icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/News/Twinda Rarasati Berbagi Tips Jalani Keseimbangan Hidup sebagai Perempuan Multiperan/
News

Twinda Rarasati Berbagi Tips Jalani Keseimbangan Hidup sebagai Perempuan Multiperan

Twinda Rarasati Berbagi Tips Jalani Keseimbangan Hidup sebagai Perempuan Multiperan
dok. Rata Indonesia

Bagaimana mendapatkan keseimbangan hidup sebagai perempuan multiperan di era masa kini? Twinda Rarasati berbagi empat tips penting saat menjadi bintang tamu pada IG live Rata.id yang bertepatan dengan International Women’s Day atau Hari Perempuan Sedunia.


Menurut Twinda, memang tak bisa dipungkiri bila stigma negatif masih sering didapatkan oleh perempuan. Seolah masih ada batasan-batasan yang diarahkan kepada para perempuan, seakan-akan kita harus memilih antara karier dan keluarga.


Sedangkan, jika kita memilih untuk menjalani keduanya, kita dituntut menjadi sempurna dengan multiperan sebagai anak, wanita karir, istri dan seorang ibu. Lalu, bagaimana menyikapi hal ini?


Keseimbangan hidup multiperan seorang perempuan menurut Twinda Rarasati



Tak ditampik, menjalani kehidupan multiperan memang terkadang melelahkan. Tapi, hal ini tidak menghentikan Twinda Rarasati, public figure yang sibuk menjadi pembawa acara, anak, dan seorang istri untuk memenuhi multiperan-nya sebaik mungkin. 


Beruntungnya, Twinda besar dengan keluarga yang suportif dan sadar akan kesetaraan gender. Dari kecil, ia dididik untuk menjadi perempuan mandiri yang nggak mudah bergantung dengan orang lain.


Jadi, gimana Twinda mencapai keseimbangan hidup dengan tuntutan multiperan sebagai perempuan? Ini dia, tipsnya!


1. Mencari pasangan dengan visi yang sama

Menurutnya, penting banget mencari pasangan yang memiliki visi sama dengan kita sebelum berkomitmen dan melanjutkan hubungan sebagai suami-istri. 


“Ngobrol serius deh sama pasanganmu sebelum nikah. Tanya dulu, boleh nggak kamu kerja pas udah nikah dan pandangan mereka tentang stigma-stigma lain tentang perempuan”, ujar Twinda dalam bincang-bincang di IG Live Rata.id bersama Co-Founder Rata, drg. Deviana Maria.


Membangun keluarga dan mengurus rumah adalah kewajiban kedua pasangan. Sehingga, seorang suami pun harus berkontribusi, seperti ikut membersihkan rumah. Berusahalah untuk menjadi open minded dan saling mengerti satu sama lain.


2. Mengutarakan kebutuhanmu saat membagi waktu antara diri sendiri dan keluarga

Bagi Twinda, me time berperan penting dalam mencapai tujuannya untuk meraih keseimbangan hidup sebagai perempuan. Meluangkan waktu untuk diri sendiri itu penting untuk kesehatan mental perempuan yang memiliki multiperan. Menghabiskan waktu dengan orang lain terkadang bisa jadi sangat melelahkan.


Karena itu, rutin punya me time untuk isi ulang energi dan mengenal lebih baik diri sendiri. Tapi, jangan menghilang tanpa kabar dan membuat orang disekitar kita panik ya. Karena itu, mengutarakan apa yang kita butuhkan itu juga penting.


3. Buat jadwal rutin

Membagi waktu antara kerjaan dan orangtua, nggak semudah yang kita bayangkan. Apalagi, buat pekerja freelance seperti Twinda yang nggak punya waktu kerja pasti dan sudah menjalani hidup baru dengan suami.


Sehingga, ia memastikan dirinya membuat jadwal rutin untuk bekerja dan menghabiskan waktu dengan orangtua. Walaupun nggak bisa bertemu secara langsung, setidaknya ia tetap berbicara dan keep in touch lewat telepon hampir setiap hari.


4. Merawat diri sendiri

Menjaga kesehatan dan merawat penampilan mampu meningkatkan kepercayaan diri kita. Terutama sebagai public figure seperti Twinda yang selalu tampil di media sosial. Ia memastikan untuk selalu menjaga kesehatan dari dalam dan luar.