icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Bisakah Operasi Gigi Bungsu saat Pakai Aligner?/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Bisakah Operasi Gigi Bungsu saat Pakai Aligner?

operasi gigi bungsu saat pakai aligner
dok. Rata Indonesia

Saat ini, pemakaian aligner sebagai metode meratakan gigi tengah diminati masyarakat, khususnya oleh kalangan muda. Banyaknya selebriti dan influencer serta selebgram yang menggunakannya membuat banyak orang kini familiar dengan alat ortodontik ini.


Cara pakai aligner memang tidak seperti behel yang memerlukan tindakan khusus untuk pemasangannya. Aligner jauh lebih praktis karena bisa dilepas pasang sendiri oleh penggunanya. Aligner yang kotor pun bisa langsung dibersihkan sehingga mencegah tumbuhnya bakteri akibat penumpukan sisa makanan pada permukaan aligner.


Saat sedang menggunakan aligner, kamu tidak diperkenankan makan dan minum minuman berwarna kecuali melepasnya terlebih dahulu. Selain itu, selama proses perawatannya pun kamu juga tidak dibolehkan menjalani beberapa perawatan gigi lain yang sifatnya dapat mengubah bentuk gigi.


Lalu, bagaimana jika Rata Family ingin menjalani operasi gigi bungsu, apakah bisa dilakukan meski tengah memakai aligner? 


Operasi gigi bungsu saat pakai aligner boleh dilakukan, asal...

Saat menggunakan aligner, kamu memang tidak disarankan untuk menjalani perawatan yang dapat mempengaruhi bentuk dan posisi gigi. Namun jika di tengah-tengah perawatan, gigi geraham bungsu kamu menimbulkan rasa sakit dan kamu harus operasi gigi bungsu, kamu tetap bisa menjalaninya.


Operasi gigi bungsu saat pakai aligner terbilang aman. Hal ini karena pada prinsipnya perawatan aligner berfokus pada pergerakan gigi depan sehingga pencabutan gigi bungsu tidak mengganggu posisi gigi yang sedang dirawat dengan aligner.


Meski namanya ‘operasi’, tindakan pencabutan gigi bungsu sebenarnya masih termasuk operasi kecil, bahkan hampir sama dengan cabut gigi. Pasien juga bisa langsung pulang setelah prosedur selesai dilakukan.


Operasi Gigi bungsu sebenarnya tidak melulu harus dilakukan. Namun, jika gigi bungsu mengalami impaksi atau kondisi gigi tumbuh miring akibat gusi di rahang sudah tidak ada cukup ruangan untuk tempat gigi tersebut tumbuh, maka gigi bungsu harus dicabut.


Gigi bungsu yang tidak segera dicabut akan menimbulkan gejala-gejala mengganggu, seperti bengkak di area gusi, muncul infeksi gusi, makanan mudah terselip, kerusakan gigi, gusi di sekitar gigi bungsu mudah berdarah, dan lain sebagainya.


Kapan boleh pakai aligner setelah operasi gigi bungsu?

Setelah operasi, kamu mungkin akan merasakan sakit pada daerah gigi geraham bungsu yang dicabut maupun di rahang. Pemulihan pascaoperasi pun tidak sebentar, butuh waktu sekitar 7 – 10 hari hingga kondisi gigi benar-benar pulih.


Pemakaian aligner dengan kondisi gigi masih terasa nyeri mungkin akan membuat kamu merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, kamu bisa mengkonsumsi obat anti nyeri atau antibiotik yang telah diberikan dokter untuk mengurangi rasa sakitnya. Baru setelah itu, kamu bisa kembali menggunakan aligner.


Tips agar tetap nyaman pakai aligner setelah operasi gigi bungsu

Rasa nyeri pada area gigi bungsu yang dicabut akan hilang dengan sendirinya. Namun untuk mempercepat waktu pemulihan, kamu bisa menghindari beberapa hal, seperti menyikat gigi pada bagian gigi yang baru saja dioperasi, makan makanan yang keras, panas, dan pedas, minum minuman beralkohol, serta menghindari melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat.


Dengan melakukan cara tersebut, kamu bisa lebih cepat beraktivitas seperti biasanya serta menggunakan aligner dengan nyaman layaknya sebelum operasi. Jika rasa nyeri masih timbul, sebaiknya lepas dulu aligner untuk sementara waktu dan minumlah obat antinyeri yang diberikan sesuai anjuran.



Untuk kamu yang masih punya pertanyaan seputar aligner, kamu bisa langsung berkonsultasi secara online dengan dokter gigi Rata. Dengan berkonsultasi, kamu jadi bisa mengetahui apakah kondisi gigi kamu saat ini bisa dipasangkan aligner atau tidak.


Jika hasilnya memungkinkan, kamu bisa langsung mencetak aligner dari rumah dengan dipandu oleh dokter gigi Rata melalui video call. Selanjutnya, aligner akan dikirimkan ke rumahmu dalam kurun waktu dua minggu setelah pemeriksaan pertama.


Kamu yang ingin memakai aligner Rata sebagai metode meratakan gigi yang praktis, bisa langsung menjadwalkan konsultasi online yang dipandu oleh dokter gigi Rata. Yuk, daftar sekarang juga!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar