icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Crown Gigi: Definisi, Fungsi, Jenis, hingga Prosedurnya/

Crown Gigi: Definisi, Fungsi, Jenis, hingga Prosedurnya

Crown Gigi
dok. Envato

Ditinjau secara medis oleh: drg. Natasia Kohar


Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan salah satu kegiatan yang penting dilakukan untuk terhindar dari berbagai kerusakan. Namun, bagaimana jadinya jika gigi sudah terlanjur rusak? Jangan khawatir, kamu bisa melakukan berbagai cara untuk mengatasi kerusakan gigi salah satunya dengan memasang crown gigi. 


Lantas, apa itu prosedur crown gigi? Simak informasi lengkap mengenai pengertian, fungsi, jenis, hingga prosedur pemasangan crown gigi dalam ulasan berikut ini!


Apa Itu Crown Gigi?

Mengutip situs Cleveland Clinic, crown gigi atau dental crown adalah prosedur pemasangan selubung gigi palsu di atas gigi yang rusak, patah, hingga busuk. Crown gigi atau yang kerap disebut mahkota gigi tiruan digunakan untuk mengembalikan bentuk, ukuran, kekuatan, hingga memperbaiki tampilan gigi. 


Baca juga: Di Klinik Rata Bisa Pasang Crown Gigi Juga, Cek Pengalaman Aul!


Fungsi Crown Gigi

Apa fungsi crown gigi? Crown gigi sebetulnya memiliki banyak fungsi. Seseorang mungkin memerlukan crown gigi karena beberapa alasan, seperti:


  • Melindungi gigi yang rapuh (seperti pembusukan) agar tidak patah atau untuk menjaga gigi yang rapuh agar tetap utuh jika ada bagian yang retak
  • Memulihkan gigi yang patah atau rusak parah
  • Merestorasi atau menopang gigi dengan tambalan yang besar dan tidak banyak gigi yang tersisa
  • Menahan dental bridge (jembatan gigi) di tempatnya
  • Merestorasi gigi yang rusak atau berubah warna (kuning atau hitam)
  • Merestorasi implan gigi
  • Merestorasi gigi yang telah dirawat perawatan saluran akar 


Jenis-jenis Mahkota Gigi

Crown gigi dapat dibuat dari berbagai bahan. Simak jenis-jenis crown gigi berdasarkan bahan yang digunakan berikut ini:


1. All-ceramic atau all-porcelain

Salah satu keuntungan mahkota gigi ini adalah warnanya yang terlihat sama persis seperti gigi asli. Karena tampilannya yang estetik, crown gigi jenis ini kerap direkomendasikan sebagai restorasi untuk gigi depan. Selain itu, crown gigi yang satu ini juga lebih cocok untuk kamu yang memiliki alergi terhadap logam.


2. Porcelain fused to metal (PFM)

Restorasi menggunakan bahan PFM ini sangat baik apabila kerusakan gigi asli cukup banyak. Crown gigi dengan bahan ini menggunakan lapisan metal di bagian dalam dan bahan porselen di lapisan luarnya, sehingga estetik warna gigi dapat tercapai, meski level estetiknya dibawah all-ceramic atau all-porcelain. Keuntungannya adalah bahan ini kuat, namun kekurangannya adalah setelah pemakaian beberapa waktu, lapisan metal di permukaan dalam bisa berbayang di sekitar tepi gusi. 


3. Resin

Crown gigi yang satu ini merupakan jenis yang paling terjangkau dibandingkan crown jenis lain. Kendati demikian, bahan ini sangat rentan terhadap kerusakan dan keausan, maka dari itu hanya bisa digunakan untuk crown sebagian atau sering disebut dengan onlay


Prosedur Pemasangan Crown Gigi

Pemasangan crown gigi biasanya dilakukan dalam dua kali kunjungan. Namun, dalam beberapa kasus, pemasangan crown gigi juga bisa dilakukan dalam satu hari kunjungan. 

 

Berikut ini beberapa langkah prosedur pemasangan crown gigi yang dilakukan dalam dua kali kunjungan seperti dikutip dari Cleveland Clinic:

 

  • Pada kunjungan pertama, gigi yang akan dipasangkan mahkota akan diperiksa terlebih dahulu oleh dokter gigi. Pemeriksaan x-ray akan dilakukan. 
  • Jika pada gigi tersebut terdapat pembusukan dan berisiko infeksi atau luka pada pulpa gigi, maka diperlukan perawatan saluran akar terlebh dahulu. 
  • Selanjutnya, dokter gigi akan melakukan preparasi gigi (pengasahan) untuk menyiapkan space agar nantinya crown bisa dipasangkan ke gigi tersebut. Setelah proses pengasahan selesai, dokter gigi akan melakukan pencetakan dan mengirimkan ke laboratorium dental untuk proses pembuatan crown selama 1-2 minggu. Sementara itu, dokter akan memberikan mahkota sementara untuk melindungi gigi. 
  • Pada kunjungan kedua, mahkota sementara akan dilepas dan diganti dengan mahkota permanen. Sebelumnya, dokter gigi akan memastikan apakah mahkota cocok dengan gigi kamu. Jika fitting, warna, estetik, dan fungsinya sudah sesuai, maka mahkota permanen akan ditempel dan disesuaikan gigitannya.  

 

Berapa Lama Crown Gigi Bisa Bertahan?

Umumnya, crown gigi bertahan 5-15 tahun. Masa pakai crown gigi ini bergantung pada jumlah keausan mahkota, seberapa baik kamu mengikuti praktik kebersihan mulut, dan kebiasaan yang terkait dengan mulut. Kebiasaan yang terkait dengan mulut mencakup hal-hal seperti:

 

  • Menggeretakkan gigi
  • Mengunyah es
  • Menggigit kuku
  • Menggunakan gigi untuk membuka kemasan

 

Baca juga: Daftar Lengkap Perawatan Gigi di Klinik Rata

 

Itulah penjelasan mengenai crown gigi. Jika kamu ingin memasang crown gigi guna menutup gigi yang rusak, patah, atau busuk, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi agar dokter bisa melakukan perawatan yang tepat. Salah satu yang bisa kamu datangi adalah Klinik Rata. 


Di Klinik Rata, kamu bisa melakukan berbagai perawatan gigi yang dibutuhkan. Mulai dari perawatan untuk memperbaiki kerusakan gigi, perawatan ortodontik, hingga perawatan untuk meratakan gigi secepat 3-6 bulan* dengan Clear Aligners Rata.


Rata juga memiliki tim dokter gigi profesional yang akan membantu memperbaiki kondisi kesehatan gigi kamu. Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata!


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar