icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Cara Menyikat Gigi yang Benar untuk Pemilik Gigi Sensitif/

Cara Menyikat Gigi yang Benar untuk Pemilik Gigi Sensitif

Cara Menyikat Gigi yang Benar untuk Pemilik Gigi Sensitif
dok. FreePik

Memiliki gigi sensitif tentu membutuhkan perawatan yang ekstra, mulai dari cara menyikat gigi yang benar hingga pemilihan sikat dan pasta gigi. Semuanya harus dilakukan dengan hati-hati agar kesehatan gigi tetap terjaga tanpa memperburuk kondisi gigi sensitif kamu. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi sensitif.


Tips menggosok gigi sensitif


Sikat gigi setidaknya dua kali sehari

Tidak jauh berbeda dengan gigi normal, gigi sensitif juga harus rutin disikat agar tetap terjaga kebersihannya. Minimal gosok gigi sensitif kamu dua kali sehari selama kurang lebih dua menit. 


Secara medis, sudah dibuktikan bahwa durasi dua menit saat menyikat gigi efektif dalam menghilangkan plak gigi dan sisa makanan. Sikat gigi yang rutin berhubungan langsung dengan kesehatan gigi kamu. Gigi yang sehat bisa menangkal infeksi kuman, peradangan gusi, dan penyakit mulut lainnya.


Gigi sensitif perlu sikat yang lembut

Sebelum masuk ke cara menyikat gigi yang benar, pertama kamu harus memilih alat yang paling tepat untuk gigi sensitif. Pilihlah sikat gigi yang berbulu lembut. Tekstur bulu yang lembut akan mengurangi rasa ngilu pada gigi sensitif dan mengurangi risiko gusi berdarah karena bulu yang kasar. 


Sikat yang berbulu kasar lama kelamaan akan mengikis enamel pada gigi sensitif. Pastikan juga kepala sikat gigi tidak terlalu besar, sehingga kamu tidak gampang tersedak dan sikat gigi bisa menjangkau hingga belakang mulut. Jangan lupa untuk mengganti sikat gigi setidaknya tiga bulan sekali atau saat bulunya mulai terlihat megar.


Pilih pasta gigi dengan fluoride dan potasium nitrat

Setelah memilih sikat gigi yang tepat, selanjutnya kamu harus belajar memilih pasta gigi yang cocok dengan gigi sensitif kamu. Untuk gigi sensitif, disarankan untuk memilih pasta gigi yang mengandung fluoride dan potasium nitrat. Pasta gigi yang bagus pada umumnya sudah mengandung fluoride. Kandungan ini terbukti memperkuat lapisan enamel gigi sensitif dan mengurangi risiko karies gigi yang memicu ngilu pada gigi sensitif.


Kandungan ideal berikutnya bagi gigi sensitif adalah potasium nitrat. Kandungan ini sangat bagus untuk gigi sensitif karena terbukti meredakan tingkat sensitif gigi. Jika kamu ingin pilihan yang lebih organik, kamu bisa menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak eucalyptus dan fennel atau biji adas. Kedua kandungan ini mampu menjaga kesegaran mulut dan mencegah peradangan.  


Jangan gosok gigi terlalu keras

Cara menggosok gigi yang benar memiliki peran sangat penting dalam menjaga kesehatan gigi sensitif kamu. Jika kamu sudah memiliki sikat dan pasta gigi yang tepat, berikutnya kamu harus tahu cara menggunakannya.


Cara menyikat gigi yang benar dimulai dari memposisikan sikat gigi pada sudut 45 derajat terhadap garis gusi. Sudut ini merupakan sudut terbaik karena sikat gigi akan lebih mudah menjangkau semua sudut mulut.


Gosok gigi kamu secara perlahan agar tidak menimbulkan iritasi pada gusi dan gigi sensitif. Gunakan gerakan melingkar searah jarum jam selama 30 detik di setiap bagian mulut. Hindari gerakan ke atas dan ke bawah karena gerakan ini berisiko mendorong penurunan gusi. Penurunan gusi nantinya akan semakin membuat gigi lebih sensitif.


Ingat, tekanannya tidak boleh terlalu kencang agar tidak merusak lapisan enamel gigi sensitif. Untuk mencegah menyikat gigi terlalu kencang, kamu bisa mencoba menyikat gigi dengan tangan non-dominan. Jika kamu lebih sering memakai tangan kanan untuk beraktivitas, sebaiknya gunakan tangan kiri untuk menyikat gigi.


Tutup dengan flossing dan kumur

Setelah selesai menyikat gigi, saatnya menutup rutinitas perawatan gigi kamu dengan flossing dan berkumur. Flossing dengan benang gigi dilakukan untuk membersihkan sela-sela gigi kamu yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Berhati-hatilah dalam menggunakan benang gigi. Jangan terburu-buru agar tidak mengikis gusi kamu.


Setelah membersihkan sela-sela gigi, bilas sisa kotoran dengan cara berkumur menggunakan air bersih. Akan lebih baik lagi, jika kamu berkumur menggunakan obat kumur khusus untuk gigi sensitif. Untuk pemilihan obat kumur khusus gigi sensitif, bisa dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi kamu.


Itulah cara menyikat gigi yang benar untuk para pemilik gigi sensitif. Semoga cara-cara ini bermanfaat untuk kamu agar kesehatan gigi sensitif tetap terjaga. Bila kondisi gigi sensitif kamu semakin parah, jangan ragu untuk konsultasi di Klinik Rata yang bisa melayani berbagai masalah gigi. Saat ini, sudah ada 100 Klinik Rata yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga kamu lebih mudah mendapatkan layanan perawatan mulut dan gigi dari dokter gigi profesional.

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar