icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Estimasi Biaya Crown Gigi Terbaru/

Estimasi Biaya Crown Gigi Terbaru

Biaya Crown Gigi
dok. Envato

Sebelum memasang crown gigi, ada baiknya kamu mengetahui estimasi biaya crown gigi di klinik gigi atau rumah sakit. Sebab, biaya pemasangan crown gigi bisa bervariasi tergantung wilayah, jenis perawatan, dan fasilitas yang digunakan. Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan budget yang sesuai dengan kebutuhan perawatan gigi ini.


Jika kamu mau memasang crown gigi dan ingin mengetahui informasi lebih detail mengenai kisaran biaya crown gigi, yuk simak informasi lengkapnya dalam artikel ini!


Baca juga: Crown Gigi: Definisi, Fungsi, Jenis, hingga Prosedurnya


Apa yang Dimaksud Crown Gigi?

Mengutip situs Cleveland Clinic, crown gigi atau dental crown adalah prosedur pemasangan selubung gigi palsu di atas gigi yang rusak, patah, hingga busuk. Crown gigi atau yang kerap disebut mahkota gigi tiruan digunakan untuk mengembalikan bentuk, ukuran, kekuatan, hingga memperbaiki tampilan gigi. 


Fungsi Crown Gigi

Apa fungsi crown gigi? Crown gigi sebetulnya memiliki banyak fungsi. Seseorang mungkin memerlukan crown gigi karena beberapa alasan, seperti:


  • Melindungi gigi yang rapuh (seperti pembusukan) agar tidak patah atau untuk menjaga gigi yang rapuh agar tetap utuh jika ada bagian yang retak
  • Memulihkan gigi yang patah atau rusak parah
  • Merestorasi atau menopang gigi dengan tambalan yang besar dan tidak banyak gigi yang tersisa
  • Menahan dental bridge (jembatan gigi) di tempatnya
  • Merestorasi gigi yang rusak atau berubah warna (kuning atau hitam)
  • Merestorasi implan gigi
  • Merestorasi gigi yang telah dirawat perawatan saluran akar 


Jenis-jenis Mahkota Gigi

Crown gigi dapat dibuat dari berbagai bahan. Simak jenis-jenis crown gigi berdasarkan bahan yang digunakan berikut ini:


1. All-ceramic atau all-porcelain

Salah satu keuntungan mahkota gigi ini adalah warnanya yang terlihat sama persis seperti gigi asli. Karena tampilannya yang estetik, crown gigi jenis ini kerap direkomendasikan sebagai restorasi untuk gigi depan. Selain itu, crown gigi yang satu ini juga lebih cocok untuk kamu yang memiliki alergi terhadap logam.


2. Porcelain fused to metal (PFM)

Restorasi menggunakan bahan PFM ini sangat baik apabila kerusakan gigi asli cukup banyak. Crown gigi dengan bahan ini menggunakan lapisan metal di bagian dalam dan bahan porselen di lapisan luarnya, sehingga estetik warna gigi dapat tercapai, meski level estetiknya di bawah all-ceramic atau all-porcelain. Keuntungannya adalah bahan ini kuat, namun kekurangannya adalah setelah pemakaian beberapa waktu, lapisan metal di permukaan dalam bisa berbayang di sekitar tepi gusi. 


3. Resin

Crown gigi yang satu ini merupakan jenis yang paling terjangkau dibandingkan crown jenis lain. Kendati demikian, bahan ini sangat rentan terhadap kerusakan dan keausan, maka dari itu hanya bisa digunakan untuk crown sebagian atau sering disebut dengan onlay. 


Baca juga: Di Klinik Rata Bisa Pasang Crown Gigi Juga, Cek Pengalaman Aul!


Biaya Crown Gigi

Biaya pemasangan crown gigi sangat bervariasi di setiap tempat karena dipengaruhi oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang menentukan biaya pemasangan crown gigi adalah jenis bahan pembentuknya. 


Biaya crown gigi depan maupun geraham juga akan berbeda karena bentuk atau kerusakannya. Selain itu, biaya crown gigi di setiap tempat juga bisa menawarkan harga yang berbeda-beda karena menyesuaikan jenis perawatan dan fasilitas yang digunakan. 


Adapun kisaran biaya crown gigi terbaru 2023, yaitu mulai dari Rp1.000.000,- hingga Rp8.000.000,- per gigi. 


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Sedang mencari klinik gigi terdekat untuk pasang crown gigi atau ingin berkonsultasi mengenai perawatan meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata? Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi, seperti pembersihan karang gigi, memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligner Rata.


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar