icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/6 Tanda Kamu Perlu Lakukan Perawatan Saraf Gigi, Catat!/

6 Tanda Kamu Perlu Lakukan Perawatan Saraf Gigi, Catat!

6 Tanda Kamu Perlu Lakukan Perawatan Saraf Gigi, Catat!
dok. FreePik

Tahukah kamu bahwa kondisi gigi yang kurang baik bukan hanya disebabkan oleh mengkonsumsi makanan manis, terlalu panas atau dingin saja? Ada pula kondisi internal yang menyebabkan gigi terasa sakit, seperti timbulnya masalah pada saraf gigi. Kondisi ini biasanya ditangani dengan perawatan saraf gigi. Pasalnya, jika dibiarkan saja, maka keseharianmu dapat terganggu.


Perawatan saraf gigi dilakukan agar kondisi gigimu kembali seperti semula. Namun sebelum melakukannya, yuk ketahui dulu enam tanda kamu perlu melakukan perawatan gigi ini. 


6 ciri-ciri kamu butuh perawatan saraf gigi

Perhatikan enam tanda di bawah ini, ya! Jika mengalami sebagian besar kondisi yang disebutkan, segera kunjungi dokter gigi terdekat untuk berkonsultasi!


Rasa sakit berkepanjangan

Kerusakan pada saraf gigi, terutama di bagian akar, akan menyebabkan rasa sakit berkepanjangan dalam hitungan minggu hingga bulan. Rasa ngilu dan nyeri biasanya akan dirasakan langsung di saraf gigi, namun ada juga yang merasakan sakit di bagian rahang dan wajah.


Rasa sakit akibat saraf gigi yang rusak bisa terus berlanjut, bahkan muncul kembali bila tidak ditangani dengan tepat. Jika kamu merasakan gejala ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi agar bisa dilakukan perawatan saluran akar gigi, ya.



Gusi bengkak

Gigi terasa sakit hingga gusi membengkak? Ini adalah salah satu tanda saraf gigi kamu bermasalah. Ciri-ciri gusi bengkak antara lain gigi nyeri bila ditekan, adanya benjolan, dan terasa lunak saat disentuh.


Gusi bengkak ini biasa akan hilang akan dalam beberapa hari, namun tak menutup kemungkinan akan muncul kembali bila tidak ditangani. Untuk itu, kamu perlu berkonsultasi dengan dokter gigi apabila gigi sakit disertai gusi bengkak tidak kunjung sembuh. Ada kemungkinan bahwa terjadi peradangan atau isu serius pada saraf gigi kamu. 


Gigi terasa ngilu saat makan panas atau dingin

Bila gigi kamu terasa ngilu saat mengkonsumsi makanan yang panas atau dingin padahal gigimu tidak sensitif, hal ini bisa terjadi karena saraf gigimu bermasalah. Misalnya, saat kamu minum teh hangat lalu merasakan sakit yang menusuk di bagian gigi, hal ini menjadi pertanda adanya kerusakan atau infeksi pada saraf gigi. Apabila hal ini tidak ditangani dengan melakukan perawatan saluran akar gigi, maka infeksi dapat menyebar.


Baca juga: Perawatan Saluran Akar Gigi (PSA): Pengertian, Fungsi dan Prosedur


Gigi berubah warna

Kerusakan pada saraf gigi bisa menyebar hingga ke seluruh struktur gigi. Akibatnya, gigi mengalami degradasi dalam waktu cepat yang ditandai dengan perubahan warna gigi. Memang, tak jarang kita melihat warna gigi yang menguning.


Tetapi, bila ada satu warna gigi yang berwarna lebih gelap dibanding warna gigi lainnya, bisa jadi ada saraf gigi yang rusak. Untuk itulah, sebaiknya kamu segera tanyakan hal ini ke dokter gigi agar bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut ya.


Gigi retak atau patah

Apakah kamu pernah mengalami kecelakaan yang menyebabkan gigi patah atau retak? Bila iya, kamu harus berhati-hati. Terlepas dari penyebabnya, gigi yang retak atau patah bisa menjadi celah masuk bagi bakteri dan kuman. 


Bagian luar gigi yang retak dan patah akan mengekspos saraf gigi sehingga bisa menyebabkan infeksi. Maka dari itu, kamu bisa pergi ke dokter gigi dan konsultasi untuk mencari tahu apakah kamu memerlukan perawatan saraf gigi atau tidak. 



Gigi goyang

Infeksi atau kerusakan pada saraf gigi bisa berujung pada kondisi pulpa necrosis atau saraf gigi yang mati. Nah, ketika saraf gigi sudah tidak lagi berfungsi, cairan asam yang dihasilkan oleh bakteri dalam mulut akan melunakkan struktur gigi. Hasilnya, gigi pun jadi goyang dan mudah copot. 


Sebaiknya, kamu jangan langsung mencabut gigi yang goyang ini. Konsultasikan terlebih dahulu ke dokter gigi untuk menerima perawatan saluran akar gigi demi menghindari kerusakan yang lebih parah. 


Sebenarnya, perawatan saraf gigi tidak sakit. Kondisi gigi dan mulut justru jauh lebih baik setelah perawatan dilakukan. Meski demikian, tak ada salahnya untuk selalu menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi minimal dua kali sehari dan melakukan check up gigi setiap enam bulan sekali agar saraf gigi tetap sehat.


Rekomendasi Klinik Gigi & Clear Aligners Terdekat

Simak daftar alamat Klinik Rata terdekat di sekitarmu jika ingin berkonsultasi dengan dokter gigi, ya!


Rata.id Clinic Center | Klinik Gigi & Clear Aligners

Kunjungi dokter gigi Rata terdekat di Pakubuwono, Kebayoran Baru untuk konsultasi mengenai perawatan aligner gigi atau masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.


Alamat: Jl. Pakubuwono VI No.71, RT.11/RW.2, Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, 12120


Rata.id Gading Serpong, BSD | Klinik Gigi & Clear Aligners

Mencari klinik gigi di BSD? Klinik Rata Gading Serpong hadir untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan gigi dan mulut kamu. Jangan sungkan untuk berkonsultasi mengenai perawatan untuk meratakan gigi tanpa behel dengan Clear Aligners™ Rata, ya!


Alamat: Ruko Mendrisio 2, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong, Banten, Kelapa Dua, Banten 15810


Rata.id Surabaya, Jawa Timur | Klinik Gigi & Clear Aligners

Tinggal di luar Jabodetabek? Tenang! Klinik Rata juga tersedia di area kota Surabaya dan sekitarnya. Kunjungi dokter gigi Rata di alamat berikut, ya.


Alamat: Jl. Biliton No.43, RT.002/RW.07, Gubeng, Surabaya, Jawa Timur 60281


Segera jadwalkan kedatanganmu ke Klinik Rata! Cek website Rata dan Instagram @rata.id untuk info lengkap. Hubungi tim Rata dengan klik tombol WhatsApp di bawah layar, ya!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar