icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Jangan Terlalu Sering Dikonsumsi, Ini 6 Makanan yang Membuat Gigi Kuning/

Jangan Terlalu Sering Dikonsumsi, Ini 6 Makanan yang Membuat Gigi Kuning

Makanan yang Membuat Gigi Kuning
Envato

Rata Family, pasti kamu setuju kan kalau gigi kuning bisa mengganggu penampilan? Terlebih saat kamu bertemu dengan orang lain, hal ini bisa membuat kepercayaan diri jadi menurun.


Penyebab gigi kuning sendiri sangat beragam. Mulai dari faktor usia, kebersihan gigi dan mulut yang kurang terawat, kebiasaan buruk dalam merawat gigi, hingga makanan dan minuman yang kamu konsumsi sehari-hari. Nah, jika kamu sedang dalam proses perawatan memutihkan gigi, ada baiknya menghindari penyebab gigi kuning tersebut, ya.


Minuman dan makanan yang membuat gigi kuning

Secara khusus, ada makanan dan minuman tertentu yang perlu kamu perhatikan. Makanan dan minuman ini harus dihindari karena bisa menodai gigi dan membuat proses pemutihan menjadi tidak maksimal. Apa sajakah makanan dan minuman itu?


1. Kopi

Kopi memang bisa meningkatkan stamina dan mencegah kantuk. Namun sayangnya, kandungan tanin yang ada di dalam kopi bisa menyebabkan plak pada permukaan gigi hingga menyebabkan gigi berubah warna menjadi kecokelatan. Selain itu, tanin juga membuat pH pada kopi menjadi rendah atau bersifat asam. Kondisi ini bisa melunakkan email gigi, sehingga gigi jadi makin mudah untuk disusupi zat warna.


Baca juga: 3 Cara Mengatasi Gigi Kuning yang Paling Ampuh & Cepat


2. Teh

Selain kopi, teh juga harus dihindari karena bisa membuat gigi kuning, terutama jenis teh hitam. Dibanding jenis teh lain (seperti teh hijau, teh herbal dan teh putih), teh hitam banyak mengandung tanin. Nah, kandungan tanin inilah yang bisa menodai gigi dan membuat gigi kuning.


3. Wine

Apakah kamu penggemar wine? Jika iya, hindari mengonsumsi minuman ini selama melakukan perawatan memutihkan gigi, ya! Alasannya, karena wine mengandung asam tannic yang bisa menyebabkan timbulnya bintik-bintik cokelat pada gigi. Terlebih jika kamu sering minum wine, hal ini bisa membuat gigi lebih cepat menguning.


4. Buah bit

Meski mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, namun buah ini harus dihindari saat setelah melakukan perawatan memutihkan gigi. Alasannya, karena buah berwarna merah gelap keunguan ini bisa menyebabkan gigi kuning. Warna yang terdapat pada buah bit sendiri sangat kuat untuk menodai gigi, terlebih dalam bentuk jus.


5. Kari

Jika kamu penggemar kari, tampaknya kamu harus menghindari makanan ini sementara. Meski rasanya lezat, namun kari memiliki kandungan asam tinggi yang membuat gigi kuning. Dengan intensitas warnanya yang kuat, tidak heran jika banyak makan kari bisa menyebabkan noda menempel pada gigi.


Baca juga: Efek Samping Bleaching Gigi, Apa Saja yang Perlu Diwaspadai?


6. Saus tomat

Makanan yang membuat gigi kuning lainnya adalah saus tomat. Makanan ini memiliki pigmen warna yang bisa membuat bekas noda tertinggal pada permukaan gigi. Oleh sebab itu, makanan ini harus dihindari karena bisa membuat gigi menjadi lebih kuning. 


Itulah enam minuman dan makanan yang membuat gigi kuning. Usahakan untuk menghindari keenam jenis makanan dan minuman tersebut selama kamu sedang dalam proses memutihkan gigi, ya. Dengan begitu, hasil perawatan gigi dapat memberikan hasil seperti yang diinginkan.


Tertarik untuk memiliki gigi putih alami? Di Klinik Rata kamu dapat melakukan perawatan memutihkan gigi dengan harga terjangkau, loh. Tenang saja! Perawatan gigi ini akan disupervisi dan dilakukan oleh dokter gigi yang berpengalaman. Buat jadwal untuk konsultasi dokter gigi sekarang, yuk!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar