icon
Rata
Home
Apa itu Rata?
Cara Konsultasi
Klinik Rata
Untuk Dokter
Artikel
Promo
Rata
icon
  • Apa itu Rata?
  • Cara Konsultasi
  • Klinik Rata
  • Untuk Dokter
  • Artikel
  • Promo
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Cara Membersihkan Lidah yang Benar untuk Cegah Bau Mulut/
Kesehatan Gigi Dan Mulut

Cara Membersihkan Lidah yang Benar untuk Cegah Bau Mulut

Cara Membersihkan Lidah yang Benar untuk Cegah Bau Mulut
dok. Rata Indonesia

Rata Family, sudahkah kamu membersihkan lidah dengan benar? Sama seperti menyikat gigi, membersihkan lidah juga harus dengan teknik yang baik dan benar. Pasalnya, ada beberapa masalah yang akan terjadi akibat kondisi lidah yang kotor. 

 

Dr. Euan Swan dari Canadian Dental Association di Ottawa mengatakan kepada Canadian Living, permukaan lidah bisa menampung banyak bakteri. Kuman yang menumpuk di dalam lidah itu bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

 

Bahkan, bakteri yang terkurung dalam lidah bisa melakukan perjalanan ke bagian lain dalam mulut. Hal ini dapat menyebabkan penumpukan plak yang menyebabkan kerusakan gigi serta penyakit gusi dan mulut. 

 

Oleh karena itu, Dr. Euan Swan pun mengingatkan kita untuk membersihkan lidah dengan baik dan benar. Lantas, bagaimana cara membersihkan lidah dengan benar?


Cara membersihkan lidah

 

Sebetulnya ada banyak sekali cara membersihkan lidah. Kamu bisa membersihkan lidah dengan alat pembersih khusus lidah (tongue cleaner) atau menggunakan sikat gigi. Simak cara-cara lengkapnya berikut ini.


Cara membersihkan lidah dengan tongue cleaner

Cara membersihkan lidah yang pertama adalah dengan alat pembersih khusus lidah (tongue cleaner). Mengutip Cleveland Clinic, manfaat menyikat lidah dengan pengorok lidah adalah bisa mengangkat bakteri dan sisa makanan yang menempel di lidah. Selain itu, alat ini juga bisa mengurangi senyawa sulfur yang sering menyebabkan mulut dan lidah bau. 

 

Berikut ini cara membersihkan lidah dengan menggunakan tongue cleaner:

  • Pilih tongue cleaner yang terbuat dari plastik, tembaga, atau stainless steel
  • Sambil berkaca, julurkan lidah kamu keluar. Lalu, tempelkan tongue cleaner di area lidah bagian dalam.
  • Kemudian, tekan alat dan gerakkan ke arah depan.
  • Setelah itu, berkumurlah dengan air hangat untuk membuang kotoran dan bakteri. Lakukan ini beberapa kali agar hasil lebih maksimal.
  • Cuci alat tongue cleaner dengan air supaya tetap bersih, dan simpan di tempat yang kering.

 

Kamu bisa melakukan rutinitas membersihkan lidah ini paling tidak satu kali dalam sehari. Gunakan alat pembersih lidah setelah menyikat gigi, baik pada pagi atau malam hari. Setelah menggunakan alat pembersih lidah, kamu disarankan untuk menggunakan obat kumur non-alkohol atau berkumur dengan air hangat.


Cara membersihkan lidah dengan sikat gigi


Selain tongue cleaner, kamu juga bisa membersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi. Tapi, saat memilih cara ini pastikan kamu memilih sikat gigi yang memiliki pembersih lidah di bagian belakangnya. Biasanya, pembersih lidah tersebut terbuat dari karet dengan bentuk bergelombang atau bergerigi.

 

Berikut ini cara membersihkan lidah menggunakan bagian belakang sikat gigi:

  • Sikat gigi seperti biasa
  • Setelah itu, sambil berkaca julurkan lidah keluar dan tempel bagian belakang sikat gigi pada lidah bagian dalam.
  • Tekan dan gerakan ke arah depan secara perlahan dengan tekanan yang tidak terlalu keras. Pastikan kamu sudah menjangkau semua permukaan lidah.
  • Jika dirasa sudah cukup bersih, berkumurlah dengan air hangat untuk membuang kotoran dan bakteri. Lakukan cara ini beberapa kali agar hasilnya lebih optimal.
  • Setelah itu, cuci sikat gigi agar tetap bersih dan simpan di tempat kering. 

 

Itulah cara membersihkan lidah menggunakan tongue cleaner dan sikat gigi. Jika kamu sedang mencari sikat gigi yang memiliki pembersih lidah, mungkin kamu bisa menggunakan produk UBrush dari Rata.


 

Sikat gigi elektrik terbaru dari Rata ini memiliki tongue cleaner di bagian belakang brush head (kepala sikat) dengan bentuk bergelombang atau bergerigi yang terbuat dari karet. Nah, bagian ini bisa membersihkan lidah kamus secara maksimal, sehingga napas pun jadi lebih segar!


 

Selain membersihkan lidah, sikat gigi elektrik UBrush juga bisa membersihkan plak gigi membandel secara menyeluruh dengan teknologi getaran 16.000 kali per menit. Getaran tersebut bisa menghasilkan gelembung mikro pada pasta gigi dan menyebarkannya ke seluruh bagian gigi, sehingga mulut jadi terasa lebih segar. UBrush dibanderol dengan harga Rp399.000,-.


Bagaimana, tertarik mencoba produk UBrush dari Rata? Kamu bisa mendapatkan UBrush di shop.rata.id atau Shopee rataid!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar