icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Tambalan Gigi Lepas? Jangan Panik & Simak Tips Mengatasinya! /

Tambalan Gigi Lepas? Jangan Panik & Simak Tips Mengatasinya!

tambalan gigi lepas
Envato Elements

Tambal gigi merupakan prosedur yang harus dilakukan ketika kamu memiliki gigi berlubang, agar tidak terjadi penumpukan sisa makanan dan infeksi pada lubang gigi. Gigi berlubang biasanya terjadi imbas penumpukan plak pada gigi yang terbentuk dari sisa-sisa makanan. Jika tidak segera ditangani, maka plak gigi akan membentuk lubang pada gigi. 


Sayangnya, jika tidak dirawat dengan baik, tambalan gigi bisa saja terlepas dan menimbulkan rasa sakit. Biasanya, tambalan gigi yang terlepas menandakan kondisi gigi berlubang kembali terbuka. Kondisi ini dapat menimbulkan risiko infeksi pada gigi berlubang atau rasa nyeri. 


Ketika tambalan gigi retak atau lepas, biasanya akan terjadi rasa sakit pada gigi yang ditambal. Terlebih, jika lubang gigi sudah mencapai saraf. Karenanya, sangat penting untuk menjaga tambalan gigi agar tidak terlepas dari posisinya, sehingga tidak menimbulkan masalah lain. 


Baca juga: Bisa Dilepas Pasang, Cindy Octaviany Kasih Review Rata.id 


Tips menjaga tambalan gigi agar tidak lepas 

Setelah tambal gigi sudah selesai, dokter biasanya akan memberikan beberapa saran setelah perawatan. Untuk mencegah pembusukan pada gigi yang ditambal, berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan setelah menambal gigi. 


  • Menjaga pola makan sehat
  • Rutin menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi mengandung fluoride
  • Flossing dengan benang gigi secara rutin 
  • Periksa gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali 


Selain tambalan gigi yang terlepas, terdapat beberapa risiko komplikasi yang juga perlu diperhatikan setelah tambal gigi: 

  • Nyeri ketika menggigit. 
  • Gigi sensitif terhadap makanan manis atau perubahan suhu. Jika kondisi ini, tidak berkurang dalam 2–4 minggu segera hubungi dokter.
  • Peradangan pada pulpa gigi (pulpitis). 
  • Infeksi pada pulpa gigi atau jaringan gusi di sekitarnya.
  • Reaksi alergi terhadap bahan tambalan.

Tambalan gigi lepas apa yang harus dilakukan?

Segera periksakan ke dokter gigi dan konsultasikan kondisi tambalan gigi lepas tersebut. Pasalnya, jika tambalan gigi yang lepas dibiarkan, hal ini dapat memicu rasa sakit dan nyeri pada gigi yang bermasalah.


Salah satu cara untuk mencegah tambalan gigi lepas, yaitu dengan menghindari mengunyah makanan dengan tekstur keras pada sisi gigi yang ditambal sampai tambalan gigi benar-benar menempel. Selain itu, jika kamu mengalami bruxism, disarankan untuk menggunakan mouth guard saat sedang tidur agar kualitas tambalan tetap optimal.


Baca juga: Gigi Sensitif, Apakah Bisa Pakai Alignerâ„¢?


Rekomendasi Clear Aligners & Klinik Gigi Terdekat