icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Baru Selesai Tambal Gigi? Ini Perawatan yang Harus Dilakukan!/

Baru Selesai Tambal Gigi? Ini Perawatan yang Harus Dilakukan!

cara merawat gigi tambal, kenapa gigi yang sudah ditambal permanen masih terasa sakit
dok. Rata Indonesia

Punya gigi berlubang dan baru saja melakukan tambal gigi? Meskipun tambal gigi merupakan prosedur yang cukup umum dan aman dilakukan, namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan usai tambal gigi. 


Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan usai tambal gigi: 

1. Hindari makanan yang terlalu panas atau dingin

Umumnya, setelah tambal gigi disarankan untuk tidak makan terlebih dahulu, namun dalam 24 jam pertama disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan dan minuman manis yang terlalu panas atau dingin. 


2. Hindari makanan yang terlalu keras

Setelah tambal gigi, kamu juga disarankan untuk tidak mengonsumsi makanan yang terlalu keras, kenyal, atau lengket. Hal ini dikarenakan bisa merusak tambalan gigi yang baru dipasang. 


Baca juga: Punya Gigi Sensitif, Apakah Bisa Pakai Aligner™?


3. Gunakan gigi di sisi lain untuk mengunyah

Saat sudah bisa makan seperti biasa, sebaiknya hindari terlebih dahulu mengunyah makanan dengan gigi yang baru ditambal, agar tambalan gigi mengering sempurna. Kamu bisa menggunakan gigi sisi lainnya untuk mengunyah. 


4. Minum obat pereda nyeri 

Apabila setelah tambal gigi terdapat rasa nyeri, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang telah diberikan atau konsultasi terlebih dahulu dengan dokter gigi kamu. 


Cara merawat gigi yang ditambal

Jika kamu baru selesai tambal gigi dan ingin tetap nyaman saat makan, silakan lakukan beberapa tips ini di rumah: 


1. Gigit dan kunyah makanan dengan perlahan 

Selain menggunakan sisi lainnya untuk mengunyah makanan, kamu juga disarankan untuk mengunyah dan menggigit makanan dengan perlahan. Hal ini dilakukan untuk terhindar dari rasa sakit, usai tambal gigi. 


2. Hindari makanan dan minuman manis 



Makanan dan minuman manis tidak hanya memicu gigi sensitif pada tambalan gigi, namun pertumbuhan bakteri di sekitar tambalan gigi jika tidak dibersihkan dengan baik. 


Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Ngilu Setelah Tambal Gigi


3. Kunyah dengan mulut tertutup

Jika gigi cukup sensitif terhadap santapan panas atau dingin, coba untuk menutup mulut saat mengunyah. Dengan cara ini, kamu bisa menurunkan udara panas atau dingin masuk ke dalam mulut dan memicu rasa tidak nyaman.


Itu dia beberapa tips yang dapat kamu lakukan setelah tambal gigi. Jika terdapat rasa tidak nyaman atau keluhan tertentu usai tambal gigi, segera konsultasikan dengan dokter gigi atau bisa langsung kunjungi klinik kami. Untuk informasi terkait konsultasi GRATIS, silakan cari tahu di www.rata.id atau follow Instagram @rata.id. 

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar