icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Berapa Biaya Merapikan Gigi?/

Berapa Biaya Merapikan Gigi?

berapa biaya merapikan gigi
dok. Rata Indonesia

Memiliki gigi yang tidak rata terkadang menjadi permasalahan tersendiri. Maka dari itu, prosedur untuk membuat gigi berantakan menjadi rata perlu dilakukan oleh dokter gigi spesialis ortodonti agar hasilnya lebih maksimal. Namun, bagaimana dengan harganya? Jangan Khawatir, berikut informasi lengkap tentang kisaran biaya merapikan gigi yang perlu kamu siapkan.


Kisaran harga merapikan gigi

Pakai behel

Salah satu solusi merapikan rata yang paling banyak dicari orang adalah menggunakan behel. Secara umum, terdapat 4 jenis behel yang dibanderol dengan harga yang berbeda, yaitu behel damon, behel keramik, behel transparan, dan behel metal. Lalu, berapa biaya perawatan gigi ini? Harga behel untuk merapikan gigi cukup beragam berdasarkan jenis behel yang dipilih.


Baca juga: Lama Pakai Behel? Aligner Bisa Lebih Cepat, Loh. Ini Rahasianya!


Behel metal bisa menjadi pilihan buat kamu yang sedang mencari biaya meratakan gigi yang paling murah, mulai dari Rp 3 juta sampai Rp 12 juta. Behel metal masih menggunakan bracket berbahan logam dan karet yang selain tidak nyaman dikenakan, juga sangat mengganggu penampilan. 



Kalau kamu sangat peduli dengan penampilan, kamu bisa memilih behel transparan agar gigi rata, tetapi siapkan modal yang cukup mahal sekitar Rp 20 juta. Ada juga behel keramik yang berwarna putih menyerupai gigi, jadi tidak begitu mengganggu penampilan kamu. Biaya merapikan gigi dengan jenis behel ini dimulai dari Rp 8 juta sampai Rp 15 juta.


Terakhir, ada behel damon yang tidak lagi menggunakan karet atau pita, melainkan klip logam yang bisa mengunci secara otomatis sehingga rasanya lebih nyaman dan bisa lebih cepat membuat gigi rata. Namun, harganya lebih mahal dibandingkan jenis behel lainnya, yaitu sekitar Rp 30 juta. 


Selain biaya behel itu sendiri, kamu juga perlu menyiapkan biaya konsultasi dokter gigi ortodonti selama pemakaian behel (umumnya 2 tahun) setiap bulannya. Biaya konsultasi ini berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu per sesi. Jadi, bila kamu memilih behel termurah, kamu pun akan mengeluarkan setidaknya Rp12 juta untuk mendapatkan gigi rata dengan behel. 


Pakai clear aligner 

Selain opsi pemasangan behel, kamu bisa menggunakan clear aligner untuk meratakan gigi. Bedanya, clear aligner bisa dilepas ketika kamu lagi makan, minum, atau membersihkan gigi. Tentunya solusi gigi rata yang lebih nyaman dan praktis, bukan?


Di Indonesia, terdapat beberapa pilihan clear aligner yang mungkin membuat kamu bingung harus pilih yang mana. Mari kita teliti harga untuk mendapatkan gigi rata dengan clear aligner.


Dilansir dari berbagai sumber, harga merapikan gigi dengan clear aligner umumnya bisa mencapai Rp 60 juta, di mana opsi yang paling murah sekitar Rp 30 juta. Harga merapikan gigi tanpa behel dengan cara ini tergantung pada kondisi struktur gigi, brand, hingga klinik penyedia clear aligner. Harga clear aligner memang lebih mahal dibandingkan harga pemasangan behel untuk mendapatkan gigi rata karena clear aligner menawarkan kepraktisan yang tidak bisa kamu temukan saat menggunakan behel.


Baca juga: Perbedaan Aligner dan Behel


Pakai Rata

Karena harga clear aligner cukup mahal, lantas adakah clear aligner yang berkualitas tetapi dengan harga yang lebih ekonomis? Jawabannya ada.



Rata hadir sebagai solusi untuk membuat gigi rata menjadi kenyataan. Clear aligners dari Rata menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan biaya pasang behel untuk merapikan gigi maupun clear aligner dari brand lain. Dalam waktu 3-6 bulan, gigi rata akan menghiasi senyum indahmu. 


Harga aligner Rata tersedia dari beberapa jenis paket mulai dari Rp5,9 juta sudah termasuk gratis konsultasi online dan offline selama masa perawatan, dan bebas ongkir ke seluruh Indonesia.Kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan retainer gratis sebagai perawatan gigi lanjutan, ketika treatment pemakaian clear aligners Rata sudah selesai. Tidak perlu khawatir! Seluruh prosedur perawatan gigi, mulai dari konsultasi hingga pembuatan clear aligners disupervisi langsung oleh dokter gigi berpengalaman.


Yuk dapatkan Rata clear aligner sekarang juga untuk membuat gigi rata dengan cepat!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar