icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Gigi Tonggos (Overbite): Definisi, Penyebab, & Cara Mengatasinya/

Gigi Tonggos (Overbite): Definisi, Penyebab, & Cara Mengatasinya

Gigi Tonggos Overbite
dok. Rata Indonesia

Selain menurunkan rasa percaya diri, gigi tonggos juga kerap membuat pemiliknya jadi kesulitan menutup mulut. Jika kamu memiliki masalah gigi seperti ini, jangan khawatir karena gigi tonggos masih bisa diperbaiki. Untuk itu yuk simak penjelasan lengkap mengenai gigi tonggos, mulai dari definisi, penyebab, hingga cara mengatasinya!


Apa Itu Gigi Tonggos?

Gigi tonggos dikenal dengan istilah gigitan berlebih (overbite). Gigi tonggos adalah kondisi ketika posisi gigi atas lebih maju dibandingkan gigi bawah. Secara medis, kondisi ini merupakan salah satu jenis maloklusi gigi. Istilah ini menggambarkan gigi yang tidak sejajar atau bengkok. 


Biasanya beda jarak yang normal antara deret gigi atas dengan bawah tidak terlalu kentara, namun dapat dikatakan tonggos (overbite) jika berjarak lebih dari 2 mm. Seseorang dikatakan memiliki gigi tonggos, jika memiliki salah satu dari kondisi berikut:


  • Ukuran rahang atas lebih besar dari ukuran normal, tapi ukuran rahang bawah normal.
  • Ukuran rahang atas normal, tapi ukuran rahang bawah lebih kecil dari normal.


Penyebab Gigi Tonggos

Apa penyebab gigi tonggos? Dalam beberapa kasus, gigi overbite disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik. Ini terjadi karena bentuk rahang merupakan warisan turunan genetik yang memengaruhi keselarasan gigi. Selain faktor genetik, gigi tonggos juga bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari.

 

Berikut ini beberapa penyebab gigi tonggos seperti dikutip dari Cleveland Clinic:

 

  • Sering mengisap jempol
  • Menggunakan dot, terutama setelah usia 3 tahun
  • Menggigit kuku secara berlebihan
  • Menggertakkan gigi (bruxism)
  • Tongue-thrusting (posisi lidah di dalam mulut yang terlalu mendorong gigi ke depan)


Mengapa Gigi Tonggos Perlu Diperbaiki?

Meskipun tampak seperti masalah estetika, ternyata gigi tonggos bisa menyebabkan berbagai komplikasi, khususnya pada anak kecil. Perlu dicatat bahwa seberapa parah komplikasinya tergantung pada seberapa maju rahang atau gigi kamu.

 

Berikut ini beberapa komplikasi jika gigi tonggos tidak diperbaiki:

 

  • Berpengaruh pada proses pernapasan
  • Kesulitan atau rasa sakit saat mengunyah
  • Penyakit gusi
  • Nyeri rahang atau gangguan temporomandibular (TMD)
  • Kerusakan gigi atau gigi berlubang
  • Gangguan pengucapan


Cara Mengatasi Gigi Tonggos

Bagaimana cara memperbaiki gigi tonggos? Ada banyak sekali metode yang bisa dilakukan untuk membuat gigi overbite maju kembali ke posisi normal. Semua metode perawatan ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.


Dari sekian banyaknya metode perawatan, salah satu metode yang bisa mengatasi gigi tonggos tanpa behel adalah Clear Aligner™. Bagi yang belum familiar, Clear Aligner™ adalah perawatan untuk meratakan gigi terkini, solusi alternatif selain behel atau kawat gigi. 

 


Alignergigi terbuat dari bahan plastik bening dengan tekstur yang sangat tipis (kurang dari 1 mm). Tidak seperti behel, Alignergigi didesain transparan sehingga tidak akan mengganggu penampilan. Cara kerja Aligner sendiri dinilai jauh lebih nyaman dan tidak menyakitkan. Jika behel merapikan gigi dengan menarik gigi ke posisi yang benar dengan bantuan kawat, Clear Aligner merapikan gigi dengan memberi tekanan dari luar dan dalam.


Tertarik menggunakan metode ini untuk meratakan gigi tonggos? Salah satu pilihan Clear Aligner™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligner Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Foto Before-After Gigi Tonggos


Aligner Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligner dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 

 

Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligner gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar