icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Overbite (Gigi Tonggos): Before and After Treatment Tanpa Behel/

Overbite (Gigi Tonggos): Before and After Treatment Tanpa Behel

treatment before and after gigi tonggos overbite
dok. Rata Indonesia

Masalah terkait gigi dapat sangat beragam jenisnya, salah satunya adalah gigi tonggos (overbite). Sebelum mencari tahu solusi untuk memundurkan gigi tonggos, kenali dahulu penyebabnya, serta mengetahui kapan kamu harus ke dokter gigi untuk mulai menangani masalah gigi tonggos kamu. 

Apa Itu Gigi Tonggos (Overbite)?

Gigi tonggos juga dikenal sebagai gigitan berlebih (overbite) adalah kondisi di mana posisi gigi atas lebih maju dibandingkan dengan gigi bawah. Perbedaan jarak yang normal antara deretan gigi atas dan bawah biasanya tidak terlalu mencolok, tetapi dapat dianggap sebagai tonggos jika jaraknya lebih dari 2 mm.


Kamu dianggap memiliki gigi tonggos jika memiliki salah satu dari kondisi berikut:

  • Ukuran rahang atas lebih besar dari ukuran normal, sedangkan ukuran rahang bawah normal.

  • Ukuran rahang atas normal, tetapi ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal.


Baca juga: Gigi Tonggos (Overbite): Definisi, Penyebab, & Cara Mengatasinya


Penyebab Gigi Tonggos 

Penyebab gigi tonggos adalah ketidaksesuaian antara jumlah gigi dengan ukuran atau bentuk rahang, baik pada rahang atas maupun bawah. Kondisi ini menciptakan ruang yang terlalu besar di antara gigi atau ruang yang terlalu sempit.


Biasanya, gigi tonggos disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Namun, kondisi lain seperti bibir sumbing juga dapat menyebabkan posisi gigi menjadi tidak normal dan mengakibatkan gigi tonggos.


Selain faktor genetik, ada beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan ukuran dan bentuk rahang tidak sesuai, yaitu:

  1. Kebiasaan mengisap jempol saat masih balita.

  2. Kebiasaan mengisap dot atau botol susu setelah usia 3 tahun.

  3. Kehilangan gigi, sehingga posisi gigi lainnya bergeser.

  4. Pertumbuhan gigi dengan posisi yang tidak normal.

  5. Kebiasaan menggertakkan dan menggesekkan gigi (bruxism).

  6. Cedera yang menyebabkan patah rahang.

  7. Tumor pada mulut atau rahang.


Semua kondisi ini dapat mempengaruhi bentuk dan ukuran rahang, serta menyebabkan gigi kamu tonggos (overbite).


Baca juga: Jacintha Gak Nyesel Pilih Aligner™ Rata Dibandingkan Behel


Kapan Kamu Harus ke Dokter Gigi untuk Konsultasi Kasus Gigi Tonggos?

Segera periksakan diri ke dokter jika gigi tonggos menyebabkan kamu kesulitan makan atau sering mengalami sariawan. Selain itu, kamu juga sebaiknya mengunjungi dokter gigi jika gigi tonggos sudah mulai mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri kamu!


Cara Memundurkan Gigi Tonggos Tanpa Behel



Tahukah kamu bahwa kamu tidak perlu menggunakan kawat gigi atau behel dalam jangka waktu yang lama untuk memundurkan gigi tonggos kamu! Kini, adalah pilihan alternatif untuk memundurkan gigi tonggos tanpa behel, yaitu dengan Aligner™ Rata!


Clear Aligners™ Rata terbuat dari plastik bening dan tipis aman dan lebih nyaman digunakan dibanding behel. Berbeda dengan kawat gigi, Clear Aligners™ Rata tidak dipakai saat makan ataupun saat sikat gigi. Meski begitu, lepas pasang aligner Rata sangat fleksibel dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, loh!


Gimana, tertarik memundurkan gigi tonggos kamu menggunakan Clear Aligners™ Rata? Clear Aligner™ Rata bisa memundurkan gigi kamu dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Before and After Treatment Tanpa Behel untuk Gigi Tonggos


Cek galeri before and after treatment tanpa behel untuk memperbaiki gigi tonggos berikut, yuk! Foto-foto di bawah adalah real testimonials dari Happy Customers Rata yang telah menyelesaikan perawatan mengatasi gigi tonggos dengan cara yang lebih nyaman.