icon
Rata
Homepage/Artikel/Kesehatan Gigi Dan Mulut/Crossbite (Gigitan Silang): Pengertian, Jenis, Penyebab, & Cara Mengatasinya/

Crossbite (Gigitan Silang): Pengertian, Jenis, Penyebab, & Cara Mengatasinya

Crossbite Gigitan Silang
dok. Rata Indonesia

Crossbite gigi adalah masalah gigi yang umum terjadi, baik itu pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Secara medis, kondisi ini merupakan salah satu jenis maloklusi gigi. Maloklusi sendiri adalah gigi yang tidak sejajar atau bengkok. 


Untuk mengetahui penjelasan mengenai crossbite, mulai dari pengertian, jenis, penyebab, dan cara mengatasinya, yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!


Apa yang Dimaksud dengan Crossbite?

Crossbite atau gigitan silang terjadi jika gigi tidak berbaris atau sejajar dengan benar dalam kondisi mulut tertutup. Kondisi ini bisa memengaruhi satu atau sekelompok gigi, seperti gigi depan maupun gigi belakang.


Pada crossbite, gigi atas biasanya lebih lebar dan berada di bagian luar gigi bawah. Setiap gigi atas menyentuh gigi bawah, sehingga kekuatan dari mengunyah atau mengatupkan gigi tersebar merata di seluruh mulut. Jika kamu mengalami crossbite, gerakan ini bisa menyebabkan keausan (kondisi yang ditandai dengan hilangnya jaringan keras gigi) yang tidak teratur dan kerusakan pada gigi.


Baca juga: Pengalaman Anggitha Robbani Meratakan Gigi Crossbite Pakai Aligner Rata


Jenis-jenis Crossbite

Crossbite dibagi ke dalam dua jenis, yaitu Anterior Crossbite dan Posterior Crossbite. Simak perbedaannya kedua jenis crossbite seperti dikutip dari WebMD berikut ini:


1. Anterior Crossbite

Terjadi ketika satu atau beberapa gigi depan atas berada di belakang gigi depan bawah. Ini berbeda dengan underbite, yang terjadi ketika semua gigi atas berada di belakang gigi bawah. 


2. Posterior Crossbite

Terjadi ketika gigi belakang atas berada di dalam gigi bawah. Gigi terlihat hampir miring ke arah lidah, bukannya berbaris lurus dan sejajar satu sama lain.


Penyebab Crossbite

Apa penyebab crossbite? Crossbite biasanya disebabkan oleh masalah gigi atau tulang, atau kombinasi keduanya. Masalah ini juga bisa disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari, keterlambatan pertumbuhan gigi, masalah struktur tulang, masalah saluran pernapasan atas, hingga genetika.

 

Selain itu, crossbite juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti:

 

  • Mengisap dot, jari, atau ibu jari yang mendorong gigi
  • Tongue-thrusting (posisi lidah di dalam mulut yang terlalu mendorong gigi ke depan)
  • Gigi hilang
  • Gigi susu yang tidak tanggal
  • Kehilangan gigi susu dini yang menyebabkan gigi goyang
  • Rahang yang terlalu kecil, sehingga tidak bisa memuat semua gigi
  • Gigi terlalu besar
  • Bibir sumbing
  • Masalah pernapasan mulut


Cara Mengatasi Crossbite

Seperti apa perawatan crossbite? Crossbite tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Karena itu, dibutuhkan perawatan gigi yang tepat untuk meratakan kasus crossbite gigi. Salah satu perawatan gigi yang bisa mengatasi crossbite adalah Clear Aligner™. Clear Aligner™ merupakan perawatan untuk meratakan gigi terkini, solusi alternatif selain behel atau kawat gigi. 

 

Alignergigi terbuat dari bahan plastik bening dengan tekstur yang sangat tipis (kurang dari 1 mm). Tidak seperti behel, Alignergigi didesain transparan sehingga tidak akan mengganggu penampilan. Cara kerja Aligner sendiri dinilai jauh lebih nyaman dan tidak menyakitkan. Jika behel merapikan gigi dengan menarik gigi ke posisi yang benar dengan bantuan kawat, Clear Aligner merapikan gigi dengan memberi tekanan dari luar dan dalam.



Tertarik menggunakan metode ini untuk mengatasi crossbite? Salah satu pilihan Clear Aligner™ yang terjamin adalah Rata. Clear Aligner Rata bisa meratakan gigi dalam 3-6 bulan*, transparan, dan nyaman dipakai karena terbuat dari medical grade plastic & BPA-free


Baca juga: Kapan Kamu Harus Pakai Clear Aligner Rata™? Yuk, Cek di Sini!


Aligner Rata juga bisa menangani berbagai kasus gigi berantakan, mulai dari gigi renggang, gigi berjejal, gigi gingsul, overbite (gigi tonggos), deep bite (gigitan dalam), crossbite (gigitan silang), hingga open bite (gigitan terbuka). 


Foto Before-After Crossbite


Sebelum memulai perawatan Aligner Rata, ada baiknya untuk mengkonsultasikan terlebih dahulu kasus gigimu dengan dokter gigi Rata, ya! Menariknya, di Rata kamu bisa berkonsultasi seputar pemakaian Aligner dengan dokter gigi secara GRATIS, lho! 

 

Jadi tunggu apalagi? Yuk, segera jadwalkan konsultasi online dan cetak Aligner gigi kamu yang dipandu oleh dokter gigi Rata! Cek cara konsultasi Rata dan jangan lupa untuk ikuti Instagram @rata.id untuk info promo terbaru!

komentar

0/1000

Belum ada komentar

Jadi yang pertama memberikan komentar