icon
Rata
Homepage/Artikel/Aligner Gigi 101/Hal-hal yang Sering Terjadi saat Pertama Kali Pakai Clear Aligner, Wajar Kok!/

Hal-hal yang Sering Terjadi saat Pertama Kali Pakai Clear Aligner, Wajar Kok!

Hal-hal yang Sering Terjadi saat Pertama Kali Pakai Clear Aligner, Wajar Kok!
dok. Rata Indonesia

Beberapa tahun belakangan ini, merapikan gigi menggunakan Clear Aligner tengah ramai dibicarakan. Banyak masyarakat memilih metode ini sebagai solusi merapikan gigi, karena prosesnya yang lebih cepat dibandingkan behel atau kawat gigi.


Nah, apakah kamu berencana menggunakan Clear Aligner dalam waktu dekat? Jika iya, penting untuk mengetahui informasi soal pemakaian Clear Aligner. Terlebih, hal-hal apa saja yang akan terjadi saat memakai Clear Aligner untuk pertama kali.


Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan berikut ya!


Ini Hal yang Sering Terjadi saat Pertama Kali Pakai Aligner Gigi

Ada beberapa hal yang sering saat pertama menggunakan Clear Aligner. Menurut Head of Orthodontist Rata, drg. Nadya Saputri Halim, beberapa hal ini sangat wajar sehingga tidak perlu dikhawatirkan.


“Seperti yang kita tahu, bahwa ini (Clear Aligner) adalah benda asing yang dimasukkan ke dalam mulut. Jadi, apabila menghadapi beberapa hal ini, kamu tidak perlu ragu dan takut,” terang dr. Nadya.


Lantas, hal-hal apa sajakah itu?


1. Gigi menjadi ngilu

Hal pertama yang sering terjadi saat memakai aligner adalah gigi menjadi ngilu atau sensitif. Menurut dr. Nadya, jika kondisi ini terjadi, kamu tidak perlu cemas atau khawatir. Sebab, kondisi kerap terjadi pada pengguna baru Clear Aligner. 


2. Perubahan pada kondisi di dalam mulut



Selain gigi menjadi sensitif, ada beberapa kondisi lain yang sering pada pengguna baru Clear Aligner; seperti air liur bertambah, mulut menjadi lebih kering, hingga sariawan. 


Pada umumnya, sariawan ini muncul di dalam rongga mulut karena adanya gesekan antara jaringan lunak mulut dengan bagian-bagian aligner. Namun, jangan khawatir, karena lambat laun kondisi ini akan segera membaik, kok!


“Setelah pemakaian aligner dalam waktu 3 hingga 7 hari, kondisi ini akan membaik dengan sendirinya,” tegas dr. Nadya. 


Masih bingung? Ada baiknya Rata Family tonton penjelasan dr. Nadya di sini:


https://www.youtube.com/watch?v=ymFn1AW1k5A&list=PLmMXe4n2wAtEmqd3YZg37sLI-T85ffb5e&index=6 


Itu dia informasi mengenai hal-hal yang sering terjadi saat pertama kali memakai aligner. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar pemasangan Clear Aligner, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi Rata! 


Menariknya, konsultasi dengan dokter gigi Rata bisa dilakukan secara online, lho! Kamu jadi tidak perlu repot-repot keluar rumah hanya untuk konsultasi. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak aligner gigi kamu dengan dipandu oleh dokter gigi Rata!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar