icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Bolehkah Makan dan Minum saat Sedang Pakai Aligner Gigi?/
Aligner Gigi 101

Bolehkah Makan dan Minum saat Sedang Pakai Aligner Gigi?

Bolehkah Makan dan Minum saat Sedang Pakai Aligner Gigi?
dok. Rata Indonesia

Baru akan mencoba pakai aligner gigi dan masih bingung dengan cara kerjanya? Cara menggunakan aligner gigi cukup praktis karena kamu bisa melepas dan memasangnya kapan saja sesuai dengan kebutuhan.


Aligner juga tidak akan menghambat aktivitas harianmu karena perata gigi ini dirancang khusus menyerupai bentuk dan posisi gig. Dengan begitu, kamu tidak akan terganggu selama menggunakanannya. Dengan perapi gigi ini, kamu masih bisa berkegiatan seperti biasa serta makan dan minum makanan favorit.


Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan pemakaian aligner gigi saat makan dan minum. Bagaimanapun, alat perata gigi yang digunakan tidak sesuai dengan ketentuan dapat merusak aligner dan mengubah warnanya menjadi kusam.


Ketahui aturan pemakaian aligner saat makan dan minum berikut ini.


Aturan Penggunaan Aligner Saat Makan dan Minum

Meski dapat dilepas pasang, pemakaian aligner harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan. Terdapat beberapa aturan yang wajib dipatuhi pasien saat menggunakan perapi gigi satu ini, khususnya ketika makan dan minum. Apa saja?



1. Aligner hanya boleh digunakan saat minum air putih

Aligner boleh tetap digunakan hanya ketika kamu minum air putih. Itu pun harus air putih yang bersuhu normal dan dingin. Jika kamu penggemar berat kopi, teh, dan minuman berwarna lainnya disarankan untuk melepas alat perapi gigi ini saat meminumnya apabila tak ingin warna aligner menjadi kusam.


2. Lepas aligner saat makan

Saat makan, aligner gigi tidak dianjurkan untuk dipakai karena mengunyah makanan dengan kondisi aligner masih terpasang hanya akan merusak bentuk aligner. Risiko makanan terselip di dalam aligner juga besar terjadi.

Jika sudah begini, penumpukan plak pada gigi tak akan bisa terhindari. Oleh karenanya, bila tak ingin hal ini sampai terjadi, sebaiknya lepas aligner sesuai dengan anjuran dokter.


3. Tempatkan aligner pada wadahnya agar tetap steril

Aligner yang sedang dilepas harus ditempatkan di wadahnya guna menjaga aligner tetap steril. Hindari menaruhnya di tempat sembarangan karena dapat menyebabkan aligner mudah kotor. Apalagi jika menyimpan perata gigi ini di dalam tas begitu saja sehingga berisiko tergesek dengan benda lain.

Selalu bawa wadah aligner ke mana pun kamu pergi dan simpan aligner di wadah tersebut saat kamu sedang melepasnya. Pastikan kamu membersihkan wadah aligner secara rutin agar tidak ada kuman atau bakteri yang menempel di permukaannya.


4. Pasang kembali aligner setelah makan dan minum

Jangan biarkan gigimu terlalu lama berpisah dengan aligner. Sebab idealnya aligner harus digunakan sesering mungkin, yakni selama 20-22 jam. Aligner yang sering dilepas pasang akan menyebabkan durasi perawatan gigi mundur dari waktu yang sudah ditentukan.

Maka dari itu, setelah selesai makan dan minum, aligner harus kembali digunakan agar waktu perawatan gigi tidak terbuang percuma.


Namun, pastikan gigi yang akan dipasangkan aligner dalam kondisi bersih dan tidak akan sisa makanan yang menempel.

Jika perlu, kamu bisa menggosok gigi terlebih dahulu sebelum kembali menggunakan aligner. Saat menggosok gigi, aligner juga bisa ikut dibersihkan agar kebersihannya tetap terjaga.


Itu dia beberapa aturan aligner saat makan dan minum yang harus dipatuhi oleh pasien. Jika kamu masih memiliki banyak pertanyaan mengenai aligner, kamu bisa melakukan konsultasi online dengan dokter gigi Rata.


Tunggu apalagi, yuk segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu dengan dipandu oleh dokter gigi Rata! 


komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar