini Waktu Menyikat Gigi yang Benar/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Catat! Ini Waktu Menyikat Gigi yang Benar

Waktu Menyikat Gigi yang Benar
dok. FreePik

Menyikat gigi sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu mengenai waktu sikat gigi yang benar. Ya, sebagian dari kita mungkin melakukannya tanpa perhatian khusus atau bahkan asal menyikat saja.


Padahal, mengetahui informasi mengenai waktu menyikat gigi dan berapa kali sikat gigi dalam sehari adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan begitu, kerusakan gigi serta penyakit mulut pun dapat dicegah.


Kamu ingin tahu kapan waktu sikat gigi yang benar berdasarkan rekomendasi ahli? Simak informasinya di bawah ini ya!



Kapan sebaiknya menggosok gigi?

American Dental Association (ADA) merekomendasikan untuk menyikat gigi secara teratur dua kali sehari selama dua menit menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride


Lebih lanjut, ADA merekomendasikan untuk menggosok gigi pada pagi dan malam dengan memperhatikan beberapa hal berikut:


Menggosok gigi di pagi hari


Mengutip Healthline, beberapa ahli merekomendasikan untuk menggosok gigi di pagi hari setelah sarapan. Namun, ada baiknya kegiatan ini dilakukan sekitar 30 hingga 60 menit setelah sarapan ya! 


Alasannya, karena saat makan, pH air liur akan turun sehingga asam dalam rongga mulut akan meningkat. Nah, ketika aktivitas menggosok gigi dilakukan saat kondisi mulut bersifat asam, maka dapat berpotensi mengikis lapisan enamel gigi. 


Sambil menunggu waktu untuk menggosok gigi, kamu bisa membilas mulut dengan segelas air untuk mengurangi sifat asam yang dapat merusak gigi. 


Menggosok gigi di malam hari

Waktu menyikat gigi terbaik di malam hari adalah sebelum tidur. Alasannya, karena saat tidur, tidak ada aktivitas di dalam rongga mulut sehingga pH akan bersifat asam. Hal ini membuat aktivitas kuman dan bakteri dapat meningkat dua kali lebih cepat dibandingkan pada siang hari. 


Selain itu, air liur yang berfungsi sebagai self-cleansing juga akan berkurang. Dengan demikian, ketika meninggalkan aktivitas menggosok gigi sebelum tidur, kamu akan memberikan kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak di rongga mulut. Bakteri ini nantinya akan mengubah sisa makanan menjadi asam yang dapat melarutkan enamel gigi. Akibatnya, bisa timbul kerusakan gigi dan menyebabkan gigi berlubang


Sekarang sudah tahu kan kapan waktu sikat gigi yang benar? Menyikat gigi secara tepat dan teratur adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berbicara soal menjaga kesehatan gigi dan mulut, Rata Indonesia akan merilis produk inovasi terbaru yang efektif untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut


Produk inovasi ini juga memiliki teknologi yang tinggi dan telah terbukti secara medikal. Penasaran dengan inovasi terbaru yang akan dikenalkan Rata? Pantau terus informasinya di Instagram @rata.id atau @shopatrata ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar