icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Tidak Berkumur Setelah Sikat Gigi, Apa Efeknya?/

Tidak Berkumur Setelah Sikat Gigi, Apa Efeknya?

Tidak Berkumur Setelah Sikat Gigi
dok. Rata Indonesia

Rata Family, seberapa sering kamu berkumur setiap hari? 

 

Berkumur merupakan salah satu aktivitas untuk menunjang kebersihan gigi dan mulut. Biasanya, aktivitas ini dilakukan setelah menyikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan dan pasta gigi yang menempel.

 

Kendati demikian, ada anggapan bahwa berkumur setelah sikat gigi sebaiknya tidak dilakukan. Apakah benar tidak boleh berkumur setelah sikat gigi? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!


Efek berkumur setelah sikat gigi

Menurut situs Mental Floss, tidak berkumur setelah sikat gigi sebenarnya berdampak baik. Bahkan, hal tersebut juga bisa berdampak baik bagi kesehatan gigi kita. Dampak baik ini bisa muncul, sebab pasta gigi mengandung fluoride.

 

“Fluoride merupakan salah satu kandungan paling penting pada pasta gigi. Kandungan ini sangat membantu kesehatan mulut dengan memperkuat email gigi, membuatnya lebih tahan dari kerusakan gigi. Fluoride juga bisa mengurangi jumlah asam yang diproduksi oleh bakteri dalam gigi,” kata Dr. Nigel Carter, dokter gigi dan CEO dari UK’s Oral Health Foundation kepada Mental Floss

 

Dr. Nigel melanjutkan, berkumur segera setelah menyikat gigi bisa menyebabkan fluoride langsung menghilang dalam waktu singkat. Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk tidak berkumur setelah sikat gigi, namun meludahkannya saja.

 

Sayangnya, setelah menyikat gigi beberapa dari kamu mungkin ingin langsung membersihkan mulut. Terutama jika kamu sudah terbiasa berkumur setelah menyikat gigi. Bahkan, ada juga yang terbiasa menggunakan obat kumur untuk membersihkan mulut setelah sikat gigi. Namun, hal ini juga tidak disarankan karena kandungan fluoride yang ada di pasta gigi lebih tinggi dibanding pada obat kumur.  

 

Penggunaan obat kumur sendiri disarankan untuk dilakukan pada waktu lain, seperti setelah makan. Untuk lebih memaksimalkan manfaatnya, pastikan menggunakan metode gargling (berkumur dengan cara menengadahkan kepala dan menahan cairan di tenggorokan) saat berkumur.

 

Itulah penjelasan mengenai efek berkumur setelah sikat gigi. Jika kamu memiliki keluhan berkaitan dengan gigi dan mulut, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter gigi terdekat sedini mungkin, ya! Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi dan mulut yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website dan Instagram @rata.id untuk info lengkapnya ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar