icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Estimasi Biaya Rontgen Gigi di Rumah Sakit, Klinik Gigi, dan Laboratorium/

Estimasi Biaya Rontgen Gigi di Rumah Sakit, Klinik Gigi, dan Laboratorium

biaya rontgen gigi
dok. Envato

Rontgen gigi adalah prosedur medis untuk mengambil gambar bagian dalam gigi dan gusi menggunakan sinar radiasi gelombang elektromagnetik atau x-ray. Prosedur ini biasa dilakukan oleh dokter gigi dan ahli bedah mulut untuk melihat keadaan gigi, tulang, dan jaringan halus pembentuk gigi yang tidak terlihat dari pemeriksaan fisik.


Hasil foto rontgen dapat menunjukkan lubang pada gigi, struktur gigi yang tersembunyi (seperti gigi bungsu), dan pengeroposan tulang. Rontgen juga biasa dilakukan untuk mendeteksi risiko kista, tumor, atau abses pada mulut.  


Baca juga: Gigi Bungsu Tumbuh Miring, Berbahaya atau Tidak?


Berapa biaya rontgen gigi?

Untuk biaya rontgen gigi di Indonesia pun cukup bervariasi. Umumnya, biaya rontgen gigi tergantung dari lokasi dan paket yang dipilih.


Biaya rontgen gigi di laboratorium

Tidak hanya di rumah sakit atau klinik gigi, kamu bisa melakukan rontgen gigi di laboratorium. Kisaran biaya rontgen gigi di laboratorium adalah Rp250.000,- hingga Rp500.000,-. 



Biaya rontgen gigi di Puskesmas 

Untuk biaya rontgen gigi di Puskesmas, kamu cukup menyediakan dana sekitar Rp120.000.-. Namun, mungkin saja bisa bertambah dengan biaya pembacaan hasil rontgen. Ada baiknya, jika kamu juga mempersiapkan biaya tambahan untuk ini, ya.


Biaya rontgen gigi di rumah sakit 

Jika kamu ingin melakukan rontgen gigi di rumah sakit, kisaran biaya layanan tersebut dimulai dari Rp150.000,- bahkan hingga Rp300.000,- tergantung dari paket yang dipilih. 


Biaya rontgen gigi di klinik gigi 

Namun, bagi kamu yang ingin mencari biaya rontgen gigi cukup terjangkau, klinik gigi bisa dijadikan pilihan. Klinik gigi biasanya menawarkan layanan rontgen gigi yang cenderung lebih terjangkau, yakni mulai dari Rp100.000,-. 


Baca juga: Mengenal 5 Tanda Klinik Gigi Profesional 


Secara umum, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit untuk melakukan prosedur rontgen gigi. Dokter akan meminta kamu untuk duduk tegak di dental chair, lalu perawat akan menutup badan dengan apron untuk melindungi tubuh kamu dari sinar radiasi. Selanjutnya, hasil rontgen akan diperiksa langsung oleh dokter gigi dan prosedur pun selesai.



Setelah mengetahui rincian biaya rontgen gigi di berbagai fasilitas kesehatan, apakah sudah dapat memilih akan melakukan di mana? Untuk informasi lainnya terkait kesehatan gigi dan mulut silakan kunjungi www.rata.id atau follow Instagram kami di @rata.id. Kamu juga bisa melakukan konsultasi dokter gigi GRATIS di klinik kami terdekat.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Senayan | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Senayan untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Rukan Perumahan Senayan, Jl. Tentara Pelajar, RT.1/RW.7, North Grogol, Kebayoran Lama, Jakarta, 12210


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Langsung klik icon WhatsApp di bawah layar untuk book jadwal konsultasi, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar